DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Login Membuka Dasbor Blog di Blogger

Sourch Image : www.difinmedia.com
Setelah anda selesai membuat blog gratis di Blogger.com, lalu kemudian anda sudah keluar alias logout, sebagai pemula biasanya anda akan bingung bagaimana cara membukanya kembali. Membuka maksudnya bukan membuka tampilan blog anda, tapi adalah membuka halaman dasbor blog anda. Ini 2 hal yang berbeda (baca perbedaan dasbor dengan tampilan blog disini). Padahal caranya sangat gampang. Sekarang mari kita paraktekkan.

Pertama silahkan anda buka situs resmi dari blogger di https://www.blogger.com
Ketik alamat ini di adress box atau kotak alamat browser yang anda gunakan. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. Contohnya seperti ini:




Maka anda akan dibawa langsung ke halaman depan situs Blogger.com seperti dibawah ini:




Agar tidak membingungkan mengikuti tutorial ini yang menggunakan versi bahasa Indonesia, maka sebaiknya ganti dulu pengaturan bahasanya. Silahkan mampir dulu ke: Cara mengganti login Google dengan Bahasa Indonesia.





Selanjutnya llihat pada pojok kanan atas seperti gambar diatas.
Nah sekarang lanjutkanlah dengan mengklik tombol Masuk, sehingga terbuka form login ke akun Google seperti di bawah ini:



Sekarang masukan email (gmail) anda pada kotak pertama (lihat no.1). Kemudian kliklah tombol Berikutnya (lihat no.2).





Selanjutnya masukanlah password anda seperti bisa anda lihat pada No.1. Pastikan passowrd yang anda isi memang sudah benar. Kemudian klik tombol Berikutnya.



Setelah login, jika sebelumnya anda sudah melalukan verifikasi akun pada gmail atau Google All in One, maka anda akan dminta untuk memasukan kode verifikasi yang sudah dikirim ke HP anda (lihat no.1). Maka selanjutnya anda masukan kode 6 digit yang dikirim Google ke HP anda pada kotak kode pada no.2. Jika sudah, maka klik tombol Berikutnya. Tapi jika sebelumnya anda belum melakukan Verifikasi 2 Langkah, maka gambar seperti diatas tidak akan muncul. Yang muncul, anda justru langsung masuk ke dasbor blogger anda, seperti gambar dibawah ini.




Nah jika sudah terbuka halaman seperti ini, itu artinya anda sudah berhasil masuk ke dasbor blogger anda. Disitu akan tampak blog anda sendiri, sesuai berapa jumlahnya. Selanjutnya, anda tinggal pilih menu apa yang ingin anda akses, mulai dari menu menulis postingan, mengganti tampilan, sampai dengan menu mengelola komentar dan statistik pengunjung yang masuk ke blog anda.

Selanjutnya jika anda ingin tahu apa fungsi dari masing-masing bagan tersebut, silahkan mampir ke Ulasan Lengkap tentang Dasbor Blogger