DIFINMEDIA.COM
Back Home

Kapan Sebaiknya Anda Ganti Template Blog?

Sourch Image : www.difinmedia.com
Menunda apalagi tidak peduli dengan template blog,
sama artinya dengan bunuh diri blogging.
Efeknya anda akan bosan sendiri



Pertanyaannya sama dengan kapan sebaiknya anda mandi. Maka jawabannya bersayap pada kedua arah. Pertama jawaban untuk diri anda sendiri dan kedua jawaban untuk orang lain. Kapan sebaiknya anda mandi, tentu jika anda sudah merasa gerah. Dan untuk orang lain, kapan sebaiknya anda mandi, tentu ketika anda ingin tampak segar dan cerah dimata orang lain.

Nah begitu juga dengan template sebuah blog.
Tidak selalu waktu yang tepat untuk menggantinya berdasarkan aturan main. Tidak selalu berdasarkan SEO. Dan tidak selalu berdasarkan harapan pengunjung.

Jawaban pertama, dan yang paling penting adalah
Kapan anda menginginkannya. Karena template itu sama dengan rumah. Sama dengan kamar hunian anda. Jika anda tidak suka, maka jangan harap anda sendiri akan betah menghuninya. Apalagi untuk membenahinya. Itu sama artinya dengan bunuh diri psikologis. Menyiksa diri agar suka dan cinta. Padahal aslinya anda muak. Jadi menahan diri itu tidak natural. Palsu!

Begitu juga dengan blog.
Jawaban yang paling valid kapan sebaiknya anda mengganti template adalah berdasarkan keinginan anda sendiri. Karena orang pertama dan terakhir yang akan menyetubuhi blog tersebut, adalah anda sendiri. Jadi dasar pertimbangan nomor satu yang harus diacuhkan adalah, diri anda sendiri. Kenapa? Karena jika anda tidak suka dengan tampilan blog anda sendiri, maka anda tidak akan betah dan cepat bosan untuk membenahinya. Bahkan bisa berubah menjadi muak melihat blog sendiri. Tapi sebaliknya, jika anda suka dengan tampilan blog anda sendiri, benar benar anda bangga karenannya, maka sikap dan tindakan anda akan jauh berbeda. Anda akan senyum-senyum sendiri setiap melihatnya.

Ini rumus psikologis.
Karena cinta, akan datang pengabdian dan pengorbanan yang luar biasa. Jadi pastikan, template blog anda, membuat anda cinta padanya. Agar energi mental anda untuk mengelolanya, jadi berbinar-binar dalam waktu yang lama

Disisi lain,
Saya juga tidak pungkiri, bahwa SEO, loading dan masalah lainnya adalah penting untuk prestasi blog. Tapi semua itu, tidak akan pernah anda raih jika dari awal, anda sudah muak duluan dengan blog anda sendiri karena tampilannya tidak anda sukai. Jadi pastikan anda tidak tertipu oleh tips tips yang tidak natural dimana-mana. Yang melulu mempertimbangkan sisi teknis sebuah template.

Jika anda mengikuti versi saya, saat anda mulai tidak bergairah melihat tampilan blog anda sendiri, sudah banyak keluhan terhadapnya disana-sini, maka itu sudah isyarat bahwa sudah waktunya anda menggantinya. Dan saat memilihnya, utamakan desain tampilannya. Setelah itu, baru menyusul aspek lainnya. Tapi jangan pernah mengabaikannya. Kawinkan kemolekan tampilan dengan SEO dan loading

Lalu bagaimana cara mengganti template blog?
Mari kita lanjutkan disini: Cara Mengganti Template Blog Bawaan Blogger