DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Menautkan Channel YouTube dg Adsense

Sourch Image : www.difinmedia.com




Berikut langkah detail cara menautkan Channel YouTube anda dengan akun Adsense anda, khususnya pada contoh ini akun Non Hosted:

Pertama silahkan buka dulu akun YouTube anda. Contohnya seperti ini:



Kliklah pada gambar profil YouTube anda, sehingga terbuka properti menunya seperti gambar diatas. Lalu pilih pada Channel Saya.




Setelah Channel anda terbuka, maka klik pada tombol CREATOR STUDIO.




Kemudian pada sidebar kiri halaman tersebut, klik pada menu CHANNEL, sehingga terbuka tampilan seperti ini:




Nah nanti akan terbuka beberapa layanan YouTube yang tersedia untuk akan anda. Termasuk layanan Monetizing atau Monetisasi. Pada contoh ini tampak layanan tersebut belum aktif, yang ditandai dengan garis kotaknya masih berwarna merah. Pada contoh ini sebab belum aktif karena sebelumnya Channel Youtube saya sudah pernah terkait dengan akun Adsense saya sebelumnya. Lalu ketika akun tersebut saya non aktifkan, maka statusnya langsung berubah menjadi belum aktif. Pada Channel anda nanti bisa jadi akan lain informasinya

Maka sekarang untuk menautkannya dengan akun Adsense kita, kliklah pada link yang tersedia pada kotak tersebut, maka nanti anda akan langsung dibawa ke halaman dasbor Adsense anda.




Pada saya, yang terbuka adalah seperti ini. Tanpak ada pemberitahuan bahwa Channel YouTobe saya pernah tertaut dengan akun Adsense dengan Id: 8009987743877474. Pada anda bisa jadi bukan seperti ini tampilannya. Yang jelas, anda harus ikuti perintahnya sesuai instruksi yang muncul. Pada contoh ini maka saya klik tombol Ubah.




Menjelang halaman Adsense anda terbuka, maka akan muncul konfirmasi dulu dengan akun Google mana anda ingin menautkannya. Kebetulan pada contoh ini, saya akan menautkannya dengan akun eriantoanas@gmail.com. Maka langsung saja saya klik pada pilihan tersebut.





Pada kotak No.1 tampak URL atau alamat Channel YouTube saya langsung tertera secara otomatis. Jika anda sudah yakin dengan URL tersebut, maka langsung saja klik tombol SETUJUI PENGAITAN.




Nah sekarang terbuka halaman seperti ini, yang isinya beberapa item Monetisasi. Tampak pada gambar diatas, bahwa status Monetisasi Channel YouTube saya, belum aktif. Sebab syarat pada No.4 belum terpenuhi, yaitu soal total jam tayang Video dengan jumlah Subscribernya. Jumlah jam tayang minmal adalah 4000 jam dan jumlah Subsriber minimal adalah 1000. Maka selanjutnya, saya harus bersabar dulu menjelang kuota syarat tersebut terpenuhi. Setelah itu baru pihak Adsense minjau Channel saya untuk direview. Jika sudah lulus, maka baru status Monetisasinya bisa aktif alias iklan baru bisa tayang pada setiap Video saya. 




Biasanya, setiap usai menautkan Chennel YouTube dengan akun Adsense kita, akan muncul pemberitahuannya pada email kita seperti gambar diatas.

Sekarang coba buka lagi halaman pengaturan Channel anda di YouTube, seperti yang saya lakukan pada gambar dibawah ini




Tampak statusnya masih belum aktif, masih berwarna merah. Yang berubah dari sebelumnya, link untuk menautkannya, sudah hilang. Dan tertera tulisan Pendaftaran sudah dikirim dan sedang ditinjau ulang. Itu artinya, saya tinggal menunggu persetujuan dari pihak Adsense.