DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Mengetahui Email Sendiri yang Terlupa

Sourch Image : www.difinmedia.com


Bagi anda yang baru buat email, lalu lupa atau tidak tahu dengan emailnya sendiri, silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk mengetahuinya kembali.

Tips ini bisa anda lakukan dengan syarat, anda belum logout atau belum keluar dari email anda, alias statusnyaa masih dalam keadaan login.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahuinya. Pertama melalui halaman situs email itu sendiri, dan kedua melalui fitur penyimpanan login otomatis dari Browser yang digunakan:


Cara Pertama: Melalui halaman situs email yang digunakan

Caranya silahkan anda buka situs email tersebut. Pada contoh ini, saya menggunakan situs gmail dari Google. Atau akun Google All in one. Caranya:



Silahkan anda ketik alamat https://mail.google.com/mail pada kotak alamat Browser yang anda gunakan seperti gambar diatas. Kemudian tekan tombol Enter, maka secara otomatis, email anda akan langsung terbuka seperti ini.




Maka sekarang, kliklah pada foto profil, atau ikon blank pada profil tersebut jika anda belum pernah mengganti gambar profilnya. Contohnya seperti ini:




Dekatkan kursor pada gambar tersebut tanpa mengkliknya, maka secara otomatis, akan terbuka popoup notifikasi kecil yang isinya ada alamat email anda disitu. Jika pada Browser anda tidak bisa dengan hanya menynetuh gambarnya, maka coba langsung saja diklik gambar tersebut, hasilnya juga akan menampilkan hal yang sama seperti ini:



Nah pada gambar ini tampak email saya dengan highlight berwarna kuning.


Cara Kedua: Melalui Icon Bar Browser

Pada contoh ini saya menggunakan Browser Google Chrome. Pada Google Chrome, meskipun anda tidak membuka situs gmail, begitu anda membukanya, maka pada bagian pojok kanan atasnya, akan langsung tertera ikon profil akun gmail anda. Contohnya seperti ini.



Pada gambar diatas, tampak ada 2 ikon email gmail. Kebetulan pada contoh ini ikon gambar tersebut belum menggunakan foto profil, jadi secara default akan ditampilkan dengan inisial. Dalam hal ini, huruf E kapital tersebut adalah singkatan dari nama email saya: Erianto Anas. Maka untuk melihat alamat emailnya, anda tinggal klik salah satu dari ikon tersebut. Contohnya seperti dibawah ini:




Nah begitu saya klik, langsung muncul kotak notifikasinya. Disitu sudah tertera nama dan alamat email saya.

Jadi begitulah cara mengethui email yang terlupa. Silahkan anda pilih salah satu metode diatas. Tapi jika masalah anda adalah passwordnya yang lupa, maka anda harus tinggalkan halaman ini dan pergi ke halaman ini: Cara Mengatasi Lupa Password Email.