DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Mengganti Format Zona Waktu Blog di Blogger

Sourch Image : www.difinmedia.com
Secara default, tanpa anda ubah, format zona waktu blogger adalah Pasific Time. Semua penanggalan dan jam, akan mengacu pada perhitungan yang sama, berdasarkan Pasific Time.

Akibatnya, meskipun anda posting atau menulis sebuah komentar pukul 10.00 WIB, maka yang akan tertulis pada penanggalan tulisan tersebut, bukan pukul 10.00 WIB, tapi adalah sesuai dengan selisih zona waktu antara Indonesia dengan Pasific. Begitu juga dengan keterangan di belakang jam dan detiknya. Sebagai contoh, bisa anda lihat perbedaannya pada gambar dibawah ini.



Nah semua ini bisa anda alihkan sesuai zona waktu dimana anda tinggal. Saya sendiri sebagai orang Barat yang lahir di Sumatera Barat, mengubahnya menjadi zona waktu Indonesia Bagian Barat. Bagaimana caranya? Mari kita ikuti beberapa langkah dibawah ini.


Pertama silahkan buka dasbor blog anda.




Kemudian kliklah blog yang akan anda ubah format zona waktunya.





Kemudian lihat panel tool disebelah kiri. Klik menu Setelan






Kliklah pada menu Bahasa dan pemformatan.





Nah disinilah tempat anda mengubahnya. Silahkan anda pilih sendiri sesuai domisili anda. Sebagai contoh, itulah semua pengaturan yang saya lakukan untuk blog ini.





Setelah itu jangan lupa klik Simpan Setelan. Lalu tunggu sampai muncul notifikasi seperti dibawah ini.






Jika sudah, berarti pengaturan anda sudah tersimpan. Maka sesudahnya, zona waktu dan format penulisan tanggal pada blog anda, akan berubah sesuai pengaturan anda diatas. Dan jika nanti anda ingin menggantinya kembali, anda bisa lakukan hal yang sama seperti cara diatas.