DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Pasang Widget Langganan Tulisan di Blog

Sourch Image : www.difinmedia.com
Setelah anda pahami Keuntungan Memasang Widget Langganan Gratis di Blog, sekarang mari kita ikuti bagaimana cara memasang scriptnya di dasbor blogger.


Jika anda sudah masuk ke gmail maupun ke blogger, maka user name anda akan tampil seperti gambar diatas. Anda tinggal ketikkan password. Selanjutnya klik tombol Masuk.




Selanjutnya kliklah link blog yang akan anda pasang fitur langganan gratisnya.





Sekarang klik tab Publicize






Lanjutkan klik pada menu Email Subscriptions.





Kamudian aktifkan fitur ini dengan mengklik tombol Activate, sehingga muncul tampilan seperti ini


Nah inilah script untuk menampilkan widget langganan tulisan di blog. Ada 2 model yang tersedia (model 1 dan model 2). Model mana pun yang anda pilih, pilih dulu jenis engine blog yang anda gunakan. Jika blogger, maka pilih jenisnya Blogger (lihat angka 1 dan 2). Setelah itu, anda juga bisa mencentang fitur Send me an email ...ds. (lihat no.3) Fungsinya adalah, untuk mengaktifkan layanan pemberitahuan secara otomatis ke email anda, tentang siapa pelanggan tulisan blog anda yang akhirnya berhenti menjadi pelanggan. Terakhir jangan lupa klik tombol Save (lihat no.4).




Bukti fitur ini sudah aktif, pastikan muncul tulisan This service is active.




Sekarang copylah semua kode yang terdapat pada kotak script diatas. Kemudian akhiri dengan mengklik tombol Go!




Jika muncul kotak dalog konfirmasi seperti ini, setujui saja dengan mengklik tombol Continue.




Pada kotak Pilih sebuah blog, pilih blog mana yang ingin anda pasang fitur langganan gratis ini (lihat no.1). Jika blog yang anda buat di dasbor blogger telah lebih dari 1, maka semuanya akan terdata pada kotak tersebut. Anda tinggal klik lambang segitiga kecil disampingnya untuk memilih 1 diantara beberapa blog tersebut. Kemudian pada kotak judul, buat judul dari widget ini. Anda bebas menentukannya sendiri. Pada contoh ini, saya memberi judulnya dengan: Langganan Gratis (lihat no.2). Setelah itu, kliklah tulisan Edit Konten (lihat no.3), agar terbuka kotak kosong tempat menyalin script yang sudah anda copy sebelumnya.




Selanjtnya pastekan script yang sudah anda copy sebelumnya pada kotak diatas (lihat no.1). Tapi jangan sampai ada script atau kode yang tertinggal atau keliru cara copy pastenya. Jika sudah, kemudian jangan lupa klik tombol Menambah Widget. Maka tak lama kemudian, widget langganan ini akan muncul di halaman Tata letak. Setelah itu silahkan anda klik tombol Lihat Blog untuk melihat hasilnya. Sebegai contoh, inilah tampilannya.



Jika anda sebelumnya memilih script model 1, inilah bentuk tampilannya. Jika pengunjung ingin berlangganan psotingan terbaru blog anda, mereka tinggal memasukan email pada kotak yang tersedia, lalu mengklik tombol Subscribe. Jika menurut anda bahasanya akan membingungkan pembaca, anda juga bisa ganti bahasanya menjadi bahasa Indonesia. Caranya bisa anda lihat DISINI. Termasuk jika anda ingin menghilangkan tulisan dan link promosi dari Feedburner yang bertuliskan: Delivered by FeedBurner diatas, juga bisa anda ikuti caranya DISINI.

Selanjutnya jika sebelumnya anda memilih script model 2, bentuk tampilannya adalah seperti dibawah ini.



Kotak form untuk memasukan email tidak langsung muncul. Fitur langganan gratisnya hanya dalam bentuk link teks bertuliskan Subscribe to nama blog anda by email. Jika link itu diklik pengunjung, baru muncul kotak email seperti dibawah ini.




Lalu yang menjadi pertanyaan kemudian adalah
Bagaimana cara mengetahui seberapa banyak pengunjung yang sudah berlangganan postingan blog anda? Bagaimana caranya agar kita juga tahu perkembangannya dari waktu ke waktu? Jawabannya adalah pasang widget FeedCount dari Feedburner.