DIFINMEDIA.COM
Back Home

Perbedaan Beban dg Ukuran File Gambar

Sourch Image : www.difinmedia.com
Antara beban dengan ukuran file gambar tidak sama. Keduanya punya karakteristik yang berbeda. Berikut perbedaan diantara keduanya lengkap dengan contoh.

Ini seringkali tumpang tindih dipahami. Bahkan tidak jarang kedua istilah ini dianggap identik. Bahwa pengertiannya keduanya adalah sama meski istilahnya berbeda. Tapi benarkah demikian? Mari kita lihat gambar dibawah ini.




Gambar diatas adalah detail dari sebuah foto bawaan yang terdapat pada Windows 7 yang terinstall pada laptop saya. Nama filenya adalah Hydrangeas. Ekstensi filenya adalah jpg. Nah perhatikan pada 2 ketengan yang saya tandai dengan angka merah disampingnya.

No.1 adalah keterangan tentang gambar tersebut dari sisi beban file atau dalam bahasa Inggris disebut size. Nilainya adalah 133 KB. Sedang no,2 adalah keterangan tentang dimensinya, atau dalam bahasa indonesia disebut dengan ukuran, yaitu 512 x 384. Satuannya dalah pixels.

Artinya apa?
Beban file (size) dengan ukuran (dimensi) file tidak sama. Yang pertama mengacu pada berat file sedang yang kedua mengacu pada dimensinya. Format ukurannya. Berapa kali berapa. Terbukti dari satuan keduanya berbeda. Beban file satuannya adalah bit. Sedang ukuran satuannya adalah pixels.

Jadi setelah membaca tulisan ini, tobatlah. Jangan keliru lagi memahaminya. Sebab, itu memalukan. Apalagi jika anda seorang prkatisi desain, guru dan staf pengajar, apalagi jika anda seorang blogger yang banyak berurusan dengan file gambar. Bisa?