DIFINMEDIA.COM
Back Home

Sebab Kemaren Saya tidak Menulis di blogernas

Sourch Image : www.difinmedia.com

Yang dimaksud dengan kemaren pada tulisan ini adalah, Sabtu 18 Juni 2016. Terhitung dari pagi sampai malam. Bukan terhitung dari jam 00 hingga subuh. Karena kalau jam 00 sampai Subuh, saya justru produktif menulis di blog ini.

Jadi kenapa kemaren saya tidak bisa menulis?
Sebabnya karena saya sangat sibuk di warnet saya. Beberapa komputer klien, bermasalah. Ada 3 komputer yang teramat menjengkelkan, sehingga mereka, akhirnya menyita waktu blogging saya sehari semalam.

Pertama Komputer No.18
Komputer yang satu ini, sudah lebih kurang sejak 15 hari lalu membuat ulah. Gerakan kursor mousenya, tidak stabil. Selalu terjadi putus nyambung beberapa detik. Dan itu berlangsung terus menerus sejak komputer menyala dan mousenya aktif. Sampai komputer mati. Jadi bukan karena membuka sebuah aplikasi atau game tertentu. Tapi memang dari awal sampai akhir, prilaku kursor mousenya seperti itu. Sudah brengsek duluan sebelum digunakan.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya?
Semula saya pikir mousenya. Meskipun mausenya masih tergolong baru, tidak jaminan mouse tersebut tidak ada masalah. Bisa saja cacatnya bawaan dari pabrik. Maka tanpa pikir panjang saat itu mousenya langsung saya ganti dengan yang baru. Lalu bagaimana hasilnya? Ternyata hasilnya sama. Tetap saja masih brengsek. Saat digerakkan, kursor mouse tetap masih sering putus nyambung. Saya pikir, mungkin sumber masalah pada sistem software. Misalnya infeksi virus, file Windows yang corrupt dan seteterusnya. Maka tanpa pikir panjang, saya pun juga meninginstall ulang Windowsnya. Install Fresh. Semua partisi, dilebur ulang, biar bersih. Biar semua jejak virus dan cookies apapun, jadi rata dengan tanah. Tapi lagi-lagi, hasilnya tetap sama.

Saya mulai jengkel
Saya pikir mungkin masalahnya pada motherboard. Tapi sebelumnya, masih ada 2 kemungkinan lain yang masih ringan dan tidak membutuhkan biaya mahal. Pertama ganti baterai, dan kedua bersihkan atau ganti port USB. Untuk ganti baterai, sudah saya lakukan, tapi hasilnya tetap sama. Sedang untuk ganti posrt USB, hingga kini belum sempat saya lakukan.

Kedua Komputer 9
Komputer ini adalah PC generasi pertama saat pertama saya buka warnet pada tahun 2012. Tiba tiba komputer ini tidak bisa hidup. Monitor tidak nyala sedang kipas CPU berputar. Saya pikir masalahnya Power Supply sudah lemah, sehingga tidak cukup arus listrik untuk menghidupkan komputer. Tapi anehnya, setelah saya ganti dengan Power Supply yang baru, tetap saja tidak hidup. Lalu saya pikir mungkin didalam CPU, sudah terlalu kotor, mungkin kipas pendingin prosessor debuhnya sudah sangat tebal dan pekat. Maka tanpa pikir panjang, CPUnya saya bongkar dan saya bersihkan. Setelah selesai, kembali saya hidupkan. Apakah saya berhasil? Lagi lagi tidak. "Ah .. sialan!" Saya pikir saya harus membawa komputer tersebut ke toko service Komputer. Tapi sebelumnya, secara iseng saya coba menambahkan pasta prosessor yang sudah kering. Bagaimana hasilnya? Ternyata bisa dan komputernya hidup. Syukuuurrr .... Maka selesai sudah.

Ketiga Komputer 19
Ini aneh. Komputernya masih baru, tapi sering terjadi blue screen. Usut punya usut, ternyata driver yang saya installkan tidak cocok. Baik driver untuk semua perangkat umum, maupun driver VGA eksternal. Akhirnya setelah install ulang lengkap dengan drivernya, komputer ini pulih dengan lancar.

Itulah 3 sebab kenapa kemaren saya tidak sempat menulis di blogernas ini. Karena waktu saya, sudah dirampas habis oleh ketiga masalah yang kurang ajar diatas.