DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Sourch Image : www.difinmedia.com
Tentang hal ini, sering luput dari perhatian para Blogger. Bahkan sebagian, tidak mengerti sama sekali. Halaman feednya, tampail utuh seperti halaman postingannya. Mulai dari judul, isi tulisan, sampai dengan gambarnya.

Akibatnya, feed blog seperti ini sangat menguntungkan bagi situs agreagtor (Selengkapnya, baca: Apa itu situs Agreagator). Begitu juga sangat empuk bagi para pencuri konten yang menggunakan script AGC (Auto Generate Content) atau yang juga disebut dengan istilah Auto Blog. Nah untuk itulah tutorial ini menjadi penting, agar akal bulus para blogger spesialis copas, menjadi lemah. Karena halaman feed blog kita, hanya tampil judulnya saja. Bagaimana caranya?

Syarat pertama tentu saja blog feed blog anda harus diburning dulu.
Caranya bisa anda ikuti pada: Cara Daftarkan Blog ke Feedburner. Jika sudah, baru bisa anda lakukan beberapa langkah dibawah ini.


Pertama silahkan login dulu ke akun Feedburner anda di www.feedburner.com.


Setelah login ke gmail, atau ke blogger, maka user name anda akan langsung tampak seperti gambar diatas. Anda tinggal masukan passwordnya dan setelah itu klik tombol Masuk.




Selanjutnya kliklah link blog yang akan anda edit jenis feednya.




Setelah itu klik pada tab Optimize. Lalu pilih menu Summary Burner.




Perhatikan pada bagian Maximum length. Disitu tertulis angka defaultnya 200. Itu artinya adalah, halaman feed anda akan menampilkan isi tulisan sebanyak maksimal 200 karakter sebagai cuplikan isi postingan.




Nah sekarang gantilah angka 200 menjadi angka 0 (nol). Agar setiap halaman feed blog anda, hanya menampilkan judulnya saja, tanpa cuplikan sama sekali. Setelah itu klik tombol Activate.




Setelah itu jangan lupa pastikan status dari fitur ini sudah aktif atau belum. Jika belum, ulangi cara yang sama. Sebagai contoh, maka inilah hasilnya.




Sekarang halaman feed blog ini, yang tampil hanya judul saja. Jadi mereka yang gila copas, akan patah semangat. Jika mereka ngotot mengcopas, baik secara manual maupun dengan sistem auto blog, nanti isi blognya, hanya berupa judul copas dari blog kita. Efeknya, blog mereka akan mendapat citra buruk di mata mesin pencari, apalagi dari algoritma Google yang kini semakin ketat. Cepat lambat, blog yang melakukan hal ini, akan dicabut indeksnya dari pencarian Google.

Tapi jangan lupa, anda harus uji dulu tampilan halaman feed blog anda dengan berbagai jenis alamat feed. Jangan puas hanya sampai disini. Coba buka dengan variasi url dibawah ini:

http://www.blogernas.com/feeds/posts/default
http://www.blogernas.com/rss.xml
http://www.blogernas.com/atom.xml
http://www.blogernas.com/sitemap.xml
http://feeds.feedburner.com/blogernas?format=xml


Saat mengunjinya,
Jangan lupa ganti yang berwarna merah dengan alamat/URL blog anda. Khusus pada alamat feed yang terakhir, ganti warna merah dengan alamat/URL Feedburner anda.

Jika ternyata dengan salah satu alamat feed tersebut masih ada yang tampil bukan hanya judul saja, alias cuplikan kontennnya masih muncul, itu artinya alamat feed default blog yang anda daftarkan di feedburner, tidak tepat, sehingga linknya tidak dialihkan ke halaman feedburner blog anda. Tapi masih halaman feed default blogger anda. Karena itu anda harus ganti. Caranya bisa anda ikuti di: Cara Mengedit Jenis URL Feed di Feedburner