DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog

Sourch Image : www.difinmedia.com
Akhirnya ketemu juga nih Cara Membuat Tombol Like Facebook. Dari sekian banyak Blogger yang share tentang ini, kadang-kadang ada saja yang tidak berhasil. Cara inilah yang paling mudah dan terbukti berhasil,  semua sobat Blogger bisa dengan mudah membuatnya. Untuk mempromosiskan Halaman Blog saya di Facebook, Widget Like Box saya lepas, saya ingin tampilan yang menghemat ruang. Maka terfikirlah saya hanya ingin memasang tombol like-nya saja.

Berbeda dengan Widget Fans Page Facebook yang memiliki tampilan berbentuk box yang didalamnya memuat Nama Halaman, Foto Halaman, Tombol Like, Jumlah Likers, dan foto Likers. Untuk yang satu ini tidak diwadahi dengan box, bahkan kita bisa memilih dan membatasi apa saja yang ingin ditampilkan.
Untuk sobat yang ingin memasangnya, silakan simak cara membuatnya.

Silakan sobat login terlebih dahulu ke akun Facebook masing-masing.
Kita harus mempunyai halaman di Facebook. Selain untuk memperoleh URL halaman Facebook, juga agar tombol like ini jelas fungsinya yaitu untuk memberikan like ke halaman Facebook. Siapkan dulu URL Halaman Facebook sobat.
Jika sobat telah mempunyai halamannya, silakan masuk ke alamat ini "http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like". Scroll sedikit ke bawah untuk konfigurasi tampilan. Masukan URL halaman Facebook pada kotak "URL to Like".
Saya sarankan agar tidak menampilkan send button, karena jika dipasang kita tidak bisa mendapatkan kode script Iframe-nya. Jadi, hapus centang pada "send button". Tentukan Layout Style, diantaranya: Standard, Button Count dan Box Count sesuai selera sobat Tentukan ukuran Lebar pada opsi "Widht". Tentukan apakah akan menampilkan foto likers atau tidak dengan mencentang opsi "show face". Tentukan tombol primer yang akan digunakan apakah tombol Like atau tombol Rekomendasikan pada opsi "verb to display". Tentunya kita pilih tombol Like. Jika telah menentukan tampilanya, sobat klik "Dapatkan Code". Maka akan muncul jendela pop-up yang menampilkan kode html.
Pilih kode script pada opsi Iframe. Kode ini idealnya dipasang pada widget atau di dalam postingan. Silakan coba kode lainya jika ingin coba dipasang di tempat yang berbeda. Coppy semua kodenya dan pastekan pada tempat yang sobat inginkan. Misalnya kita akan memasang tombol like ini di bagian widget. Silakan masuk ke dashboard Blogger sobat. Pilih menu tata letak kemudian klik tambahkan gadget di posisi yang sobat inginkan. Pilihlah widget HTML / Javascript kemudian letakan script yang sebelumnya telah sobat dapatkan dari tombol like facebook, dan terakhir klik simpan.
Gimana mudah kan.... Semoga bermanfaat.