DIFINMEDIA.COM
Back Home

Jenis Iklan di Blog

Sourch Image : www.difinmedia.com
Tak cuma acara tv saja yang ada iklannya, bahkan blog dan website pun juga ada iklannya^^, dan cukup banyak pengiklan yang tersebar di seluruh penjuru dunia maya ini, dan ke-efektif-an nya pun sudah di rasakan para pengiklan sehingga membuat periklanan di internet ini semakin meluas dan metode pembayarannya pun semakin beragam. Kegiatan blogging kini mulai banyak digandrungi banyak kalangan dan golongan masyarakat. Bagaimana tidak, blogging telah menjadi tren tersendiri dengan munculnya banyak blogger beserta aktivitas dan perkumpulannya.
Ada beberapa dari para blogger yang menjadikan aktivitas blogging ini sebagai hobi, namun tak sedikit pula dari mereka yang menjadikan kegiatan blogging ini sebagai sarana menghasilkan uang. Kegiatan blogging untuk memperoleh uang ini disebut dengan monetisasi blog yang artinya metode membuat blog atau website agar mampu menghasilkan uang. Salah satu teknik atau cara memonetisasi blog adalah dengan cara menempatkan iklan pada blog atau website. Pada perkembangannya, dengan semakin banyaknya blog monetisasi yang bermunculan membuat iklan yang hadir pada sebuah blog atau website juga semakin beragam.

Bisnis di dunia maya memang sangat menjanjikan sekali. Salah satu bisnis online yang tidak kalah menariknya yaitu lewat blog atau website. Aktifitas nge-blog kini mulai banyak dilakukan oleh kalayak ramai , gimana tidak tertarik, sudah banyak contoh orang-orang yang mampu mendapatkan keuntungan dari kegiatan blog ini. Untuk para blogger yang memang kegiatan nge blog nya adalah hobi, tentu ini bisa jadi hobi yang menghasilkan uang kalau kita fokus mempelajarinya dan yang paling penting ada motivasi.

Lalu apa saja macam-macam iklan yang ada di blog atau website? Berikut ulasannya.

1. Iklan PPC (Pay Per Click)

Jensi iklan pertama yang sering ditemui pada sebuah blog adalah iklan PPC (Pay Per Click). Iklan ini adalah iklan yang akan membayar pemilik blog atau website saat ada pengunjug blog yang melakukan klik pada iklan yang ditampilkan.

Para blogger yang memilih iklan PPC, ia harus membuatnya agar iklan yang ada diklik orang lain. Maka biasanya para pemilik blog akan sebisa mungkin menempatkan slot iklan pada lokasi yang paling strategis dari sudut pandang pengunjung agar para pengunjug tadi mau mengklik iklan. Contoh para pengiklan jenis PPC ini adalah Google Adsense, Chitika, Infolink, Kliksaya, Kumpulblogger, Adsensecamp dan lain sebagainya.

Dari sekian contoh iklan PPC tadi, Google Adsense memiliki tarif iklan yang cukup besar. Namun untuk bisa menjadi publisher Google Adsense dan menampilkan iklannya pada blog kita, syaratnya cukup berat karena ada seleksi yang cukup ketat yang dilakukan oleh pihak Google.

2. Iklan CPM (Cost Per Mille)

Iklan jenis kedua dikenal dengan nama iklan CPM (Cost Per Mille) atau ada yang menyebutnya dengan Cost Per Impression. Iklan CPM merupakan iklan yang membayar saat blog atau website mendapatkan 1000 tampilan/pageview. Jenis iklan ini akan sangat potensial pada blog atau website yang sudah tinggi trafficnya atau ramai pengunjungnya.

Untuk bisa memanfaatkan jenis iklan ini anda perlu untuk membuat blog atau website anda dikenal dan dikunjungi banyak orang terlebih dahulu. Beberapa jenis iklan CPM antara lain adalah Value Click, Burts Media, Cosale Media dan Tribal Fusion.

3. Iklan PPP (Pay Per Post)

Jenis iklan ketiga adalah PPP (Pay Per Post) atau juga disebut Paid Review. Iklan PPP adalah iklan yang berwujud sebuah postingan ulasan sebuah produk atau jasa yang ditampilkan pada blog atau website kita. Iklan ini merupakan bentuk kerjasama antara pemilik blog dengan pengiklan dengan suatu kesepakatan sebelumnya.

Iklan ini umumya bernilai tinggi daripada jenis iklan lainnya. Namun sayangnya para pengiklan ini biasanya hanya mencari blog-blog atau website yang sudah punya nama dan terkenal. Tujuannya jelas agar postingannya secara langsung akan mendapat pembaca yang banyak.

4. Iklan CPA (Cost Per Action)

Iklan CPA (Cost Per Action) adalah jenis iklan yang membayar apabila ada pengunjung blog yang melakukan tindakan pembelian ataupun hanya menyampaikan alamat emailnya dan lainnya setelah mengklik iklan yang ditampilkan pada blog atau website anda. Namun sayangnya jenis iklan ini umumnya memiliki nilai akuisisi yang rendah.

5. Iklan PPD (Pay Per Download)

Meski iklan ini sangat minim, namun iklan PPD (Pay Per Download) juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi blog Anda. Iklan PPD akan membayar pihak blogger saat  frekuensi download telah mencapai 1000 kali. Karena namanya iklan per Download, maka iklan ini akan mengejar blog-blog atau website yang berhubungan dengan fitur download mp3, video, software, game dan lain-lainnya. Contoh iklan PPD adalah ziddu, 4shared, tusfiles dan lainnya.

6. Iklan Affiliate

Salah satu jenis iklan yang bernilai tinggi lainnya adalah iklan affiliasi. Iklan ini hampir sama dengan iklan CPA dimana uang akan kita terima saat ada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian melalui link affiliasi milik kita. Pembayarannya sendiri biasanya adalah dengan menggunakan sistem komisi dari hasil penjualan yang besarannya sesuai dengan kesepakatan yang ada.

Kebanyakan pengiklan sangat menyukai iklan ini karena mereka tak dirugikan sebab uang hanya akan mereka berikan saat ada produk mereka yang terjual. Beberapa iklan jenis affiliasi adalah Amazon, Commission Junction, Lazada, ClickBank, dan lain sebagainya.

7. Iklan Sponsor

Terakhir adalah iklan yang paling nyaman buat para pemilik blog dan website yaitu Iklan Sponsor. Iklan ini sangat disukai para pemilik blog dan website karena pihak pengiklan akan membayar dan tak menuntut syarat apapun selain slot iklan pada blog atau website kita. Namun untuk mendapatkan iklan sponsor perlu perjuangan yang sangat keras, karena pihak pengiklan tentu akan mencari blog atau website yang sudah punya kualitas bagus dan tinggi untuk menghindari kerugian.