DIFINMEDIA.COM
Back Home

10 Manfaat Rebusan Daun Sereh sebagai obat herbal

Sourch Image : www.difinmedia.com

Rebusan daun sereh sudah banyak diketahui sebagai suatu obat herbal ternama. Namun, meskipun demikian masih banyak yang belum pernah menggunakannya. Padahal ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kandungan yang dimiliki oleh daun sereh. Misalnya saja, dalam daun sereh ada kandungan baik seperti Kalium, Magnesium, Vitamin B, dan juga zat besi.

Selain dari khasiat baik daun sereh bagi kesehatan, kelebihan lainnya adalah bahwa tanaman alami ini sangat mudah ditemukan di negara Indonesia. Anda bisa menanamnya sendiri atau membelinya dipasar atau warung. Dari segi pembuatan atau pengolahannya pun sangat praktis. Sehingga tidak akan sulit bagi Anda untuk mengonsumsi tanaman herbal alami yang bermanfaat untuk kesehatan ini.

Pemanfaatannya adalah dengan memotong serai kemudian merebusnya dalam waktu 10 sampai dengan 15 menit. Air rebusan bisa langsung dinikmati atau dikomsumsi menggunakan bahan alami lainnya yang juga berkhasiat. Untuk meyakinkan Anda perihal manfaat besar dari rebusan daun sereh, pada uraian sebagai berikut kita akan membahas deretan manfaat dari rebusan daun sereh tersebut. Mari simak.
10 Manfaat Rebusan Daun Sereh sebagai obat herbal

1. Menjaga sistem pencernaan tubuh

Sejak zaman dulu, masyarakat sebenarnya sudah menggunakan daun sereh sebagai obat untuk menjaga sistem pencernaan manusia. Daun sereh dianggap sebagai media kuno yang mempengaruhi kesehatan pencernaan. Hal ini didukung oleh fakta bahwa daun sereh mampu menenangkan perut serta membuat fungsinya bisa terkendali dengan baik.

2. Mendetoksifikasi tubuh dari dalam

Di dalam daun sereh terdapat banyak sekali antioksidan. Antioksidan ini akan mengatasi racun racun yang ada di dalam tubuh serta membersihkannya sehingga tentu saja, tubuh Anda akan menjadi bersih dan sehat. Dapat dikatakan daun sereh adalah senjata alami untuk menghilangkan zat zat berbahaya yang berpotensi menyebabkan penyakit. 

3. Menyembuhkan flu dan pilek

Flu dan pilek sudah seperti penyakit yang paling sering dialami oleh semua orang. Berbagai perlakuan dari jaman dulu seperti minum minuman jahe pada saat kehujanan atau kedinginan masih berlaku sampai dengan sekarang. Memang faktanya bahwa tanaman herbal seperti jahe dan daun sereh dapat menyembuhkan gejala flu dan pilek secara ampuh.

4. Untuk diet secara alami

Tahukah Anda? Bahwa sereh sebenarnya mampu dalam membakar lemak di dalam tubuh manusia. Tidak hanya membakar lemak, tetapi secara sehat nantinya akan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Jadi apabila Anda sedang melakukan diet bisa menjadikan tanaman jahe ini sebagai menu program diet Anda. Bahan alami ini bahkan aman dikonsumsi untuk anak anak.

5. Meredakan nyeri saat haid

Nyeri pada saat datang bulan bukan menjadi hal yang rahasia lagi bagi wanita. Setiap wanita pasti pernah mengalami yang namanya nyeri menstruasi. Jika Anda juga merasakan demikian bahkan sampai nyeri yang tidak tertahankan, cobalah memanfaatkan rebusan daun sereh sebagai obat herbal pereda nyeri. Sebenarnya ada banyak sekali produk sekarang yang menggunakan daun sereh sebagai bahan utamanya. Anda bisa memilih produk tersebut atau membuatnya sendiri dirumah.

6. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Rambut dan kulit dapat ternutrisi dengan baik menggunakan daun sereh , bagaimana bisa? Ya, daun sereh ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk perawatan rambut dan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya itu, Anda perlu dengan rajin meminum air rebusan sereh. Sebelum dan sesudah sepekan Anda mengonsumsinya, pasti ada perubahan baik yang dialami rambut dan kulit Anda. Selain itu permasalahan kulit seperti jerawat juga bisa teratasi.

7. Menyeimbangkan tekanan darah tinggi

Umumnya mungkin Anda mendengar bahwa buah belimbing, bengkoang dan semacamnya bagus untuk orang yang mengidap tekanan darah tinggi. Namun, tahukah Anda? Jika rebusan daun sereh sangat kaya akan kandungan kalium sehingga memilki manfaat baik dalam tubuh untuk menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

8. Meredakan stress

Ada banyak hal yang bisa membuat kita stres. Kondisi pikiran dengan tekanan membutuhkan bantuan baik dari dalam juga dari luar. Seperti daun sereh memiliki sifat antidepresan yang fungsinya adalah sebagai penenang otot dan saraf. Untuk mengonsumsi bahan alami ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusannya sebelum tidur. Ini akan mengoptimalkan proses atau cara kerjanya.

9. Menghilangkan bau badan

Manfaat daun sereh yang terkenal adalah mampu menghilangkan bau badan. Banyak orang sebenarnya punya cara sendiri dalam mengatasi bau badan seperti menggunakan bedak tabur, deodorant dan lain sebagainya. Namun, penggunaan daun sereh secara alami sebenarnya tips bagus untuk Anda. Rebusan daun sereh yang Anda minum dapat bekerja secara optimal untuk meminimalisir bau badan.

10. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia tidak bisa kita prediksi. Namun, kita secara pribadi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut. Salah satu bahan alami yang dapat membantu adalah rebusan daun sereh. Kandungan baik bernama citral dalam daun sereh dapat mencegah berkembangnya sel kanker.

Demikianlah uraian lengkap mengenai daftar manfaat dari rebusan daun sereh yang ternyata menyimpan banyak sekali khasiat baik bagi kesehatan. Masih ragu dalam memanfaatkan tanaman yang biasa dijadikan bumbu dapur ini? Dengan menyimak informasi diatas, Anda bisa tahu bahwa sebenarnya bahan bahan alami disekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh.

Tahukah Anda? Ini hanyalah beberapa manfaat yang dijabarkan, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat lainnya yang dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi rebusan daun sereh. Mulai dari menjaga kesehatan, mencegah berbagai penyakit sampai dengan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat.