DIFINMEDIA.COM
Back Home

10 Pengaruh perkembangan teknologi terhadap bisnis

Sourch Image : www.difinmedia.com

Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Salah satunya adalah dalam bidang usaha atau bisnis. Ada dampak yang positif namun juga ada dampak yang negatif. Menurut Anda apa saja pengaruh perkembangan teknologi terhadap bisnis sekarang ini? Jawaban Anda tentu berbeda beda berdasarkan cara pandang Anda. 

Ada banyak jenis bisnis yang dijalankan diseputar dunia. Ada yang menjalankan bisnis skala kecil, dan skala besar seperti perusahaan. Usaha kecil menggunakan beragam teknologi seperti perangkat seluler berupa HP Android atau Smartphone. Sedangkan untuk bisnis besar memanfaatkan teknologi atau alat yang lebih canggih untuk meningkatkan kinerja dalam pasar ekonomi.
Teknologi modern yang umum digunakan untuk bisnis adalah perangkat hardware dan software yang terus mengalami perkembangan pesat yang canggih. Perubahan yang terus bergerak tersebut tentu sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas pekerjaan dan bisnis. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita bahas apa saja pengaruh teknologi yang maju pada sektor bisnis sekarang. Silahkan simak.
10 Pengaruh perkembangan teknologi terhadap bisnis
1. Biaya operasional
Dalam bisnis tidak akan luput dari yang namanya biaya operasional. Bagi para pemilik usaha berskala kecil dapat memanfaatkan teknologi untuk mengurangi biaya operasional bisnis tersebut. Berbagai kegiatan dalam perusahaan seperti pencatatan, akuntansi, pembayaran gaji, stok dan lain sebagainya dapat dikelola dengan baik melalui alat bantu perangkat lunak untuk mengotomatisasi fungsi dalam back office.
2. Informasi menjadi lebih aman
Informasi yang dimaksud adalah informasi sensitif yang secara privasi hanya boleh diketahui oleh orang orang tertentu saja. Pembisnis bisa memanfaatkan teknologi untuk menjaga informasi yang lebih aman baik juga termasuk untuk konsumen. Sekarang ini dapat kita lihat berbagai software sudah dirancang dengan ramah pengguna, sehingga para pelanggan yang tidak paham terkait teknologi pun bisa dengan mudah memanfaatkannya.
3. Meningkatkan proses komunikasi
Teknologi dalam hal ini akan sangat membantu bagi para pengusaha kecil dalam meningkatkan proses komunikasi mereka. Misalnya saja, perangkat canggih yang paling banyak digunakan adalah via Email, SMS, Whatsapp, Instagram, twitter, line, aplikasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Perangkat yang disebutkan ini dapat meningkatkan komunikasi kepada semakin banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat.
Dengan menggunakan metode komunikasi berteknologi baru ini akan memungkinkan perusahaan dalam hal memenuhi pasar ekonomi dengan mengirim pesan mereka. Perusahaan juga akan dengan mudah menerima lebih banyak respon atau umpan balik dari komunikasi elektronik ini. Terciptanya komunikasi yang baik juga tidak hanya bagi konsumen juga antar para karyawan atau pekerja.
4. Meningkatkan produktivitas kerja karyawan
Penggunaan teknologi seperti komputer, laptop dan perangkat lunak bisnis umumnya dapat mempermudah karyawan dalam memproses lebih banyak informasi daripada dilakukan dengan metode manual. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat mengurangi jumlah tenaga manusia dalam menjalankan fungsi bisnis. Sehingga pengeluaran perusahaan pun akan lebih kecil bukan?
Selain itu, pengusaha juga bisa melakukan perkembangan yang bagus seperti memperluas operasi dengan bantuan teknologi. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan apabila Anda selaku pemilik bisnis menggunakan karyawan saja, sebab sebagaimana yang kita ketahui teknologi akan memberikan manfaat berupa hasil produksi yang akan lebih baik.
5. Memperluas pasar
Teknologi memungkinkan usaha yang masih kecil untuk mencapai pencapaian baru berupa pasar ekonomi baru. Daripada hanya menjual jasa atau barang di ruang lingkup konsumen lokal saja, dengan teknologi usaha kecil bisa menjangkau sampai pasar regional, nasional bahkan international. Cara yang paling umum digunakan dalam memperluas pasar adalah penggunaan situs web ritel.
Situs web mempunyai banyak keunggulan, mulai dari dapat diakses nonstop selama 24 jam, hal ini memudahkan konsumen untuk membeli barang atau jasa kapan dan dimana saja. Selain itu, dari segi iklan yang ditampilkan akan membantu dalam memperkenalkan produk melalui iklan web dan spanduk yang ditempatkan.
6. Munculnya profesi baru
Tidak banyak disadari oleh para pelaku usaha bahwa sebenarnya teknologi banyak menciptakan profesi atau bisnis baru. Jika Anda pernah mendengar istilah data scientist, digital marketing, content creator, influenzer dan masih banyak lagi yang lagi yang lainnya. Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, bidang pekerjaan ini sangat jarang ditemui.
7. Standar baru untuk calon pekerja
Tahukah Anda? Sekarang ini, hampir di semua perusahaan mengharapkan para karyawan atau pekerjanya memiliki pemahaman dasar akan teknologi. Mulai dari mengenal sistem yang paling dasar yakni pengoperasian komputer sampai dengan penggunaan berbagai perangkat lunak untuk mengelola data.
Para pekerja dituntut untuk tahu bahkan harus terampil dalam berbagai bidang yang umumnya ada kaitannya dengan teknologi. Meskipun kemungkinan pekerjaannya tidak bekerja di bidang teknologi tapi proses operasionalnya memanfaatkan teknologi.
8. Meningkatnya permintaan tenaga kerja IT
Dengan semakin banyaknya perusahaan teknologi berbasis digital, maka semakin banyak pula perusahaan yang mengadopsi teknologi digital, dan meningkatkan permintaan akan pekerja dibidang ahli IT. Ahli IT pun semakin beragam tidak hanya dikenal sebagai programmer, tetapi dengan profesi yang berkembang sesuai fokusnya masing masing.
9. Memunculkan peluang usaha baru
Teknologi telah membuat banyak situs ecommerce bermunculan, jangkauan sosial media yang semakin luas, kemudahan dalam mengakses internet dan masih banyak lagi. Dengan berbagai kemudahan ini tentu saja dengan modal kecil saja suatu usaha bisa terbentuk. Ada yang bahkan tidak memerlukan modal, hanya dengan perangkat seluler sudah bisa berkreasi sebagai seorang wirausaha.
10. Kecerdasan buatan
Sekarang sudah bisa kita amati bahwa tenaga kerja manusia sudah banyak digantikan oleh mesin berteknologi canggih. Dengan kata lain teknologi ini diciptakan dengan kecerdasan buatan yang bisa membantu pekerjaan bisnis lebih mudah dan cepat. Tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya robotik dapat menggantikan pihak sebagai pengambil keputusan. 
Demikianlah informasi terbaru yang dibahas secara lengkap terkait dampak yang timbulkan dari perkembangan teknologi dalam bidang usaha dan bisnis dijaman sekarang. Tidak hanya dalam bisnis, pengaruh teknologi telah mempengaruhi banyak sektor. Ikuti perkembangan seputar informasi teknologi canggih terbaru
Anda selaku pembisnis atau pengusaha, dituntut untuk update dalam informasi bisnis dan teknologi supaya tidak dikatakan ketinggalan jaman. Namun, Anda juga perlu selektif dalam memilih teknologi seperti apa yang akan Anda terapkan di dalam menjalankan bisnis. Kemajuan teknologi diharapkan dapat bermanfaat apabila digunakan dengan bijak. Semoga bermanfaat.