DIFINMEDIA.COM
Back Home

5 Tahapan Profesional SD Daring PPG terbaru 2020

Sourch Image : www.difinmedia.com

PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. Anda yang sekarang menyandang pekerjaan sebagai guru tentunya melalui proses alur pendidikan untuk memahami apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab sebagai guru. Salah satunya adalah dengan mengetahui tahapan untuk mencapai profesional daring PPG terbaru. Khususnya di tahun 2020 bapak ibu guru yang secara resmi telah ditetapkan secara resmi sebagai mahasiswa PPG Daljab atau Prajab.

Sebenarnya sudah banyak sekali pembelajaran terkait PPG atau pendidikan profesi guru ini. Dari mulai bentuk file word, pdf dan lain sebagainya yang dapat dengan praktis dan mudah di download pada perangkat elektronik Anda, baik melalui komputer, laptop, ataupun HP Android dan Smartphone. Sistem online pun dapat dilakukan melalui aplikasi PPG yang dirancang secara khusus dengan fasilitas terbaik.

Tidak hanya berisikan terkait daring PPG saja, sejumlah tips dan tutorial cara berhasil dan sukses dalam daring PPG juga bisa Anda pelajari dari berbagai sumber. Salah satunya, informasi update tersebut bisa Anda dapatkan pada penjelasan berikut ini. Kita akan cari tahu proses pembelajaran daring PPG didalam menjalankan jabatan. Sebelum itu simak 5 tahapan dalam pelaksanaan daring PPG tahun 2020. Mari simak.

5 Tahapan Profesional SD Daring PPG terbaru 2020
 
Sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya, khususnya setelah Anda ditetapkan sebagai mahasiswa PPG di tahun 2020, ada beberapa proses atau tahapan yang perlu Anda ketahui. Ini sesuai dengan alur pendidikan profesi guru atau PPG yang telah ditetapkan. Apa saja tahapannya? Simak poin poin sebagai berikut :

1. Konfirmasi kesediaan

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan informasi berupa jawaban atas kesediaan Anda untuk mengikuti proses daring yang akan berjalan atau tidaknya sebagai seorang mahasiswa PPG. Meskipun sederhana tapi poin ini sangat penting untuk bisa ketahap berikutnya.
 
2. Mencetak format A1

Setelah menyelesaikan tahap pertama yakni melakukan konfirmasi kesediaan, Anda harus mencetak format A1 setelah secara resmi ditentukan sebagai salah satu mahasiswa PPG oleh LPTK masing masing.

3. Melapor diri keperguruan tinggi

Setelah proses mencetak, Anda perlu melapor diri ke LPTK atau perguruan tinggi dimana Anda sudah ditetapkan secara resmi sebagai seorang mahasiswa PPG. Untuk saat ini, proses pelaporan dilakukan hanya secara online. Para mahasiswa akan mengirimkan dokumen dokumen yang harus discan terlebih dahulu. Sehingga mahasiswa akan mengirimkan dokumen dokumen tersebut dalam bentuk PDF.

Dokumen apa saja yang perlu dilaporkam ke perguruan tinggi atau LPTK? Sebagai berikut adalah rincian nama dokumennya :
Scan asli format A1 serta pakta IntegritasScan asli surat yang menyatakan ijin dari kepala sekolahScan asli ijazah S1Scan asli untuk transkip nilaiScan asli KTP dan kartu keluargaScan asli NPWPScan asli SK kepegawaian atau SPScan asli surat yang menyatakan bebas NapzaScan asli surat sehat jasmani dan rohaniMengunggah file pass foto berlatar belakang warna merah
Inilah beberapa nama dokumen yang dibutuhkan untuk mempersiapkan hal hal yang perlu dilaporkan secara online di tahun 2020 ini. Karena pandemi covid 19, Anda yang ingin melaporkan diri hanya dapat dilakukan secara online dengan tata cara kelengkapan yang disebutkan sebelumnya diatas.

4. Pelaksanaan daring
Untuk pelaksanaan daring sendiri adalah dengan kurun waktu 3 bulan. Diharapkan Anda sebagai peserta jangan sampai melewatkan kelas atau kehadiran serta patuh juga dalam hal mengerjakan berbagai tugas tugas yang di berikan oleh pembimbing atau dosen.

5. Ujian

Setelah melewati berbagai rangkaian tahapan sampai dengan selesainya proses pembelajaran, para mahasiswa selanjutnya akan menjalani yang namanya UKMPPG atau singkatan dari Ujian Kinerja Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Jika sudah mencapai tahap ini, para mahasiswa diharapkan sudah mampu dan memahami berbagai materi pembelajaran dalam pelaksanaan daring tersebut.

Mengapa penting untuk mengetahui informasi terbaru ini? Mengingat tahun 2020 telah terjadi pandemi covid 19, tentu untuk pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru atau PPG ini disesuaikan. Kita pun lebih dikhususkan menggunakan sistem online yang aman seperti yang sudah dijelaskan pada tahapan tahapan online diatas.

Uraian diatas adalah intormasi terpadu yang membahas seputar panduan modul PPG terbaru di tahun 2020. Dengan menyimaknya, Anda akan mendapatkan gambaran secara singkat terkait tata cara, tutorial PPG daring, cara akses dan lain sebagainya. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apa saja yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum memulai daring.

Ini hanyalah langkah langkah singkat yang bisa diberikan untuk Anda sebagai referensi modal pembelajaran awal. Untuk bisa berhasil dan sukses, Anda perlu mendapatkan referensi pembelajaran daring PPG update untuk bisa menjalankan proses pendidikan dengan tahapan tahapan yang benar. Semoga bermanfaat.