DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Aman Mencegah Google Adsense kena Banned

Sourch Image : www.difinmedia.com

Google Adsense merupakan program periklanan terbesar di dunia. Google Adsense memungkinkan pemilik website atau blog bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipasang. Sejak awal kemunculannya sendiri, banyak publisher berlomba lomba untuk daftar Google Adsense dengan berupaya memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Tidak hanya itu saja, saat menggunakan Google Adsense, Anda juga penting mengetahui cara aman mencegah Google Adsense kena Banned atau diblokir.

Pemberian sanksi berupa banned kepada akun Adsense dilakukan karena mungkin ditemukan aktivitas yang tidak wajar yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan bagi penayang atau pihak publisher saja. Bagaimana cara Google mengetahui adanya kecurangan pada setiap tayangan iklan di website atau blog tertentu? Google sebenarnya mempunyai cara tersendiri. Tapi, Anda bisa mencegah akun Google Adsense Anda tetap aman.

Diterima sebagai penayang dari iklan Google adalah awal dari Anda memulai bisnis online terbaik ini. Maka, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjaga akun Anda tersebut supaya bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu yang lama dan menghidari terjadinya pemblokiran atau banned. Bagaimana caranya? Sebagai berikut kita akan bahas seputar tips dan trik terbaru untuk Anda. Mari simak.

Cara Aman Mencegah Google Adsense kena Banned

1. Menampilkan iklan sewajarnya

Setelah akun diterima sebagai penayang dari Google Adsense, Anda wajib untuk melakukan penyalinan kode iklan yang sudah disediakan supaya nantinya iklan dapat ditampilkan di website atau blog Anda. Untuk lokasi iklan yang ditampilkan, Anda sendiri yang mengatur sepenuhnya. Oleh sebab itu, dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Meskipun Anda sudah diterima sebagai penayang, tetaplah membuat konten yang berkualitas dan menarik. Jangan sampai Anda terlalu banyak menayangkan iklan sehingga akan merusak tampilan di konten article Anda. Menampilkan iklan yang tidak wajar tidak hanya berakibat memperburuk tampilan tapi ada dampak negatif lain yang ditimbulkan.

Cobalah perhatikan posisi iklan yang cocok dengan memposisikan diri Anda sebagai seorang pembaca, apakah penempatan iklan tersebut cocok dan membuat article nyaman dibaca atau tidak. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, maka pihak Google bisa menganggap Anda hanya mementingkan penghasilan daripada menyediakan konten yang berkualitas dan menarik untuk para pembaca.

2. Mematuhi kaidah penulisan Adsense

Tidak hanya dari segi iklan yang ditampilkan pada suatu konten Article, Anda perlu memperhatikan isi dari konten yang dibuat. Umumnya Google selalu memastikan dan memeriksa apakah suatu konten layak untuk dibagikan atau tidak. Jadi, patut diperhatikan untuk tidak memasukkan unsur negatif seperti hasutan, kekerasan, pembajakan, obat obatan terlarang, ujaran kebencian dan lain sebagainya.

Selain itu, penggunaan kata kata dalam sebuah artikel perlu Anda perhatikan seperti jangan sekali kali menggunakan kata atau istilah yang tidak pantas untuk diucapkan. Apabila Anda melanggar ketentuan ini, besar kemungkinannya akun Googel Anda bisa diblokir atau di banned segera.

3. Hindari Plagiat

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Plagiat”. Plagiat sama halnya dengan kegiatan Copy Paste atau mencuri hasil karya orang lain. Tahukah Anda? Bahwa Google sangat menghargai karya tulisan dari seorang penulis atau blogger. Apabila tulisan tersebut dibagikan, maka sang penulislah yang memiliki hak sebagai pemegang hak cipta tulisan. Mengambil tulisan tanpa izin, memungkinkan akun Adsense akan segera di banned.

4. Hindari Klik Iklan sendiri

Kegiatan paling fatal yang umumnya tanpa disadari sering dilakukan oleh para blogger adalah mengklik iklan mereka sendiri. Kegiatan ini sebagai suatu bentuk tindakan yang dilarang oleh Google Adsense. Google tidak akan mentoleransi kecurangan ini baik sengaja maupun tidak sengaja. Biarkan saja iklan diklik secara alami oleh para pengunjung. Jangan sekali kali mengakalinya atau bahkan menyuruh orang terdekat Anda untuk klik iklan yang ada. 

5. Jangan gunakan tools pihak ketiga 

Seringkali tools pihak ketiga ini digunakan untuk memperoleh pengunjung secara ilegal. Tahukah Anda, melalui tools yang dirancang khusus akan memungkinkan banyak pengunjung ke suatu blog atau website tanpa Anda harus melakukan promosi. Memang sungguh cara yang praktis bukan? Tapi, ingatlah bahwa hal ini salah. Aktifitas tidak wajar ini bisa membuat akun Anda di banned.

6. Jangan mengubah kode iklan

Mengubah kode iklan biasanya berguna untuk mengubah dari segi tampilan iklan itu sendiri supaya memperbesar rasio klik. Jika Anda berupaya melakukan modifikasi ini apa yang akan terjadi? Akun Adsense Anda akan dinonaktifkan. Sebaiknya gunakan kode iklan yang di dapat dan jangan mengubahnya. Mengingat apabila sudah dibanned maka sifatnya permanen.

7. Jangan memaksa pengunjung klik iklan

Beberapa blogger berlaku tidak sabar untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dengan cara memaksa pengunjung untuk mengklik iklan. Ada beberapa cara yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat cerita yang tujuannya untuk menyentuh hati pengunjung untuk klik iklan. Hindari hal ini karena bisa berdampak tidak baik untuk Anda.

8. Jangan menghapus kebijakan privasi

Halaman kebijakan Privasi atau Privacy Policy merupakan sebuah halaman untuk memberitahukan bahwa situs website tersebut menggunakan iklan sebagai media penghasilannya. Halaman ini juga berfungsi untuk pemberitahuan kepada Google bahwa blog siap untuk menayangkan iklan. Mengingat pentingnya halaman ini, maka jangan menghapusnya. Sebab apabila dihapus, bisa jadi pihak Google menganggap situs Anda tidak ingin menampilkan iklan.

9. Jangan bagikan link di grup

Sebenarnya banyak blog yang terbanned bukan hanya berasal dari faktor pemilik blog itu sendiri. Orang yang iri juga bisa menyebabkan blog terbanned. Bagaimana bisa? Jika Anda mengirimkan link ke berbagai grup, maka tidak sedikit orang yang mungkin mempunyai niat buruk. Misalnya orang yang tak bertanggung jawab akan melakukan bom klik iklan sehingga Google bisa mendeteksi adanya klik iklan yang tidak wajar. 

Demikianlah informasi lengkap yang membahas tentang beberapa tips aman menggunakan Google Adsense yang perlu diketahui untuk menghindari banned. Seringkali antara meraih dan mempertahankan adalah lebih sulit untuk mempertahankan, tapi dengan mengetahui tips ini Anda dibantu untuk bisa mencegah banned dengan ampuh dan berhasil.

Anda perlu mengetahui bahwa pada dasarnya pihak Google Adsense tidak akan melakukan banned apabila tidak melanggar aturan Adsense yang berlaku. Namun, memang pihak Google Adsense tidak akan ragu untuk menonaktifkan suatu akun apabila terdapat kecurangan yang serius yang dilakukan. Oleh sebab itu, tetap berhati hati dan lakukan bisnis online menghasilkan uang dari internet dengan bijaksana. Semoga bermanfaat.