DIFINMEDIA.COM
Back Home

Apa itu Virus Corona dan bagaimana bisa sampai ke Manusia

Sourch Image : www.difinmedia.com
Virus Corona menjadi bahan perbincangan yang hangat akhir akhir ini. Dari awal bulan maret 2020 lalu, virus yang mematikan ini terus mewabah ke banyak negeri, salah satunya adalah Indonesia. Sudah banyak yang menjadi korbannya. Hingga timbul pertanyaan seperti apa itu virus corona? Dari mana asalnya? Bagaimana bisa sampai ke manusia? Dan bagaimana penyebarannya yang begitu sangat cepat?

Pertanyaan tersebut mewakili rasa kekhawatiran, kecemasan, kegelisahan bahkan ketakutan kebanyakan orang di seluruh dunia. Para ahli dan ilmuwan di dunia berupaya untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Hingga saat ini banyak media memberikan penjelasan terkait sifat, bentuk dan cara virus corona berkembang. Sampai dengan sekarang wilayah terkena dampak terus meluas.

Upaya pencegahan dan dukungan adalah informasi penting yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dari penyakit covid 19 yang disebabkan oleh virus corona. Khususnya dalam masa 2 minggu setelah terpapar virus corona. Untuk semakin meningkatkan kewaspadaan Anda dan mencegah terinfeksi penyakit ini, mari kita cari tahu sejarah coronavirus hingga bisa menyerang manusia pada uraian sebagai berikut.

Apa itu Virus Corona dan bagaimana bisa sampai ke Manusia ?

A. PENGERTIAN VIRUS CORONA

Virus Corona termasuk dalam sebuah keluarga virus yang terdapat pada manusia dan hewan. Virus ini bisa menyebabkan beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan seperti flu biasa sampai dengan penyakit parah. Beberapa diantaranya adalah MERS-COV atau Middle East Respiratory Syndrome, SARS-COV atau Severe Acute Respiratory dan penyakit berbahaya terbaru belakangan ini adalah COVID-19.

Siapa pun bisa terjangkit virus corona. Khususnya bayi, anak kecil, orang tua lemah fisik dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah lebih rentan terhadap serangan dari virus ini. Selain itu, dari segi kondisi musim suatu daerah juga memberikan pengaruh. Seseorang yang tinggal disuatu daerah atau pada saat berkunjung ke daerah yang rawan virus corona bisa beresiko terserang penyakit COVID-19.

B. SEJARAH VIRUS CORONA

Sebelumnya mungkin kita tidak tahu yang namanya virus corona bahkan terdengar begitu asing. Namun, sekarang nama virus tersebut hampir dikenal diseluruh dunia yang berpenduduk. Hal ini diawali dari munculnya penyakit COVID-19 yang memicu wabah penyakit di Wuhan, China pada bulan Desember 2019 lalu. Selanjutnya penyakit yang disebabkan oleh virus corona tersebut menyebar dan merebak ke berbagai negara hingga WHO mendeklarasikannya sebagai suatu pandemi global.

Menurut sejarahnya pada tahun 1973 para ilmuwan pertama kali mengisolasikan virus corona yang telah menyebabkan penyakit seperti bronkitis yang menular pada hewan unggas. Selanjutnya pada tahun 1965, dua orang peneliti bernama Tyrell dan Bynoe telah menemukan bukti bahwa kala itu coronavirus sedang menjangkit manusia dengan gejala flu biasa. Sang peneliti tersebut menemui organ trakea embrionik yang didapat dari saluran pernapasan dari orang yang terserang flu tersebut.

Baca Juga :
Corona takut dengan Makanan ini !!! Peraturan Pemerintah tentang Covid 19 Cara membuat Hand Sanitizer
Selanjutnya pada tahun 1960an, Ahli meneliti Tyrell memimpin sekelompok para ahli dalam virologi lainnya untuk melakukan penelitian strain virus pada manusia juga hewan. Virus tersebut diantaranya termasuk virus hepatitis tikus, virus infeksi bronkitis dan lain sebagainya yang ditunjukkan melalui mikroskop elektron. Kemudian virus corona dikelompokkan sebagai virus baru yang diterima secara resmi sebagai genus virus baru.

Hingga pada tahun 2019 lalu, virus corona mulai mewabah di Wuhan, China dan terus berkembang di berbagai daerah bahkan negara negara. Penyebarannya begitu cepat dan tidak bisa diprediksi. Sebelumnya virus corona muncul di Wuhan diduga dari pasar hewan dan ikan laut seafood. Namun, beberapa pihak mulai mencurigai soal Lab Virus China. Sampai sekarang banyak muncul pro dan kontra terkait pemberitaan tersebut. Asal usul Coronavirus pada manusia masih ditelusur lebih lanjut.

C. PENYEBAB INFEKSI CORONAVIRUS

Sekarang, untuk langkah pencegahan penularan yang semakin tinggi masyarakat diwajibkan tahu terkait penyebab seseorang bisa terinfeksi coronavirus tersebut. Penyebab infeksi coronavirus sendiri disebabkan oleh virus corona yang melakukan penyebaran dengan berbagai macam cara. Penularan virus ini sebagai berikut.
Melalui percikan air liur dari sang pengidap melalui batuk dan bersin Menyentuh mata, hidung atau mulut setelah terpapar atau memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona Menyentuh wajah dan tangan orang yang sudah terinfeksi Melalui tinja atau feses yang jarang terjadi Berada di daerah yang rawan terinfeksi virus corona
Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID 19 ini sebenarnya virus yang menyebar dan beredar di beberapa hewan seperti kucing, unta dan kelelawar. Menurut penelitian, pada dasarnya virus ini jarang sekali menginfeksi dan berevolusi pada manusia yang kemudian menular ke individu yang lainnya.

Namun, dari kasus Tiongkok kini telah membuktikan bahwa virus ini dapat menyebar dari hewan ke manusia. Yang selanjutnya penularan tersebut bisa dari manusia ke manusia. Karena asal usul yang diberitakan masih belum jelas kebenarannya karena menimbulkan pro dan kontra hingga bisa menularkan kepada manusia, masyarakat hanya bisa melakukan tindakan pencegahan untuk sekarang ini.

Baca Juga : bahasejarah.com | Situs yang membahas Sejarah Dunia

Uraian diatas adalah informasi terkait cara penyebaran virus corona sampai bisa ke manusia. Berita terbaru tentang penyakit covid 19 ini terus ditelusuri melalui penelitian para ahli. Sampai sekarang pun belum diketahui secara pasti kapan virus corona terus mewabah. Baik obat maupun vaksin pun belum diketahui secara pasti. Pemerintah terus melakukan upaya terbaik untuk mengatasi virus corona.

Setelah mengenal pengertian dan definisi secara lengkap terkait virus corona, kini Anda bisa tahu bahwa penyakit yang menyerang paru paru ini bukanlah jenis penyakit flu biasa. Simak terus informasi update terkait virus corona untuk mengetahui perkembangannya lebih lanjut yang banyak diberitakan melalui media berita televisi, website berita, sosial media dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.