DIFINMEDIA.COM
Back Home

Berapakah Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah?

Sourch Image : www.difinmedia.com
Biaya Kuliah di Jerman - Melanjutkan studi di luar negeri merupakan impian banyak orang karena selain kualitas pendidikannya dinilai lebih bagus, kuliah di luar negeri juga menjadi prestige tersendiri. Salah satu negara yang cukup banyak diminati untuk dijadikan destinasi studi adalah negara Jerman. 

Negara ini terkenal dengan sistem pendidikannya yang bagus, kritis, dan banyak literasi ilmu pengetahuan yang berasal dari para ilmuwan Jerman. Untuk bisa kuliah di Jerman, Anda bisa memanfaatkan kesempatan beasiswa maupun kuliah dengan biaya sendiri. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai berapa biaya kuliah di Jerman dan biaya hidupnya.

Meskipun Anda mendapatkan biaya pendidikan secara gratis tentu Anda tetap harus memikirkan bagaimana biaya hidup yang diperlukan selama tinggal di sana. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya yang harus Anda keluarkan untuk tinggal di Jerman cukup terjangkau. Selain itu, pemerintah Jerman juga sangat terbuka jika ada mahasiswa yang ingin mencari kerja di negara tersebut sebagai biaya tambahan. 

Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman Bagi Mahasiswa

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Jerman, sangat penting untuk merencanakan dengan matang perhitungan biaya dan budget yang harus dikeluarkan selama tinggal di sana. Jika Anda akan melanjutkan ke jenjang pendidikan S1, berikut ini perkiraan biaya kuliah di Jerman dan biaya hidup sebagai referensi:

1. Biaya administrasi

Biaya ini terdiri dari administrasi untuk kelengkapan dokumen seperti passpor, visa, pengiriman aplikasi, dan lainnya. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan berkisar sebagai berikut:
Rp. 600.000,00 (DHL) atau Rp250.000,00 (EMS) untuk pengiriman aplikasi dan persyaratan dokumen ke Jerman Rp. 900.000,00 untuk pengurusan visa
2. Biaya keberangkatan ke Jerman

Ketika Anda sudah diterima kuliah di Jerman, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu mulai mencari tiket untuk berangkat ke negara ini. Untuk meminimalisir budget, Anda bisa mencoba mencari tiket promo agar biayanya bisa lebih murah. Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk berangkat ke Jerman dan kota tempat tujuan seperti Frankfurt adalah sebagai berikut:
Rp. 8.000.000,00 untuk tiket pesawat Jakarta – Jerman Tiket kereta Frankfurt – Heidelberg berkisar €21,5 atau kurang lebih Rp300.000,00
3. Biaya hidup di Jerman

Biaya hidup termasuk di dalamnya tempat tinggal atau akomodasi, makan, serta pakaian. Berikut ini estimasi biaya yang akan Anda perlukan untuk hidup di Jerman:
€298 atau sekitar Rp. 4.500.000,00 untuk sewa apartemen termasuk di dalamnya untuk membayar biaya tagihan air, listrik, dan gas €165 atau sekitar Rp. 2.400.000,00 untuk makan dan minum €52 atau sekitar Rp. 780.000,00 untuk pakaian (tergantung kebutuhan masing-masing orang) dan jika ingin lebih murah, Anda bisa membeli pakaian di Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau
4. Biaya materi kuliah

Biaya materi kuliah merupakan biaya-biaya yang diperlukan untuk menunjang proses belajar di tempat perkuliahan. Seperti membeli buku, alat tulis, fotokopi, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Perkiraan biaya yang diperlukan untuk biaya materi kuliah berkisar €30 atau sekitar Rp450.000,00.
   
5. Biaya transportasi umum

Selama studi di Jerman, tentu Anda akan membutuhkan biaya transportasi yang Anda perlukan untuk perjalanan dari tempat tinggal ke kampus atau ke tempat-tempat tertentu. Biaya yang diperlukan berkisar €82 atau sekitar Rp1.200.000,00.

6. Biaya kesehatan

Asuransi kesehatan dan pos keuangan untuk biaya berobat sangat diperlukan jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit seperti sakit flu atau demam. Katakanlah estimasi biaya yang diperlukan sekitar €66 atau sekitar Rp990.000,00.

7. Biaya rekreasi dan tambahan

Selama kuliah di Jerman, tentu Anda akan butuh waktu untuk rekreasi atau liburan dalam rangka melepas penatnya tumpukan buku dan materi kuliah yang harus dipelajari. Setidaknya sediakan budget untuk rekreasi sebanyak €34 atau sekitar Rp500.000,00.

Estimasi biaya tersebut bisa berubah tergantung dari kebutuhan masing-masing mahasiswa. Jika biaya kuliah di Jerman gratis karena mendapatkan beasiswa, maka yang perlu Anda persiapkan adalah untuk biaya hidup selama tinggal di Jerman.