DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara membangun Rumah secara Bertahap dengan biaya 50 Juta

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Namun, membangun rumah memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan perencanaan, proses dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu solusi praktis untuk mereka yang ingin memiliki setidaknya satu rumah sendiri adalah dengan membangun rumah secara bertahap dengan biaya 50 juta. Bagaimana caranya?

50 Juta bisa dikatakan harga minimal untuk membangun sebuah rumah. Strategi membangun rumah ini perlu Anda pikirkan supaya bisa berhemat. Anda juga dimungkinkan dapat membagi secara teratur dengan kebutuhan sehari –hari yang lainnya. Menyusun bughet khusus untuk bangun rumah idaman, tidak ada salahnya bukan?

Perencanaan yang baik adalah kunci sukses untuk mewujudkan impian Anda. Rumah seperti apa yang ingin Anda miliki? Rumah sederhana, minimalis, mewah, elegan dll? Tak jarang ada saja penyedia jasa bangun rumah 50 juta atau Anda sendiri yang mengatur biayanya. Selengkapnya lebih lanjut mari kita bahas Tips dan langkah –langkah buat rumah murah seharga 50 juta dibawah ini.

Perhatikan Gambaran singkat rumah seharga 50 juta

Ilustrasi singkat yang bisa Anda pikirkan sebelum membangun rumah adalah bayangkan jika harga m2 rumah batu bata yag telah difinishing dengan plafond gypsum dan lantai keramik adalah Rp. 2.000.000. Maka tentu saja dengan modal dana senilai Rp. 50.000.000 maka Anda sudah bisa menempati hunian seluas 50 juta/ 2 juta : 25 m2.

Dengan demikian Anda dapat buat rumah dengan ukuran setidaknya 5m x 5m, atau jenis ukuran lainnya yang memiliki luas kurang lebih dari 25 meter persegi. Anda dimungkinkan juga membuat rumah berskala lebih besar dengan bertahap, yang penting bisa dihuni terlebih dahulu.

1. Pastikan Anda punya lahan untuk bangun rumah

Lahan menjadi faktor utama dalam pembuatan rumah. Jika lahan sudah tersedia maka modal untuk pembangunan akan relatif lebih kecil. Modal 50 juta untuk membangun sebuah rumah minimalis perlu Anda sesuaikan dengan luas lahan yang tersedia.

Baca Juga :
Hitungan mudah Biaya membangun Rumah  Denah Rumah Minimalis 3 Dimensi  Jasa Bangun Rumah Borongan
Tanah sendiri adalah elemen pertama yang paling banyak menguras terkait biaya. Jika Anda sudah memiliki lahan, maka tips berikutnya bisa Anda lakukan. Mari pikirkan rumah seperti apa yang cocok untuk modal 50 juta? Maksimal Anda bisa memilih jenis dan type 45 tapi yang paling recommended adalah type 36, namun sifatnya relatif berdasarkan pemilihan bahan material rumah tersebut.

2. Rencanakan Anggaran Kebutuhan bahan dengan rinci

Membangun sebuah rumah membutuhkan persiapan yang matang. Pertama –tama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan kebutuhan bahan rumah secara detail dan jelas. Anda harus menentukan berapa ukuran setiap bahannya, bentuk rumah, target waktu pengerjaan rumah dan anggaran setiap bahan terperinci.

Anggaran yang sudah Anda buat akan menjadi acuan setiap kali Anda akan membayar kebutuhan pembangunan yang lainnya. Kalau perlu Anda bisa membuat sketsa gambar rumah impian Anda lengkap semua bagian dan keterangan biaya, dengan gambar atau sketsa akan semakin mempermudah Anda.

3. Menggunakan desain rumah minimalis

Sekarang ini rumah minimalis sedang trend loh. Desain nya yang minimalis menyimpan banyak sekali kelebihan. Selain bersifat simple, tentu saja akan membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Misalnya ruangan dapur bisa dirancang sekaligus dengan ruang makan.

Tanpa memerlukan banyak ruangan, inilah yang membuatnya akan menekan angka jumlah biaya bahan bangunannya. Selain itu sekarang ada banyak sekali desain rumah minimalis di internet, jadi Anda tidak butuh lagi pakai jasa arsitek untuk itu.

4. Melakukan survei langsung terkait harga material

Poin yang satu ini ada hubungannya dengan poin nomor dua yang sudah kita bahas. Cobalah untuk cek secara langsung harga terkait di pasaran. Biaya bangunan yang membengkak adalah salah satu faktor yang membuat Anda membutuhkan biaya mahal untuk membangun rumah. Banyak dari toko bangunan mematok harga yang sangat variatif.

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah melakukan riset dilapangan secara langsung. Misalnya harga besi di toko A lebih mahal daripada toko B, tapi harga semen di toko A lebih murah dari toko B. Dengan demikian jangan sungkan untuk keluar masuk toko hanya sekedar meriset harga. Anda bisa membuat catatan pengeluaran dan biaya transportasi ke toko bangunan tersebut.

5. Memilih bahan material lokal yang berkualitas

Bahan bangunan yang berkualitas adalah kunci ketahanan dan rumah yang indah. Maka, Anda perlu memilihan bahan dengan kualitas bagus dan murah. Sekarang sudah banyak material lokal dengan kualitas tinggi, sehingga Anda tidak perlu menggunakan material dari luar negeri yang harganya mahal.

Umumnya bahan dalam negeri akan lebih murah dibandingkan dengan bahan produksi dari luar negeri. Dengan demikian, bukankah Anda bisa lebih hemat biaya? Jika Anda kurang informasi apa dan dimana merek bahan bangunan lokal yang bagus, cobalah untuk bertanya pada orang terdekat Anda.

6. Manfaatkan Material bahan bangunan bekas yang ada

Tahukah Anda? Tidak semua material bekas itu buruk loh. Percaya atau tidak pada kenyataannya banyak orang juga memanfaatkan barang bekas untuk keperluan bahan bangunan mereka. Bagaimana bisa? Ya, bahan bangunan yang masih layak pakai bisa menjadi pilihan yang bikin hemat.

Misalnya dikondisikan seperti ini, sebelumnya seorang teman Anda telah membangun rumah. Namun, masih ada banyak batu bata yang layak pakai tersisa. Sipemilik pun bisa jadi akan menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah. Maka ini bisa jadi kesempatan Anda untuk menghemat biaya pembelian batu bata.

7. Menggunakan Jasa tukang bangunan barongan

Tukang bangunan adalah jasa terpenting yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah rumah. Umumnya dari jasa inilah yang membutuhkan anggaran lumayan besar. Sebagaimana yang Anda tahu, ada dua macam pembayaran tukang bangunan yakni sistem barongan dan harian.

Kedua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing –masing. Umumnya, jika Anda memilih sistem harian maka kualitas kerjanya akan lebih baik. Sedangkan untuk sistem barongan, si tukang bisa jadi akan buru buru menyelesaikan pekerjaannya tersebut supaya cepat selesai.

Namun, disisi lain pada sistem borongan Anda lebih dimudahkan untuk memprediksi total biaya pekerjaan. Biasanya pekerjaan borongan juga akan lebih cepat dan dapat menekan jumlah biaya. Menggunakan jasa tukang barongan bisa membantu Anda mengeluarkan lebih sedikit biaya.

8. Ikut serta gotong royong dalam pembangunan rumah

Anda yang mendesain rumah milik Anda, maka dalam hal ini Anda perlu turun tangan. Tidak ada salahnya bukan jika Anda turut membantu dalam proses pengerjaan rumah. Dengan demikian Anda akan lebih tahu apa yang tidak sesuai dengan rancangan Anda.

Jika Anda tidak tahu banyak tentang proses pembangunan, Anda bisa kok mulai hanya dengan melakukan hal –hal kecil saja. Dengan demikian, nantinya Anda juga bisa menghemat biaya sewa tukang. Satu cara ini ampuh untuk menghemat biaya.

9. Menghindari menciptakan profile rumah

Apa itu profile rumah? Ini adalah kegiatan dengan niat untuk membuat ukiran rumah agar terlihat lebih cantik dan menarik. Memang rumah Anda bisa saja terlihat modern, mewah, asri dan elegan tapi tetap saja ini bukanlah prioritas Anda. Sebab dengan menciptakan profile rumah akan menghabiskan lebih banyak biaya. Prioritaskan hal –hal yang lebih penting dulu ya.

10. Membangun rumah secara bertahap

Dana Anda mungkin terbatas, membangun rumah secara bertahap adalah solusi praktisnya. Anda bisa membangun bertahap terlebih dahulu seperti dimulai dari fondasi, pendirian bangunan, atap dan tahap penyelesaian lainnya. Anda bisa merencanakan dengan beberapa tahap.

Misalnya Anda perlu menyiapkan untuk membangun rumah tahap pertama. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan dana di tahap kedua dan seterusnya. Dengan demikian uang yang Anda keluarkan tidak akan langsung menguras kantong. Selain itu, penggunaan bahan akan lebih efesien serta menghindari bahan material yang tidak terpakai atau terbuang.

Untuk lebih jelas, mari perhatikan contoh perhitungan dan tahapan pembangunan rumah di bawah ini :

• PONDASI

Dalam membangun rumah yang paling penting pertama adalah bagaimana Anda membangun pondasinya terlebih dahulu. Untuk pembangunan pondasi yang lebih terjangkau cobalah untuk menggunakan batu bata saja daripada batu.

Atau apabila dari segi kondisi tanahnya adalah bagus bisa secara langsung dipasang dengan sloff beton bertulang. Karena mengusung konsep rumah minimalis dengan 1 lantai dan atap baja ringan maka, beban nya pasti tidak akan berat.

• DINDING

Bagian dinding yang bisa Anda gunakan adalah batu bata plester aci finish cat yang bersifat tidak mudah jebol. Sedangkan untuk sisi dalamnya cukup dengan memanfaatkan penyekat ruangan kalsiboard rangka kayu atau biasa dikenal dengan baja ringan saja. Bahan –bahan ini cenderung lebih murah karena sudah tidak perlu diplester dan diaci.

• ATAP

Nah, untuk rangka atap untuk ebih murah lebih recommended jika Anda menggunakan baja ringan dibandingkan dengan kayu. Baja ringan selain miring dari segi harga, ia juga lebih awet dari bahan yang lainnya. Sedangkan untuk penutup bagian atapnya Anda bisa pakai galvalum yang sebelumnya diberi peredam supaya tidak berisik pada saat hujan. Bisa memanfaatkan asbes atau atap multiroof.

• LANTAI

Pada bagian lantai, ini mudah saja. Memang ada banyak varian bahan yang diperuntukkan untuk lantai. Rekomendasi yang bagus dengan harga terjangkau adalah dengan menggunakan keramik saja atau cukup dengan memasang karpet lantai.

• PLAFOND

Apabila pembuatan rangka atapnya sudah bagus, maka plafond tidak terlalu dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan dengan menutupnya dengan gypsum rangka besi hollow. Cukup praktis karena akan mengurangi biaya dari segi plafond.

Inilah metode praktis yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat sebuah rumah bermodalkan tarif 50 juta saja. Dengan gambaran singkat ini diharapkan dapat menjadi salah satu inovasi dan kreatifitas sebagai upaya mendapatkan tempat tinggal dengan biaya semurah mungkin.

Berniat untuk memulai? Maka, jangan lupa untuk mulai menyiapkan anggarannya sekarang. Rencanakan semua kebutuhan Anda dengan baik dan matang. Niscaya, Tujuan dan impian Anda memiliki rumah sendiri bisa terwujud. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Inggin melihat beberapa Design Rumah silahkan berkunjung ke situs : attractivedesign.org.