DIFINMEDIA.COM
Back Home

Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Apa itu Acrylic? Bahan yang satu ini kerap digunakan untuk pembuatan huruf timbul. Acrylic sering disebut juga dengan sebutan “Akrilik” untuk pengucapan bahasa Indonesia. Tertarik untuk membuat tulisan timbul dengan Acrylic? Untuk tahu lebih lanjut pertama –tama, Anda harus tahu bahan dan cara membuat huruf timbul Acrylic.

Acrylic sendiri adalah sebuah bahan yang menyerupai fiber dengan ketebalan yang berbeda –beda satu dengan yang lain. Semakin tebal bahan acrylic maka tentu saja harganya akan semakin tinggi pula. Acrylic terdiri dari banyak macam warna yang cantik. Mulai dari acrylic bening, susu, hitam, kuning, merah,hijau, biru dll.

Karena tulisan timbul sekarang sudah menjadi trend baik untuk logo, nama, iklan di sebuah perusahaan, restoran, café, sekolah, apotik dan lain- lain. Maka kreasi hasil 3D ini bisa beraneka ragam bentuknya. Selain tulisan timbul akrilik, tulisan timbul ini juga bisa dibuat dari bahan lainnya seperti plat stainless, kuningan, alumunium, LED, maupun ditembok dll.

Baca Juga :
Neon Flex Murah dan Berkualitas Huruf Timbul dari Plat Huruf Timbul LED
Hanya dengan biaya murah Anda bisa mendapatkan kualitas bahan yang bagus dan terbaik sehingga bisa menghasilkan produk huruf timbul yang kuat dan tahan lama. Maka, untuk itu, mari kita sama sama simak tutorial proses pembuatan huruf timbul akrilik mulai dari bahan, cara membuat sampai dengan memasangnya pada uraian berikut.

Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic

Bahan :

Bahan utama dalam pembuatan huruf timbul kali ini adalah Acrylic. Acrylic menyerupai bahan mirip kaca namun sifatnya lebih cerah. Karakteristik Acrylic yang bagus adalah sangat ringan, tidak mudah pecah dan lentur. Anda bisa menyiapkan Akrilik ini dengan pilihan warna favorit Anda atau sesuai keinginan hasil huruf timbul.

Bahan lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan pelengkap seperti alat pemotong khusus Acrylic, alat perekat dengan daya rekat tinggi seperti lem tembak, pensil dan kertas untuk membuat desaign, alat ukur, dan lampu LED jika Anda menginginkan tulisan timbul yang dihasilkan lebih berkilau dan menyala dengan warna yang cantik.

Cara Pembuatan :

1. Pembuatan Design

Langkah pertama yang menjadi satu proses terpenting dalam membuat huruf timbul adalah pembuatan desain terlebih dahulu. Desain yang dibuat adalah pola yang sudah Anda pikirkan bagaimana huruf timbul tersebut nantinya terlihat. Jika Anda memiliki desain, hasil tulisan timbul tidak akan melenceng dari perencanaan sebelumnya karena telah dibuat sesuai pola.

2. Persiapkan Bahan dan Material

Jika sudah membuat dan mempunyai pola design. Anda perlu menyiapkan bahan dan material yang diperlukan untuk proses pembuatan. Pastikan bahan –bahan, perlengkapan dan semua peralatan sudah lengkap barulah Anda memulai. Jangan sampai ditengah perjalanan ada satu bahan yang terlewat.

Bahan Acrylic sebagai bahan utama adalah bahan yang terutama perlu Anda perhatikan. Mulai dari kualitasnya, berapa banyak, ketebalan, dan berbagai unsur bahan tambahan lainnya yang ingin Anda tambahkan. Misalnya jika Anda ingin menambahkan lampu LED supaya huruf timbul menyala dengan cantik. Maka, bahan –bahan seperti itu pastinya harus Anda sediakan terlebih dahulu.

3. Membuat pola/mal

Mal atau biasa lebih sering disebut dengan kata pola ini adalah proses lanjutan dari pembuatan desain sebelumnya di langkah pertama. Jumlah mal harus disesuaikan dengan kebutuhan jumlah huruf dan simbol yang akan digunakan. Dengan membuat mal ini akan lebih memudahkan Anda sebagai tanda nama untuk proses pemotongan supaya tidak melenceng, tanpa cacat dan rapi.

4. Proses Pemotongan/Cutting

Langkah berikutnya setelah selesainya pola yang dibuat adalah melakukan pemotongan atau Cutting. Anda bisa mulai memotong sesuai dengan pola yang tergambar menggunakan peralatan khusus untuk memotong. Kemudian setelah mal selesai dipotong, barulah Anda bisa beralih ke proses berikutnya.

5. Proses Penggabungan

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penggabungan dari beberapa bagian huruf yang sudah Anda potong –potong sebelumnya. Lakukan penggabungan sampai akhirnya terbentuk sebuah karya 3 dimensi yang unik dan menarik. Dalam proses ini jangan lupa untuk merekatkan bagian –bagiannya menggunakan produk perekat khusus yang memiliki daya rekat tinggi, kuat dan tahan lama.

6. Proses Pemasangan

Setelah proses perekatan sudah dilakukan dengan sempurna, selanjutnya Anda bisa langsung memasangnya pada lokasi yang sudah ditetapkan. Ini adalah proses akhir dalam pembuatan huruf timbul. Anda bisa mulai dengan membuat tanda pemasangannya menggunakan alat pengukuran. Lalu memasangnya sesuai tanda.

Hal ini diberlakukan untuk memudahkan Anda memasang sesuai dengan tempat, tidak melenceng, lebih lurus dan rapi. Dengan menggunakan metode yang satu ini, tentu saja pengerjaan akan lebih teratur dan rapi dibandingkan jika Anda langsung memasangnya tanpa pola atau tanda.

Tapi jika Anda merasa terasa sulit untuk melakukannya, menggunakan jasa pemasang juga tidak masalah. Hanya saja dengan ini Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk pemasangannya tersebut.

Kelebihan dari Huruf Timbul Acrylic

1. Kuat dan Tahan lama

Tahukah Anda? Bahan Acrylic adalah bahan dengan kekuatan yang sangat bagus untuk huruf timbul Anda. Karena sifatnya ini memungkinkan huruf timbul Anda akan bertahan lama. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir, kalau –kalau harus mengganti huruf timbul dalam kurun waktu singkat.

2. Banyak pilihan Warna menarik

Sebagaimana yang sempat kita bahas sebelumnya, pilihan warna acrylic sangat bervariasi dan banyak. Maka ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda sendiri bukan? Anda dimungkinkan bebas untuk memilih warna yang diinginkan sesuka hati dan mendesain huruf timbul secantik mungkin dengan warna –warna itu.

3. Harga yang terjangkau dan bervariasi

Anda bisa mendapatkan bahan –bahan untuk huruf timbul acrylic dengan banyak variasi harga. Biasanya ada banyak variasi tergantung ketebalan dan warna yang ingin Anda pilih. Ada yang tersedia mulai dari harga termurah sampai dengan taraf tinggi, karena ada banyak pilihan ini memungkinkan Anda bisa memilih bahan sesuai dengan bughet atau biaya yang Anda miliki.

4. Kreasi lebih unik dan memiliki daya tarik

Berbagai bentuk dan hasil bisa Anda dapatkan dengan memilih akrilik sebagai bahan utama pembuatan tulisan timbul Anda. Anda bisa melihat terlebih dahulu berbagai contoh dan referensi karya tulisan 3 dimensi dengan menggunakan akrilik di berbagai tempat yang sudah memanfaatkannya.

Anda juga bisa melihat betapa banyaknya kreasi huruf timbul akrilik di situs atau website yang mengulas hal serupa. Dengan kreasi tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihat atau berkunjung. Anda bisa membuat kreasi sesuai dengan karakteristik tempat Anda yang berbeda dengan yang lainnya. Sifatnya memang unik dan bervariasi dari berbagai segi.

Inilah langkah langkah praktis yang bisa Anda mulai lakukan untuk pembuatan huruf timbul acrylic secara manual sendiri. Mudah bukan? Tips dan trik ampuh untuk menghasilkan tulisan timbul yang berkualitas baik adalah terletak pada pemilihan bahan yang tidak sembarangan. Hal –lain lain yang perlu diperhatikan adalah dari segi perawatan huruf timbul itu sendiri.

Pastikan bahwa Anda sudah mengikuti metode sederhana tersebut secara benar. Ketelitian dan kesabaran adalah kunci mencapai hasil yang maksimal. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak referensi pembuatan melalui tutorial video youtube yang sudah banyak tersedia. Semoga bisa berhasil dan selamat mencoba.