DIFINMEDIA.COM
Back Home

Bahan dan cara membuat Huruf Timbul LED

Sourch Image : www.difinmedia.com
Huruf Timbul banyak digunakan baik untuk logo perusahaan, Hotel, Apotik, Sekolah, Café dan tempat umum lainnya. Karena pemanfaatannya beraneka ragam, maka kreasi tulisan timbul pun bervariasi. Salah satunya adalah jenis Huruf timbul LED yaitu adanya tambahan lampu hias LED yang membuatnya semakin menarik. Bahan dan cara membuat huruf timbul LED ini pun cenderung tidak sulit.

Lampu LED sendiri dalam penggunaannya menggunakan yang namanya bahan Acrylic. Pemanfaatan ini disesuaikan dengan inovasi dan selera masing –masing. Pemilihan peralatan dan perlengkapan dalam membuat huruf timbul perlu Anda perhatikan untuk hasil yang maksimal. Misalnya apakah sobat menggunakan bahan plat stainless, Kuningan, alumunium, fiber atau ditembok dll?

Setiap bahan yang Anda pilih memiliki perbedaan dengan jenis yang lainnya. Jadi pastikan Anda memperoleh bahan material yang berkualitas bagus dengan harga murah. Jika, Tulisan timbul yang dibuat adalah tahan lama dan kuat, maka lampu LED adalah sebagai media untuk mendekorasi dan menghiasnya agar terlihat cantik dan menarik.

Baca Juga :
Huruf Timbul dari Plat Inilah Jenis Neon Flex Cara memilih Lampu LED
Sebenarnya, pembahasan seputar langkah –langkah dan tutorial membuat maupun memasang huruf timbul menyala/LED banyak disajikan di berbagai media seperti website maupun tuturial video Youtube. Namun, untuk secara lebih ringkasnya kita akan bahas pada article ini meliputi mempersiapkan bahan, proses pembuatan sampai dengan tips dan trik yang perlu diterapkan sebagai berikut.

Bahan dan cara membuat Huruf Timbul LED

A. Bahan :
Lembaran Acrylic bening yang memiliki tebal 6 atau 9mm. Lampu LED warna merah dan biru Driver lampu atau rangkaian elektronik Kabel Solder timahnya Potongan kayu atau triplek Saklar Lem tembak Adaptor atau Catu daya
B. Proses pembuatan :

1. Merangkai Lampu LED

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan setelah mempersiapkan semua bahan adalah merangkai lampu LED. Bagaimana caranya? Ambil lampu LED warna merah dan biru masing –masing 4 buah. Selanjutnya rangkai lampu LED tersebut menjadi rangkaian paralel dan membentuk untaian panjang yang sama dengan permukaan Acrylic yang akan diterangi nanti.

2. Mengukir Permukaan Acrylic

Tahap kedua, yang perlu Anda siapkan adalah Gerinda Mini. Sebenarnya untuk alat yang satu ini, sobat bisa saja membuatnya sendiri secara manual. Gerinda mini bisa dibuat menggunakan dinamo bekas mobil mainan. Lalu di bagian ujung dinamonya dipasang berupa amplas atau mata gerinda mini.

Sebelum melakukan proses pengukiran, ada baiknya kalau Anda membuat gambar di permukaan acrylic nya terlebih dahulu menggunakan spidol. Apa tujuannya? Hal ini baik supaya Anda mudah dalam proses mengerinda dan mengikuti sesuai jalurnya. Jika sudah, barulah ukir permukaan arcylicnya sesuai dengan pola gambar atau huruf yang Anda inginkan .

3. Merekatkan Lampu LED

Selanjutnya adalah proses merekatkan lampu LED dengan kayu/triplek yang berfungsi sebagai dudukan dari Acrylic.Anda bisa menggunakan bantuan lem tembak untuk merekatkannya. Atau mungkin alat semacamnya yang memiliki daya rekat tahan lama dan kuat.

4. Memasang rangkaian lampu LED ke driver lampu

Beralih ke langkah berikutnya yakni memasang rangkaian lampu LED ke driver lampu. Nah, untuk driver lampuini sendiri adalah sebagai rangkaian elektronik. Anda bisamendapatkannya dengan membeli di toko online atau toko elektronik kepercayaan Anda.

Untuk driver lampu yang digunakan sendiri bukanlah yang mahal. Hanya dengan driver sederhana saja sudah cukup. Maka,hal ini memungkinkan harganya pun pasti tidak akan mahal. Apalagi kalau Anda tertarik untuk merakitnya sendiri.

5. Menyambungkan adaptor dengan lampu Acrylic

Apabila semua langkah yang dipaparkan diatas sudah selesai, Lampu acrylicnya pun sudah terpasang dengan rapi maka langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menyambungkan arus DC yang asalnya dari adaptor atau Catu daya ke rangkaian driver lampu LED tadi. Akhirnya Huruf timbul LED Anda sudah selesai.

Karena sebelumnya yang kita gunakan adalah driver elektronik maka tentu saja warna merah dan biru tadi akan secara otomatis berganti warna. Menarik sekali bukan? Cara ini adalah dasar pembuatan huruf timbul dengan lampu hias LED. Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

C. Tips dan Trik Perawatan :

Jika sebelumnya, Anda sudah yakin bahwa semua peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk membuat lampu LED huruf timbul berkualitas bagus adalah suatu langkah yang bagus. Namun, meskipun kualitas bahan baik, setelah selesai membuatnya Anda perlu harus memperhatikan beberapa faktor lainnya yang bisa membuat LED tidak berfungsi.

Bisa jadi ada beberapa hal yang perlu Anda tambahkan. Namun, tenang saja jenis perawatannya tidaklah sulit untuk dilakukan. Misalnya untuk huruf timbul yang dipasang di ruangan terbuka atau di luar ruangan, maka sebaiknya Anda perlu melengkapinya dengan alat pelindung seperti tudung khusus. Tudung akan menjaga huruf timbul LED dari percikan hujan.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan 2 minggu sekali atau sebulan sekali juga tidak masalah. Hal ini menghindari adanya debu atau kotoran yang menempel. Cukup pembersihan dengan menggunakan washlap lembab saja. Hindari pembersihan menggunakan cairan pembersih.

D. PENUTUP

Inilah informasi lengkap namun singkat mencangkup poin –poin pembuatan tulisan 3D dengan cahaya lampu yang cantik. Tertarik untuk segera membuatnya? Dengan pengetahuan yang saksama dan ketelitian, pasti Anda bisa merancangnya sendiri tanpa harus menggunakan jasa pembuatan huruf timbul LED.

Metode praktis dan sederhana ini cocok untuk Anda yang masih awam atau pemula. Jika tidak mencoba, kita belum tahu hasilnya. Jika Anda kurang yakin, silahkan untuk dapatkan banyak referensi dan sumber terpercaya secara langsung. Terima kasih sudah menyimak, Selamat mencoba dan semoga berhasil.