DIFINMEDIA.COM
Back Home

Inilah Makanan sehat untuk ibu menyusui agar ASI banyak

Sourch Image : www.difinmedia.com

Moment menyusui tidak kalah penting dari moment sewaktu kehamilan. Makan makanan sehat yang bergizi lengkap juga sangatlah penting untuk diterapkan seterusnya. Dalam hal menyusui, ibu perlu menyajikan nutrisi lengkap bagi sang buah hati mulai dari asupan vitamin, mineral dan komposisi sehat yang lainnya. Hal ini juga sebagai cara agar ASI banyak dan mumpuni. 

Makanan yang ibu konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air susu ibu dan beberapa efeknya akan berpengaruh besar juga ke imunitas tubuh. Untuk itu, ibu perlu memperhatikan dengan benar benar menu makanan dan minuman yang baik untuk ibu menyusui setiap harinya. Mulai dari sayur sayuran, buah buahan, ikan, telur, susu dan berbagai jenis makanan lainnya.

Menurut Anda makanan apa saja yang bisa memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu menyusui dan anak? Anda mungkin sudah mengetahui beberapa diantara makanan sehat yang terbaik dikonsumsi ibu menyusui tersebut, namun untuk lebih memvariasikan makanan untuk ibu menyusui, sebagai berikut akan diberikan daftar makanan sehat dan bergizi lengkap untuk ibu. Silahkan disimak.

Inilah Makanan sehat untuk ibu menyusui agar ASI banyak

1. Ikan salmon


Ikan salmon adalah salah satu makanan yang terkenal akan kandungannya yang diperhitungkan cocok dan baik untuk sistem imunitas si bayi. Dari kandungan nutrisinya terdapat kandungan DHA yang sebenarnya dibutuhkan oleh bayi dan ibu, sehingga ibu menyusui perlu mengonsumsi ikan salmon setidaknya dalam kadar 12 ons setiap pekannya. Ikan salmon bisa menghadirkan manfaat tepat yang seharusnya diketahui oleh ibu menyusui.

2. Buah jeruk

Buah apa yang menjadi buah kesukaan ibu selagi menyusui sang buah hati? Nah, salah satu buah yang disarankan sebagai buah yang cocok dan sehat untuk ibu menyusui adalah buah jeruk. Buah yang terkenal dengan rasa manis bercampur asam ini bisa menjadi salah satu asupan penting untuk menjaga kualitas dari air susu ibu atau Asi untuk si anak.

Sebagaimana yang kita ketahui, buah jeruk kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang membuat buah jeruk dapat dipilih untuk mempertahankan asupan nutrisi untuk ibu menyusui. Pengaruh yang dimilikinya baik untuk sistem imunitas anak dan ibu.

3. Beras merah

Pernahkah Anda mengonsumsi beras merah? Tahukah Anda, jenis beras yang satu ini mengandung kalori yang dianggap mampu menjaga sistem imunitas tubuh bagi ibu menyusui. Oleh sebab itu, beras merah umumnya direkomendasikan untuk ibu menyusui karena akan memberikan pengaruh yang baik dalam mempertahankan kualitas ASI.

Ibu bisa mengonsumsi beras merah sebagai pengganti dari beras putih. Jangan khawatir soal rasa, beras merah tidak kalah nikmat disantap bersama lauk pauk loh. Meskipun mungkin Anda tidak terbiasa mengonsumsi beras merah, tetapi Anda akan bisa menikmati cita rasa baru di dalam beras merah lengkap dengan manfaatnya.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau memang masuk dalam daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh semua orang. Terutama bagi ibu saat mengalami masa kehamilan juga menyusui. Sayuran hijau dapat berfungsi dalam mempertahankan dan menjaga ASI dan sistem imunitas tubuh tetap baik. Sayuran hijau apa saja yang dapat dikonsumsi ibu menyusui?
Sayuran hijau umumnya memiliki manfaat yang sangat baik. Namun, untuk ibu menyusui dapat mengomsumsi sayuran seperti brokoli dan bayam atau sayuran lainnya yang mengandung kalsium tinggi. Sebab, kalsium yang terdapat dalam sayuran tersebut dapat diandalkan untuk mencegah berbagai gangguan yang bisa terjadi untuk metabolisme tubuh.

5. Sereal gandum utuh

Sereal gandum utuh adalah makanan berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda sebagai ibu yang sedang menyusui. Makanan satu ini juga penting untuk memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh ibu dan bayi. Makanan sereal gandum utuh ini bisa dijadikan sebagai makanan tambahan atau dikonsumsi setiap hari guna menunjang semua kebutuhan nutrisi ibu.

Apalagi dari segi vitaminnya dan beberapa nutrisi lainnya dalam makanan sereal gandum utuh akan memberikan energi tambahan yang dibutuhkan ibu. Rasanya yang lezat tentu ibu akan menikmati makanan sehat yang satu ini.

6. Telur

Selanjutnya adalah makanan favorit yang umumnya disukai oleh banyak orang adalah telur. Telur memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan selain dari manfaat dikonsumsi secara langsung juga dapat diolah menjadi menu makanan lezat. Telur terkenal sebagai sumber protein yang sangat penting untuk makanan pendamping ibu menyusui.

Ibu perlu mengetahui bahwa kadar DHA dan kandungan asam lemak essensial ASI justru dapat dihasilkan dari mengonsumsi telur secara rutin. Jadi, ibu bisa memasukkan telur sebagai referensi makanan harian yang bisa mencukupi kebutuhan gizi ibu dan anak.

Inilah uraian selengkapnya terkait informasi terbaru deretan makanan bergizi sehat dan bernutrisi lengkap untuk ibu yang masih menyusui. Daftar makanan tersebut tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas ASI supaya lebih banyak dan bagus untuk bayi, namun juga akan sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh sang ibu.

Untuk mendapatkan manfaat dari makanan bergizi tersebut, jangan lupa untuk tetapkan dengan pola hidup sehat lainnya seperti rajin berolahraga, istirahat yang cukup, berfikir positif dan lain sebagainya. Hindari mengonsumsi suatu makanan terlalu banyak atau berlebihan, lebih baik untuk melakukan variasi makanan sehat setiap harinya. Semoga bermanfaat.