DIFINMEDIA.COM
Back Home

Jenis jenis bunga dan cara Penyerbukannya

Sourch Image : www.difinmedia.com
Segala jenis makhluk hidup di bumi memiliki cara tersendiri untuk melangsungkan hidupnya. Seperti halnya bunga yang melakukan penyerbukan sebagai proses reproduksi tumbuhan berbiji. Masing masing bunga beraneka ragam jenis dan macamnya. Dari Jenis jenis bunga inilah yang membuatnya mempunyai cara penyerbukan yang berbeda.

Penyerbukan disebut juga dengan perkembangbiakan secara generatif. Proses ini berlangsung ketika serbuk sari dari sel jantan menempel ke dalam kepala putik dari sel betina sehingga menghasilkan  proses pembuahan. Setiap penyerbukan memiliki ciri –ciri dan contohnya. Umumnya anak –anak sekolah mengambil contoh bunga sepatu yang disertai dengan gambar bagian.

Mempelajari dengan bantuan video, gambar dan skema akan membuat seseorang lebih mengerti proses dan bagian bunga. Sebelum itu, untuk mengenal dan memahami secara jelas dan lengkap bagaimana proses pembuahan pada bunga bisa terjadi? Mari kita simak materi singkat cara –cara penyerbukan dan contohnya.

A. Berdasarkan Perantara

1. Penyerbukan melalui angin/Anemogami

Anemogami adalah penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan dengan adanya bantuan angin.Pada proses ini angin akan meniup serbuk sari sehingga akhirnya terlepas dari tangkainya. Selanjutnya serbuk sari tersebut masuk dalam kepala putik. Ciri –ciri tumbuhan dengan penyerbukan Anemogamimemiliki kekhususan sendiri yaitu :
Mahkota bunga berukuran kecil Tangkai sari yang panjang Warna bunga tidak terlalu mencolok Tidak ada kalenjar madu atau nektar Serbuk sari banyak, berbulu dan ringan Kepala putik berbulu dan besar
Tumbuhan yang memiliki ciri dan karakteristik seperti diatas ada banyak sekali macamnya. Beberapa diantaranya yang kita kenal adalah jagung, kelapa sawit, kelapa, padi dan lan –lain. Tumbuh tumbuhan jenis inilah yang melakukan penyerbukan dengan bantuan angin atau Anemogami.

2. Penyerbukan melalui bantuan hewan/Zoidiogami

Zoidiogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan adanya bantuan hewan sebagai perantaranya. Hewan yang turut membantu penyerbukan ini umumnya adalah lebah, serangga kupu –kupu, kelelawar, burung dan bekicot.

Adapun penyerbukan bunga dengan perantara hewan adalah sebagai berikut :
Penyerbukan melalui serangga/Entomifili Penyerbukan melalui Kelelawar/Kiroterofili Penyerbukan melalui Burung/Ornitofili Penyerbukan melalui Siput/Malakofili
Sedangkan ciri ciri bunga yang membedakannya adalah sebagai berikut :
Mahkota bunga berukuran besar Warna mahkota begitu mencolok Mempunyai bau harum atau khas Mempunyai Kalenjar Madu/Nektar Memiliki banyak warna sebagai daya tarik Putik tersenbunyi dan ada lendir
Anda juga bisa melihat beberapa contoh GAMBAR BUNGA yang lebih menarik dari proses penyerbukan hewan tersebut.

3. Penyerbukan melalui bantuan air/Hidrogami

Hidrogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan air sebagai perantaranya. Beberapa tumbuhan tertentu memang hanya bisa melakukan penyerbukan dengan air. Dewasa ini, air yang kerap membantu dalam penyerbukan adalah air hujan.

Proses ini terjadi ketika air hujan turun dan merontokkan serbuk sari dan membantunya mendekati kepala putik. Penyerbukan Hidrogamiini memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan yang lain. Sedangkan untuk contoh tumbuhannya adalah Hydrilia dan ganggang.

4. Penyerbukan melalui bantuan manusia/Antropogami

Antropogamiadalah penyerbukan yang mempunyai kedudukan dan letak organela bunga yang tidak bisa memungkinkan terjadinya penyerbukan melalui hewan, angin dan air sebagaimana yang kita sudah bahas sebelumnya. Namun, penyerbukan Antropogami hanya bisa dilakukan dengan bantuan manusia. Ciri –ciri tumbuhan atau jenis bunga dengan Antropogami adalah sebagai berikut :
Mempunyai serbuk sari dan kepala putik yang bukan bunga tunggal atau tidak dalam satu duduk bunga. Kepala putik tertutup sehingga tidak memungkinkan serbuk sari bisa masuk Serbuk sari yang sulit rontok
Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan Antropogami ini adalah Salak, vanili, semangka dan buah naga. Umumnya penyerbukan dengan bantuan manusia ini diberlakukan untuk mengoptimalkan terjadinya pembuahan. Tumbuhan buah yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak.

Catatan :

Diantara jenis penyerbukan diatas yang sudah disebutkan, penyerbukan melalui angin dan hewan adalah penyerbukan yang biasa terjadi atau paling sering terjadi. Keduanya memungkinkan pada jenis tumbuhan yang sama. Sedangkan untuk penyerbukan khusus adalah dengan bantuan hewan yang meliputi mawar, kenangan, sepatu, melati dan lain- lain.

Baca Juga :
Cara buat Bunga dari Sedotan  9 Tanaman Pengusir Nyamuk ampuh  5 Tanaman dalam Ruangan dengan banyak Manfaat
Anda bisa melihat banyak contoh dan jenis tumbuhan lainnya dalam lingkungan sekitar Anda. Jika Anda perhatikan suatu bunga lebih sering dihinggapi serangga, kupu –kupu atau lebah, ini berarti tumbuhan tersebut adalah termasuk tumbuhan dengan penyerbukan melalui bantuan hewan.

B. Berdasarkan Asal Serbuk Sari

1. Penyerbukan sendiri/Autogami

Penyerbukan Autogami merupakan penyerbukan pada suatu bunga yang memiliki kriteria asal serbuk sari dari bunga itu sendiri. Umumnya karena sebab itulah maka penyerbukan ini tidak memungkinkan untuk menghasilkan keturunan yang bervariasi.

Selain itu, ciri yang paling menonjol dari penyerbukan sendiri atau Autogamiadalah terdapat pada bunga yang termasuk dalam bunga sempurna atau Hermaprodit dengan kelamin betina dan jantan di satu bunga saja. Sedangkan untuk contoh jenis bunganya adalah bunga sepatu, turi, telang dan lain sebagainya.

2. Penyerbukan Tetangga/Geitonogami

Penyerbukan Geitonogami adalah penyerbukan dengan suatu bunga yang serbuk sarinya adalah berasal dari bunga lain. Maka, cocok jika namanya disebut dengan istilah penyerbukan tetangga karena disini bunga jantan dan bunga  betina tidak berada dalam satu bunga saja. Contoh jenis tumbuhan dengan penyerbukan ini adalah jagung, kelapa sawit, kelapa dan lain –lain.

3. Penyerbukan Silang/Alogami

Penyerbukan Alogami merupakan penyerbukan dengan proses suatu bunga yang asal serbuk sarinya dari bunga lain yang masih sejenis  Persilangan inilah yang nantinya akan menghasilkan keturunan dengan perpaduan dua sifat dari tumbuhan induknya. Semua jenis bunga bisa melakukan persilangan khususnya dengan bantuan manusia.

4. Penyerbukan bastar/Hybridogamy

Penyerbukan berikutnya adalah bastar atau biasa disebut secara ilmiah hybridogamy. Penyerbukanini terjadi pada suatu bunga dengan serbuk sari berasal dari bunga lain berbeda jenis atau sekurang kurangnya adalah memiliki satu sifat yang berbeda.

Sebagai contoh penyerbukan bastar adalah serbuk sari pada buah jambu batu berdaging merah yang melakukan penyerbukan putik dari buah jambu batu berdaging putih.

Inilah informasi pengetahuan yang sederhana mencangkup jenis penyerbukan lengkap nama biologinya. Referensi lain berupa video tutorial penyerbukan, skema langkah langkah penyerbukan ini bisa Anda temukan di banyak buku pelajaran, website tertentu dan video Youtube.

Dengan pengetahuan ini Anda dimungkinkan bisa bernalar dan memiliki pemahaman akan alam. Ini adalah salah satu pelajaran biologi dasar, tidak jarang soal –soal ujian juga menghadirkan teori tentang ini. Jadi, terus perluas pengetahuan Anda, selamat belajar dan semoga sukses.