DIFINMEDIA.COM
Back Home

15 Jenis bunga Mawar dan artinya

Sourch Image : www.difinmedia.com
Bunga Mawar adalah salah satu jenis bunga yang amat cantik nan indah. Biasanya menggambarkan perasaan romantis untuk seorang kekasih, pacar, suami atau istri. Sebenarnya tak banyak orang tahu tentang macam macam bunga mawar. Namun, kesempatan kali ini kita akan cari tahu tentang jenis bunga mawar lengkap makna dan artinya.

Berbagai penulis terkenal kerap menggunakan istilah “bunga mawar” untuk setiap penulisan buku puitis mereka. Ada yang mengartikan mulai dari segi jumlah tangkai, durinya, harum semerbabnya atau warna warni pada bunga mawar. Dari situlah timbul banyak filosofi tentang bunga berduri tersebut. Bunga mawar sendiri memiliki nama yang beragam dipengaruhi oleh asal tempat dan musimnya.

Tertarik untuk tahu lebih banyak seputar bunga mawar ini? Khususnya berbagai ciri khasnya masing –masing? Mana bunga yang paling harum? Atau mana yang lebih menggambarkan perasaan sukacita dan kegembiraan? Umumnya, informasi ini penting ketika Anda berniat memberikan setangkai bunga mawar kepada orang yang spesial.

Seringkali warna dan karakteristik nya sangat cocok untuk perayaan dan tujuan tertentu. Entah ditujukan kepada sahabat, pacar, keluarga atau bahkan orang tua. Yang lain lagi memberikan bunga mawar untuk memperlihatkan perasaan sedih yang mendalam atau bahkan sebaliknya. Untuk itu, mari kita ulas selengkapnya pada uraian berikut ini.

Jenis jenis bunga Mawar dan artinya

1. Bunga Mawar Merah/Sexy Red
   
Bunga Mawar merah adalah yang paling terkenal diantara banyaknya jenis bunga mawar yang lainnya. Biasanya sering sekali dimanfaatkan oleh seorang laki –laki untuk menunjukkan rasa sayang dan cinta kepada kekasihnya. Mengapa demikian?

Tepat, karena bunga mawar merah melambangkan sebuah perasaan sayang dan cinta yang begitu sangat besar. Warna merah pada bunga mawar akan memberikan kesan cinta, keindahan, rasa hormat, romantisme dan juga sebagai lambang yang menggambarkan pujian kepada seseorang yang disayangi.

2. Bunga Mawar Putih/White Avalanche

Mawar putih cocok apabila diberikan untuk seorang teman baik atau yang lebih kenal dengan sebutan “Sahabat”. Tapi, ini juga cocok untuk seorang kekasih. Apa arti dari mawar putih ini? Jenis mawar yang satu ini menggambarkan simbol persahabatan yang sejati, kemurnian hati, cinta yang sejati serta keanggunan.

3. Bunga Mawar merah muda

Selain bunga mawar merah yang populer, bunga mawar merah muda juga tak kalah menariknya. Dari segi warnanya adalah melambangkan kebahagiaan, penghormatan, kelembutan dan pujian bagi seseorang yang dituju. Dalam suatu daerah, biasanya bisa ditemui mawar merah muda dengan sedikit perbedaaan.

Baca Juga :
Jenis Bunga dan cara Penyerbukannya  Nyamuk menjauh dengan Tanaman ini  Manfaat Tanaman dalam Rumah
Misalnya ada warna merah muda pucat atau pink universe dan pink mirip sweet avalanche yang dapat menggambarkan sebuah ungkapan kekaguman. Ada juga warna merah muda yang lebih tua/revival yang bisa mengartikan rasa terima kasih kepada seseorang.

4. Bunga Mawar kuning/Mohana

Ada yang mengira bahwa mawar kuning digunakan sebagai lambang rasa benci dan kecemburuan. Namun, pada kenyataannya tidak demikian, bunga mawar kuning lebih tepatnya mengartikan rasa kegembiraan, kekeluargaan, keceriaan dan persahabatan yang tinggi.

5. Bunga Mawar Hijau

Warna hijau sebagaimana yang kita tahu sangat erat kaitannya dengan alam dan tumbuhan. Inilah juga yang menjadikan bunga mawar hijau melambangkan adanya kesuburan, kesejahteraan dan keharmonisan. Selain itu perdamaian dan ketenangan adalah simbol lainnya pada mawar hijau.

Kalau kita lihat dalam skala yang lebih luas bunga mawar hijau juga bisa diartikan sebagai adanya harapan untuk mewujudkan kehidupan baru di masa depan yang lebih cerah, sejahtera dan kesehatan yang lebih baik.

6. Bunga Mawar Hitam

Salah satu bunga mawar yang tidak begitu populer tapi keberadaannya diakui adalah mawar hitam. Bunga yang satu ini bisa saja mengartikan kebencian dan kegelapan bagi orang –orang. Cocok untuk mengungkapkan ketidaksukaan tanpa kata –kata. Sebagaimana yang kita tahu kebencian pada diri manusia memang ada. Setidaknya kita harus selalu berusaha untuk menyingkirkannya.

Warna hitam pada bunga mawar juga cocok untuk menggambarkan rasa kepedihan, berduka cita dan perubahan besar. Bunga ini termasuk langka karena sebenarnya untuk sekarang ini hanya bisa ditemukan di dalam hutan pedalaman yang rendah akan cahaya matahari.

7. Bunga Mawar Peach

Mawar peach merupakan mawar dengan ciri khasnya sendiri. Kesanya lebih memperlihatkan adanya kehangatan jalinan ikatan, entah itu adalah ikatan persahabatan atau semacamnya. Biasanya sangat cocok untuk mengutarakan perasaan atas pertemanan kepada seorang sahabat.

8. Bunga Mawar Salmon

Pernah melihat mawar salmon sebelumnya? Ya, bunga ini termasuk langka diberbagai tempat. Warna salmon sendiri adalah seperti layaknya bias antara warna merah jambu yang terang kejinggaan. Anda bisa membandingkannya dengan warna ikan salmon. Warna salmon ini memperlihatkan bahwa ada keinginan atau kegembiraan yang tak terlukiskan.

9. Bunga Mawar Orange

Seperti warna perpaduan antara mawar kuning dan merah, mawar oranye adalah salah satu karya Sang Pencipta yang begitu menakjubkan. Bunga mawar yang satu ini begitu cantik ditambah dengan makna nya yang melukiskan jembatan persahabatan oleh warna kuning dan merah.

Kemungkinan memiliki kecocokan akan ekspresi untuk teman tapi mesra. Yang lain lagi bahwa mawar orange lebih menggambarkan daya tarik yang seakan –akan meyiratkan kata “Aku bangga padamu.”

10. Bunga Mawar Cream

Sekilas memang bunga mawar Cream lebih menyerupai seperti mawar putih. Namun, jika dilihat akan terlihat perbedaannya. Makna dan arti di dalamnya pun agak berbeda. Mawar ini tampaknya lebih sesuai untuk mewakili rasa perhatian, pesona, keanggunan dan kepedulian tanpa niat romantis.

11. Bunga Mawar Ungu

Ungu memiliki hubungan yang begitu erat dengan sifat royalti dan kebangsawanan. Oleh sebab itu bunga mawar ungu juga sesuai untuk meyiratkan keindahan yang mempesona, sebagai daya tarik, keagungan dan sebuah kemewahan.

Dalam beberapa situasi pemilihan mawar ungu sangat cocok untuk menghormati seorang atasan, teman makan malam yang profesional dan mewah sampai untuk mengekspresikan cinta yang terpendam atau penuh dengan pemuja rahasia.

12. Bunga Mawar Biru

Bunga bewarna biru seringkali mengartikan akan perasaan yang tidak mudah untuk diungkapkan. Unsur lainnya adalah adanya imajinasi dan misteri. Di lain sisi terdapat juga nilai kesempurnaan dan pesona atau kekaguman. Bunga mawar biru bisa mengekspresikan perasaan tersebut.

Hal ini juga memungkinan pemberian bunga mawar biru kepada cinta pandangan pertama atau cinta yang tak mungkin atau tak terjangkau. Umumnya sangat sulit menemukan bunga mawar biru ini yang tumbuh secara alami.

Sebab, lebih banyak para pengusaha yang menggunakan cairan tertentu untuk mengubah mawar putih menjadi warna biru. Tak heran, bunga mawar biru memang banyak dicari dan Top Seller di moment valentine.

13. Bunga Mawar Jingga

Warna jingga yang cantik dapat Anda bayangkan apabila berpadu dengan sebuah bunga mawar yang harum. Cantik sekali bukan? Dari warna nya, bunga mawar jingga melambangkan adanya ketertarikan, hasrat, kekaguman, gelora cinta yang begitu mendalam.

14. Bunga Mawar Wild Roses

Jenis bunga berikutnya yang tidak kalah cantik dan mengagumkan adalah bunga mawar Wild Roses. Bunga yang satu ini memiliki warna campuran antara merah muda dan putih, namun terdapat bentuk khasnya yang membedakannya dengan jenis bunga mawar yang lainnya.

Pertumbuhannya pun lebih liar dibandingkan dengan mawar yang lainnya. Ini membuat bunga mawar Wild Roses tidak begitu populer di berbagai kalangan. Bentuknya yang simple tetapi bewarna indah sangat cocok menggambarkan kesederhanaan dan keindahan.

15. Bunga Mawar Old Garden Roses

Dari namanya saja sudah cantik apalagi dengan bentuk fisik dari bunganya. Bunga mawar yang satu ini adalah bunga mawar terunik dengan ciri khas bau yang sangat harum. Bunga ini sendiri berasal dari hasil persilangan Hybrird Tea. Bunga ini cocok ditujukan kepada seorang wanita yang spesial karena memberikan kesan cantik, anggun dan kebahagiaan.

Inilah Macam macam nama bunga mawar  yang dibedakan berdasarkan jenis dan warnanya. Setiap bunga memiliki cirinya masing –masing yang membuatnya memiliki kelebihan yang berbeda dengan yang lainnya. Makna dan artinya pun bervariasi, sekarang Anda bisa menyesuaikan sendiri manakah jenis bunga mawar yang menjadi kesukaan dan favorit Anda?

Anda juga bisa mempertimbangkan secara lebih saksama bunga apa yang hendak Anda berikan untuk seseorang berdasarkan makna yang terkandung di dalamnya. Jenis bunga lainnya yang tidak kalah menarik dan mengandung arti mendalam adalah Bunga Melati, Lily, Tulip, Anggrek, Matahari dan masih banyak lagi. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat!