DIFINMEDIA.COM
Back Home

5 Tips merencanakan Liburan Keluarga di akhir tahun

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Liburan keluarga merupakan moment yang selalu dinantikan di setiap akhir tahun dan tahun baru. Suasana kumpul kumpul dari keluarga jauh maupun dekat sangat diharapkan. Dengan demikian, Silahturahmi diantara keluarga pun bisa semakin erat dan hangat. Untuk menciptakan Liburan yang seru dan menyenangkan kita perlu mempersiapkannya. Mulai dari tempat, waktu hingga transportasi dengan pesan tiket kereta argo wilis untuk berbagai tujuan. Selain lebih mudah juga banyak sekali pilihan tempat dan waktunya.

Cerdas dan cermat adalah kunci liburan akhir tahun yang sukses untuk Anda. Cerdas dalam hal apa? Tentu saja menyusun strategi liburan yang rapi dan unik. Sedangkan cermat yang dimaksud adalah mampu memilih hal hal yang bermanfaat untuk liburan dan mengesampingkan yang tidak terlalu penting. Segala upaya untuk menyukseskan rekreasi bersama keluarga mungkin sudah Anda lakukan. Seperti halnya ambil cuti perusahaan dalam kurun waktu tertentu sampai dengan sudah membooking semua fasilitas liburan yang ada.

Semua persiapan untuk liburan tidak akan menjadi sia sia. Liburan kali ini bisa menjadi suatu hal yang berbeda kalau Anda mengikuti trik ampuhnya. Hal hal yang perlu Anda persiapkan jauh di hari keberangkatan ini akan membuat Anda tidak mengalami kesulitan yang fatal atau hal –hal kurang menyenangkan. Apalagi kalau Anda adalah orang yang bertanggung jawab selama liburan, Anda tidak perlu merasa terbebani.

Sebenarnya metode praktis liburan keluarga yang sukses cukup sederhana dan mudah sekali untuk dipraktekkan. Terlebih lagi kalau Anda sudah tahu banyak hal, cukup dengan beberapa poin langkah –langkah mudah Anda bisa berlibur dengan nyaman, tentram dan mengesankan. Siapa sih yang tidak mau memiliki pengalaman liburan yang seru dan murah dari segi biaya? Anda pasti mau bukan? Nah, untuk itu, langsung saja yuk kita simak uraian penjelasan lengkap dan terbarunya di bawah ini.

Tips merencanakan liburan keluarga di akhir tahun

1. Memilih Tempat Wisata atau tempat yang ingin di Kunjungi

Pertama yang perlu Anda fokuskan adalah tujuan liburan. Sebelum mempersiapkan semua hal lainnya, sangat penting untuk tahu tujuan terlebih dahulu. Kalau Anda sudah tahu tujuannya, bukankah akan lebih mudah untuk mempersiapkan hal –hal lainnya? Seperti anggaran biaya, rencana kegiatan, tempat booking tiket, jenis transportasi apa yang hendak dilakukan dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Seperti di kota Yogya, Bali, Kalimantan, Sumatera dan lain –lain.

2. Mempersiapkan Budget dan Anggaran Belanja

Hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi berlibur adalah dana atau angaran sebagai dasar yang sangat penting demi kelancaran liburan Anda. Tidak bisa dipungkiri memang semua hal membutuhkan yang namanya uang, termasuk kegiatan liburan. Disinilah Anda perlu pintar dalam menyusun strategi keuangan yang baik. Bagaimana caranya? Anda peru memikirkan diawal mulai dari biaya penginapan, transportasi, makan, oleh –oleh, tiket masuk tempat wisata, penginapan sampai dengan cemilan atau jajannya.

Baca Juga :
Harga sewa kendaraan Wisata di Jogja 10 Tempat Wisata yang Indah 5 Paket Wisata Bali yang murah
Dengan penyusunan data pengeluaran yang terperinci dan rapi, Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk suatu hal yang tidak perlu atau tidak terlalu penting. Prioritaskan lah hal –hal yang menjadi kebutuhan mutlak Anda. Jika masih memungkinkan, barulah keinginan yang lain bisa di beli. Dengan penyusunan dana juga Anda akan terhindar dari merogoh uang tabungan yang lain atau meminjam uang karena kekurangan modal liburan keluarga.

3. Menyusun Rencana Perjalanan secara urut dan rapi

Tempat tujuan sudah Anda tentukan, dana pun sudah dipersiapkan. Sekarang waktunya Anda menyusun rencana perjalanan atau kegiatan yang ingin Anda dan anggota keluarga lakukan selama rekreasi. Penyusunan rencana ini penting, karena jangan sampai nantinya Anda sampai bingung harus melakukan apa setelah sampai di tempat wisata. Bagaimana cara menyusunnya? Pertama buatlah daftar berupa jadwal yang sudah Anda sesuaikan dengan lama kunjungan Anda di tempat tersebut. Misalnya mungkin Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu acara, event atau festival apa yang sedang berlangsung disana selama kunjungan.

Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan satu moment penting pun yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda berencana berkunjung ke suatu tempat selama 3 jam, maka Anda akan membagi kegiatannya seperti di jam pertama waktunya bermain game, jam kedua ngobrol santai, dan jam yang ketiga berfoto ria. Semua rencana kegiatan Anda bisa disusun sesuai dengan kreativitas dan kesukaan Anda.

4. Cari tiket murah secara Online atau Offline
Nah, tips berikutnya supaya pengeluaran Anda bisa ditekan untuk tidak terlalu mahal adalah dengan memantau harganya terlebih dahulu. Bagaimana cara nya? Yaitu dengan melihat penawaran tiket yang termurah. Hal ini bisa Anda lakukan baik secara online maupun offline kok. Sebagai contoh Anda bisa melakukan kunjungan terlebih dahulu acara –acara pemeran travel. Pada moment ini Anda akan melihat banyak agen wisata yang menyediakan paket perjalanan dengan harga terjangkau.

Berbagai harga tentunya berbeda –beda sesuai dengan jauhnya perjalanan dan kebutuhan. Anda juga bisa membandingkan mana kah dari para penyedia jasa ini yang menawarkan harga termurah tetapi failitasnya juga mumpuni. Mencari tiket secara offline ini juga bisa di lakukan melalui OTA (Online travel Agent). Biasanya ada banyak penawaran baru berupa promo, potongan harga dan diskon disitu.

5. Mencari Kamar Hotel Murah

Penginapan juga adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Mengingat tidak semua kualitas hotel atau rumah itu bagus. Anda perlu seleksi mencari hotel murah namun berkualitas baik. Ini semua dilakukan untuk menjamin adanya keamanan selama perjalanan liburan. Kecuali bagi Anda yang memang sudah menyiapkan penginapan dalam satu paket perjalanan, Anda tidak perlu memikirkannya lagi.

Namun, tips yang satu ini berlaku untuk Anda yang ingin mencari penginapan terpisah. Sekarang di Indonesia sudah ada banyak akomodasi besar seperti halnya Airy Rooms yang sudah hadir setidaknya di lebih dari 5.000 kamar tersedia. Selain itu fasilitasnya lengkap mencangkup AC, air hangat, kasur dan sofa nyaman, perlengkapan mandi, air mineral gratis dan masih banyak lagi. Selain karena fasilitasnya yang lengkap, harganya pun bisa di jangkau.

Uraian diatas adalah beberapa saran yang efektif untuk menyukseskan liburan keluarga. Tidak hanya untuk keluarga, tips jitu ini juga bisa Anda terapkan dalam suasana lainnya. Misalnya Liburan bersama sahabat, kerabat dekat, bulan madu/ Honeymoon, gathering, outbond dan team building dan lain sebagainya. Sekarang ini juga sudah banyak aplikasi yang dirancang untuk menemani pekan liburan Anda secara update. Beberapa diantaranya adalah Traveloka, Pegi pegi, Tiket.com, Agoda dan lain lain.

Selain itu, karena era yang semakin canggih Anda juga dimungkinkan untuk sewa paket wisata, sewa mobil, bus kendaraan, paket outing dan lain sebagainya. Mudah sekali bukan? Dengan bantuan para penyedia jasa perjalanan liburan yang berkualitas bagus dan teruji serta Tips yang sudah dijabarkan diatas, niscaya liburan Anda tahun ini akan menjadi liburan akhir tahun dan tahun baru yang berkesan dan lebih hemat. Sekian, semoga bisa bermanfaat dan Selamat berlibur.