DIFINMEDIA.COM
Back Home

Lirik lagu LATHI Jawa dan Terjemahannya

Sourch Image : www.difinmedia.com

Sudah pernah mendengar lagu Lathi jawa? Anda tentu saja sudah pernah mendengarnya. Lagu terbaru yang booming di tahun 2020 ini sukses menjadi populer dikalangan masyarakat. Lagu yang ditulis sendiri sekaligus sebagai penyanyinya adalah Sara Fajira. Dari lirik lagu “Lathi jawa” lengkap terjemahannya tersirat arti dan makna yang cukup mendalam.

Di dalam lagu yang sedang naik daun tersebut, terdapat emosi dari sang penyanyi. Lagu lathi sendiri sebenarnya menceritakan tentang toxic relationship yakni dimana suatu hubungan isinya hanya ego dan kebohongan, meskipun sama sama cinta tapi malah saling menyakiti. Bahasa yang digunakan sendiri adalah bahasa jawa kuno, sehingga membuat banyak para penggemarnya tidak paham padahal menyukai musiknya.

Ingin tahu bagaimana lirik lagu lathi jawa ini dinyanyikan beserta arti terjemahannya terbaru? Dengan mengetahui lirik lagu tersebut, Anda juga akan bisa melihat makna dan arti dari setiap kata kata lagu tersebut seperti apa arti kata “lathi” dalam judul lagu tersebut? Atau bagaimana sejarah atau makna yang tersirat dalam lagu lathi jawa? Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak informasi sebagai berikut.

Lirik lagu lathi jawa dan terjemahannya


Lagu Lathi Jawa ini merupakan perpaduan antara dua bahasa yakni bahasa Inggris dan kemudian bahasa Jawa Kuno. Penyanyi asli dari lagu ini, Sara Fajira mengungkapkan bahwa proses pembuatan syair sendiri yakni pemakaian bahasa Jawa Kuno adalah ditulis sendiri olehnya. Dari mana ia terinspirasi? Yakni dari Pepatah Jawa kuno.

Penggunaan lirik tersebut juga telah mengalami beberapa proses dan berdasarkan atas perbincangan dan kerjasama oleh para personel yang ada di Weird Genius lainnya yakni ada Reza Arap, Gerald Liu, dan Eka Gustiwana. Di suatu wawancara juga Sara Fajira mengungkapkan alasannya memasukkan lirik Bahasa Jawa kuno ke dalam lagu. Baca : Situs penyedia Kunci Gitar lengkap.

Sara Fajira telah memposisikan bahwa dirinya yang menjadi korban dalam lagu tersebut dimana pasangannya lah yang melakukan kekerasan kepadaNya. Bisa Anda tangkap bukan seberapa menyentuh hati dan dalam makna dari lagu lathi jawa? Pesan moral dalam lagu lathi membuatnya lebih istimewa karena tidak hanya berbicara soal cinta saja. Untuk itu coba kita lihat secara langsung lirik dan terjemahannya.

Lirik lagu :

I was born a fool
Broken all the rules, ooh
Seeing all null
Denying all of the truth, ooh

Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn't something we fought for
Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
But one thing you should know

Kowe ra iso mlayu saka kesalahan
Ajining diri ana ing lathi

Pushing through the countless pain
And all I know that this love's a bless and curse

Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn't something we fought for
Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
But one thing you should know

Kowe ra iso mlayu saka kesalahan
Ajining diri ana ing lathi

Terjemahan bahasa Indonesia :

Aku dilahirkan sebagai orang bodoh
Merusak semua aturan
Karena semuanya nol
Menyangkal semua kebenaran

Semuanya telah berubah
Itu semua terjadi karena suatu alasan
Turun dari tahap pertama
Itu bukan sesuatu yang kita perjuangkan

Tak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini
Mengubah diriku begitu dingin dan tak berperasaan
Tapi satu hal yang harus kau ketahui

'Kamu tidak bisa lari dari kesalahan
Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataannya)'

Mendorong rasa sakit yang tak terhitung jumlahnya
Dan yang kutahu, cinta ini adalah berkah dan kutukan

Semuanya telah berubah
Itu semua terjadi karena suatu alasan
Turun dari tahap pertama
Itu bukan sesuatu yang kita perjuangkan

Tak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini
Mengubah diriku begitu dingin dan tak berperasaan
Tapi satu hal yang harus kau ketahui

“Kamu tidak bisa lari dari kesalahan
Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataannya).”

Lagu Lathi jawa ini ramai diperbincangkan dikalangan masyarakat dan tokoh ternama lantaran lagu tersebut dikatakan mempunyai unsur yang mistis. Dengan mengusung etnik etnik budaya dari jawa telah menambah aura mistisnya. Namun, seorang pengamat politik bernama Bens Leo berpendapat bahwa kata lathi berasal dari Jawa yang artinya bibir.

Apabila diartikan makna nya maka berarti seseorang harus punya tanggung jawab dengan apa yang telah diucapkannya tersebut. Menurutnya juga bahwa tidak ada lagu yang dianggap sebagai suatu hal yang mistis. Dan bahwa ini adalah suatu karya dengan pelabelan lagu sebagai suatu unsur yang artistik. Baca : Kumpulan Lirik Lagu Nisa Sabyan.

Demikianlah uraian selengkapnya yang membahas tentang lagu lathi jawa oleh Sara Fajira mulai dari lirik lagunya yang dibahas secara lengkap, lalu membahas sedikit tentang penciptaan lagu tersebut. Dari sini kita dapat mengetahui, bahwa lagu lathi jawa tersebut bukan hanya sekedar diciptakan untuk dinikmati tetapi ada makna dan arti yang bisa dipelajari. Kita juga semakin tahu budaya dan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Menarik sekali bukan?

Sekarang Anda sudah mengetahui apa isi lirik lagu lathi jawa dan beberapa hal yang patut Anda ketahui juga tentang lagu tersebut. Suatu karya lagu luar biasa yang diciptakan dengan mengangkat budaya negara kita, Indonesia. Kita berharap, akan selalu ada karya karya lagu berikutnya yang keren dan bagus untuk dinikmati para penggemar lagu ini. Selamat menikmati dan semoga bermanfaat.