DIFINMEDIA.COM
Back Home

Inilah Mobil ESEMKA dan Harganya

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Produksi dalam negeri memang sudah selayaknya selalu di banggakan. Salah satunya adalah mobil ESEMKA hasil dari penyerapan komponen otomotif oleh anak muda Indonesia. Penasaran kira –kira harga mobil ESEMKA tersebut berapa ya? Apa saja Spesifikasinya? Fasilitas apa yang bisa di dapat? Anda ingin tahu? Inilah informasi seputar Mobil Esemka lengkap daftar harga terbaru.

Sebelum itu, Tahukah Anda? Produk hasil dalam negeri ini tidak kalah canggih dan modern apabila dibandingkan dengan produk luar negeri. Hal ini terlihat dari diresmikannya Mobil Esemka dari Menteri Perhubungan dan mendapat sertifikat Uji Tipe (SUT). Anda mungkin sudah mengenalnya dengan nama mobil Esemka Bima, Esemka Digdaya dan Esemka Borneo.

Keluarnya jenis mobil buatan anak negeri tidak hanya satu model bahkan terdiri dari macam –macam model dengan design yang trendi dan keren. Nah, selanjutnya mari kita review lebih jauh seputar produk dari siswa sekolah kejuruan ini pada uraian penjelasan di bawah ini.

Inilah Mobil ESEMKA dan Harganya

Mobil ESEMKA terbaru yang dirilis pada tanggal 06 September lalu diberi nama Mobil Esemka Bima. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari 110 Juta rupiah. Harga yang ditawarkan bervariasi. Setiap tipe memiliki harganya sendiri. Mobil ini juga memiliki 2 macam varian yakni Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Peresmian dilakukan di Pabrik PT. Solo Manufaktur Kreasi tepatnya berlokasi di Kota Solo, Jawa Tengah selaku tempat pemilik produk mobil Esemka ini atau Principal. Padaacara kegiatan tersebut telah dihadiri oleh para pejabat penting diantaranya ada Presiden Joko Widodo, Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan dan lain sebagainya.

Pada saat ini sendiri PT. SMK ini sudah bekerjasama di lebih dari 30 Industri sebagai penyedia komponen otomotif lokal. Mereka juga sudah siap untuk melakukan persiapan produksi secara masal. Lebih menarik lagi karena Mereka juga sudah mempunyai tanda pendaftaran oleh kementerian perindustrian. Setidaknya ada enam jenis kendaraan roda empat.

Nah, enam jenis apa saja? Empat diantaranya adalah kendaraan jenis pick up single cabin yang sudah diberi nama dengan sebuta “Bima Esemka”. Satu jenis lainnya adalah tipe penumpang double cabin dengan nama “Didgaya Esemka”. Dan satu lagi adalah Tipe kendaraan penumpang minivan dengan sebutan “Borneo Esemka.

Spesifikasi Mobil Esemka terbaru

Mobil anak SMK ini sudah terbukti akan rancangan yang bagus dan mumpuni. Hal ini terlihat dari pengujian pada kinerja kendaraan roda empat tersebut. Dimana pada tahapan ini sudah teruji dengan pengujian uji dimensi, turning radius, speedometer, uji klakson, uji berat, uji lampu, HC Idle, Uji emisi CO dan memenuhi persyaratan teknis.

Selain itu, rincian seputar spesifikasi disebutkan dengan terperinci. Mulai dari kapasitas mesin dengan dua varian yakni 1200 CC dan 1300 CC. Ditambah lagi, khususnya mobil jenis komersil pick up atau kendaraan niaga telah dibekali dengan mesin tipe SOHC atau Single Over Head Camshaft.

Untuk segi bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar bensin. Kapasitas yang tersedia adalah setidaknya ada 40 liter full tank. Sedangkan untuk informasi lainnya seperti suspensi depan, suspensi belakang, daya torsi maksimum dan informasi lainnya terkait dengan mobil ini belum dirilis ke publik umum.

Nah, selain dari kapasitas mesin yang dibedakan menjadi 2 bagian. Perbedaan juga terletak pada kapasitas ruang kargo yang dimilikinya. Seperti halnya dimensi kargo yan akan disematkan pada mobil Esemka bima 1.300 CC tentu saja akan lebih besar apabila dibandingkan dengan kapasitas kargo mobil Esemka dengan 1.200 CC.

Pada oktober 2018 lalu, sebenarnya sudah ada 8 tipe kendaraan yang melakukan pengujian di BPLI-SKB dengan waktu uji yang berbeda. Kedelapan tipe tersebut berhasil lolos dengan Tipe Bima 1.8D(4X2) M/T, Bima 1.3 (4x2) M/T, Digdaya 2.0 (4x2) M/T, Niaga 1.0 (4x2) M/T dan Borneo 2.7D (4X2) M/T.

Sedangkan untuk keluaran yang paling baru adalah Tipe Bima 1.3 L (4X2) MT, Bima 1.0 (4x2) MT dan Garuda 2.4 (4x4) MT. Sebelumnya pada tahun 2016 Esemka sudah mendapatkan ijin produksi mobil di bawah naungan PT Adiperkasa citra lestaru (ACL) dengan PT Solo Manufaktur kreasi.

Inilah informasi singkat terkait teknologi canggih buatan anak bangsa yang tidak kalah bagus dengan buatan luar negeri bukan? Semoga ini adalah langkah awal terwujudnya penerapan teknologi yang lebih canggih untuk anak anak Indonesia kedepannya. Sehingga akan timbul kemandirian dan inovasi baru yang bisa membanggakan.

Baca Juga : growpini.com | Situs berita terupdate dan terpercaya

Mari cintai produk dalam negeri. Kita turut mengapresiasi dan mendukung kaum muda Indonesia untuk terus berkarya. Daripada bangga menggunakan produk luar negeri, lebih bangga lagi lah apabila kita menggunakan produk hasil anak –anak Indonesia. Sekian informasi ini dan semoga bermanfaat!