DIFINMEDIA.COM
Back Home

Panduan cara menulis artikel SEO untuk Pemula

Sourch Image : www.difinmedia.com
Blog adalah salah satu sarana online untuk berbagai kepentingan. Ada blog pribadi dan juga ada blog perusahaan. Jenis jenis blog ini ditentukan dari tujuan penulis. Namun, baik keduanya selalu membutuhkan article untuk diunggah secara rutin. Bukan artikel yang sembarangan melainkan tulisan yang berkualitas sesuai dengan panduan atau kaidah cara menulis artikel yang SEO teruntuk khususnya bagi para pemula.

Bagi seorang blogger pemula, hal ini bisa jadi tidak mudah. Mulai dari belajar memahami istilah kata yang ada dalam blog dan website, teknik penulisan yang baik dan benar, hal hal yang perlu dihindari dan prosedur langkah langkah yang perlu dilakukan untuk membangun sebuah blog yang sukses dan berhasil. Semua hal tersebut merupakan syarat yang perlu dipenuhi untuk memberikan performa yang baik dalam hasil pencarian google.

Oleh sebab itu, tips pertama untuk sukses sebagai penulis blog adalah dengan mengenal istilah dalam blog kemudian cara menulis article yang baik. Hal ini berarti tulisan Anda harus memuat article bahasan yang SEO Friendly atau ramah SEO. Plugin yang digunakan untuk mengelola SEO tidak sepenuhnya membantu. Bagaimanapun kualitas blog  yang Anda kelola sangat dipengaruhi oleh penulisan article Anda.

Nah, cobalah perhatikan panduan lengkap terkait cara menulis article di blog atau website sesuai dengan kaidah penulisan SEO terbaru pada informasi dibawah ini.

Panduan cara menulis article SEO untuk Pemula

1. Menggunakan keyword yang banyak dicari oleh audiens

Sebelum mulai untuk menulis, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu kata kunci atau sering disebut dengan keyword yang banyak dicari oleh pengunjung atau audiens sesuai dengan pembahasan article Anda. Oleh sebab itu, Anda juga perlu diawal untuk memahami siapa audiens Anda atau siapa orang yang membaca blog Anda. Dengan demikian, Anda akan bisa mengetahui keyword dalam mesin pencarian Google.

2. Membuat struktur article

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dibahas adalah membuat struktur article. Tips ini dilakukan sebelum Anda menulis sebuah article. Secara umum struktur article dibagi atas tiga bagian terkenal yakni prolog atau bagian pembuka, isi dan epilog atau bagian penutup kesimpulan. Dengan menentukan bagian tersebut secara urut, Anda tidak akan kesulitan dalam menyusun sebuah article.

3. Pastikan article Anda sesuai dengan kebutuhan pembaca

Tahukah Anda? Pihak google sendiri bisa mengetahui apakah para pengunjung merasa puas atau tidak dengan hasil pencarianya. Hal ini dikarenakan ada beberapa indikator yang diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah berdasarkan seberapa lama audiens membaca article atau apakah audiens membagikannya juga atau tidak.

4. Menggunakan Fokus keyword yang wajar

Sesuai dengan pembahasan dipoin pertama pada pembahasan ini terkait penggunaan keyword atau kata kunci, Anda harus tetap ingat akan satu hal yakni jangan hanya fokus terhadap kata kunci untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google. Hal ini bisa saja terjadi, sehingga tak jarang ditemui kata kunci yang terus diulang ulang atau bahkan penggunaan kata kunci yang berlebihan.

Penggunaan kata kunci yang berlebihan sebenarnya tidak membuat kualitas article Anda menjadi baik malah sebaliknya akan menurunkan kualitas tulisan Anda. Penulisannya juga harus tetap disesuaikan dengan logika manusia dengan memperhatikan teknik SEO.

5. Article harus memuat tulisan layak dibaca

Kegiatan menulis meskipun terlihat mudah bagi kebanyakan orang, sebenarnya tidak demikian. Khususnya bagi para para penulis web dan blog membutuhkan ketelitian yang tinggi agar penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Anda bisa memastikan apakah tulisan Anda layak dibaca atau tidak dengan beberapa cara.

Misalnya Anda bisa meminta bantuan seorang editor untuk memeriksa tulisan Anda. Atau apabila Anda tidak memiliki editor, cukup mintalah bantuan dari orang orang sekitar Anda untuk mengoreksi tulisan Anda lalu tanyakan apakah mereka bisa memahami tulisan Anda atau tidak.

6. Memperhatikan elemen penting dalam blog

Apakah Anda tahu apa saja komponen yang ada di dalam sebuah blog? Kebanyakan para blogger menyebutkan dua komponen yakni terdiri dari kalimat dan juga paragraf. Tetapi sebenarnya dalam sebuah blog ada komponen lain yang perlu Anda perhatikan yakni URL, judul blog serta Heading. Untuk menciptakan tulisan yang berkualitas lengkapilah semua komponen tersebut.

7. Memanfaatkan link internal dan Eksternal

Apa fungsi dari link? Link di dalam article mempunyai fungsi untuk memberikan penjelasan secara lebih lanjut kepada para audiens atau pembaca terkait topik yang ada dalam article. Untuk menulis article berkualitas, Anda bisa memanfaatkan sarana link inernal dan eksternal. Link internal memaksudkan link yang merujuk kepada blog itu sendiri. Sedangkan untuk link eksternal adalah link yang merujuk pada situs selain blog Anda.

Keduanya memiliki peranan masing masing. Link internal akan memungkinkan para audiens akan mengeksplor atau membaca tulisan Anda yang lain. Sedangkan link eksternal akan menyakinkan audiens bahwa sang penulis sebelumnya telah melakukan riset terhadap penulisan article.

8. Optimasi gambar

Supaya para pembaca tidak menjadi bosan, maka tips yang bagus apabila memasukkan gambar ke dalam topik bahasan article. Apalagi jika article yang dibuat begitu panjang, disinilah peran gambar sangat dibutuhkan. Namun, gambar seperti apa yang baik untuk penulisan article? Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk pemilihan gambar yang sesuai.

Beberapa diantaranya yang utama adalah gambar harus dipastikan memiliki nama file dengan fokus kata kunci yang Anda pergunakan, memperkecil size atau ukuran gambar dengan tujuan supaya lebih cepat dan lain sebagainya.

9. Mengunggah konten secara rutin

Setelah memahami berbagai saran praktis sebagai panduan menulis article blog, Anda perlu menerapkannya senantiasa atau secara terus menerus. Jika Anda tidak konsisten dalam menulis blog maka hasilnya akan tidak baik, upaya Anda untuk menulis article berkualitas akan menjadi kesiasiaan. Aktiflah menulis dan menjadi blog yang aktif sebab Google ini sendiri akan memberikan nilai yang lebih kepada blog yang rajin.

10. Menggunakan sudut pandang unik

Dari hanya satu keyword atau kata kunci Anda bisa mengembangkannya menjadi berbagai sudut pandang yang bisa digunakan dengan tujuan mengembangkan fokus keyword tersebut. Umumnya setiap orang mempunyai pandangan yang unik terkait suatu permasalahan. Misalnya, Anda dapat menggunakan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan kata kunci yang dibahas. Ini supaya tulisan Anda akan lebih unik dan berbeda dari yang lain.

Uraian diatas adalah informasi lengkap mengenai pedoman terperinci bagaimana caranya Anda bisa menghasilkan tulisan article yang sesuai dengan teknik SEO update. Mengingat, dari periode ke periode SEO selalu memiliki ketentuan yang diperbaharui, maka hal ini mengharuskan Anda untuk selalu update perihal tips dan trik menulis article yang mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Google.

Sibuk dan tidak sempat buat artikel silahkan gunakan Jasa Penulis Artikel

Karena pihak Google memiliki standarnya sendiri dalam mengurutkan article dalam mesin pencarian. Anda perlu melakukan upaya upaya diatas untuk membuat tulisan article Anda muncul pada halaman pertama dimesin pencarian. Dengan menerapkan tips praktis dan cara sederhana ini akan meningkatkan peluang blog Anda mendapatkan visitor atau traffic yang tinggi secara gratis. Semoga bermanfaat!