DIFINMEDIA.COM
Back Home

Pengertian Fisika menurut Para Ahli

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Istilah “Fisika” Pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga. Khususnya para murid sekolah atau pelajar yang kerap merasa sulit mengerjakan soal soal fisika. Ada yang beranggapan bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran kedua tersulit setelah matematika. Namun, tahukah Anda? Apa itu fisika? Apa definisi nya? Nah, untuk bisa belajar fisika dengan baik setidaknya Anda tahu pengertian Fisika. Bagaimana menurut para ahli?

Perkembangan Fisika membuat banyak tokoh terkemuka dapat menemukan hal hal baru terkait fisika. Tahukah Anda? Fisika sendiri merupakan bagian cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam yang kerap disingkat IPA. Tujuan dan fungsi untuk mempelajarinya sendiri adalah agar mendapatkan produk fisika yang mempunyai sifat khas dan mampu menjelaskan gejala alam yang terjadi.

Contoh konsep fisika yang umum adalah gaya, suhu, massa, momentum, energi, kecepatan dan suhu. Nah dari hukum konsep dan teori yang ada dalam ilmu fisika maka terdapat kemampuan untuk meramalkan suatu kejadian dan menciptakan teknologi baru yang bermanfaat untuk kesejahteraan manusia. Ingin kenal fisika lebih lengkap? Sebagai berikut adalah pendapat para ahli terbaru yang patut Anda simak.

Pengertian Fisika menurut Para Ahli

1. Bambang Ruwanto

Pengertian Fisika menurut para ahli yang pertama adalah Tokoh ternama Bambang Ruwanto. Beliau berpendapat bahwa Fisika memiliki pengertian sebagai bagian dari ilmu dasar atau sains. Fisika juga ialah salah satu ilmu yang fundamental.

2. Gerthsen (1958)

Gerthsen berpendapat bahwa fisika adalah suatu teori yang menerangkan terkait gejala gejala alam dengan begitu sesederhana mungkin serta berusaha untuk menemukan antara kenyataan kenyataannya. Selanjutnya untuk permasalahan dasar yang memecahkan persoalannya yaitu dengan mengamati gejala gejala tersebut.

3. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Selanjutnya menurut KBBI yang adalah kepanjangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ini menyatakan bahwa fisika memiliki pengertian adalah suatu ilmu tentang zat dan energi seperti panas, cahaya, bunyi dan lain sebagainya.

4. Young, Hough D

Young, Hough D berpendapat berbeda lagi dari para ahli yang lainnya. Disini Young, Hough D adalah salah satu ilmu yang termasuk sangat dasar dari antara berbagai ilmu pengetahuan.

5. Brockhaus (1972)

Brockhaus tahun 1972 juga memberikan pendapat tentang pengertian fisika. Menurutnya, fisika adalah sebagai pelajaran mengenai kejadian alam yang memungkinkan percobaan, penelitian, pengukuran yang di dapat, penyajiannya yang sistematis serta berdasarkan peraturan peraturan umum.

6. Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia wikipedia yang  bisa disunting bebas oleh siapa pun melalui jaringan internet. Mereka memberikan penulisan article dengan menggunakan sudut pandang yang netral. Wikipedia memberikan pendapat terkait pengertian dari Fisika.

Baca Juga :
Soal dan Jawaban Termokimia  Soal Psikotest dan Jawabannya  Soal CPNS dan Jawabannya
Dimana fisika merupakan ilmu alam atau sains yang mempelajari soal materi serta gerak dan perilaku dalam ruang lingkup waktu dan ruang bersamaan dengan konsep yang berhubungan dengan energi dan gaya. Sebagai salah satu ilmu sains yang paling mendasar, tujuan utama dari fisika adalah untuk memahami bagaimana alam semesta bisa bekerja.

7. Kusuma (1992 : 24)

Menurut Kusuma, fisika adalah ilmu yang mempelajari terkait adanya gejala gejala alam yang terjadi pada suatu materi ataupun energi yang memiliki massa serta menempati ruang. Kusuma menambahkan bahwa Fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari terkait gejala alam secara menyeluruh atau keseluruhan.

8. Drs. Supiyanto, M. Si.

Seorang tokoh penting dan termasuk dalam golongan para ahli bernama Drs. Supiyanto, M. Si. Memberikan pendapat tentang definisi dari fisika. Menurutnya, fisika memiliki pengertian yakni ilmu fundamental yang telah menjadi suatu tulang punggung dalam ilmu perkembangan ilmu pengetahuan.

9. Deruxes (1986 : 12)

Selanjutnya kita membahas pengertian menurut pendapat Deruxes (1986 : 12). Menurutnya, fisika memiliki definisi yaitu merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang dalam prosesnya berusaha untuk menguraikan dan menjelaskan hukum alam serta adanya kejadian kejadian dalam alam melalui gambaran berdasarkan pemikiran manusia.

10. Mikrajudin

Berikutnya adalah pendapat dari ahli Mikrajudin yang mempunyai anggapan berbeda dari para ahli sebelumnya yang sudah kita bahas. Menurut Mikrajudin, fisika memiliki sebuah pengertian yang sederhana yakni cabang paling utama di dalam ilmu sains. Hal ini dikarenakan berbagai prinsip nya merupakan dasar untuk setiap cabang ilmu alam atau sains yang lainnya.

Lihat Juga : pusatilmupengetahuan.com

Uraian diatas adalah kumpulan informasi yang membahas tentang istilah “Fisika” yang perlu diketahui sebagai bahan pembelajaran yang penting. Apalagi informasi ini dikhususkan bagi Anda yang ingin ahli dalam dunia fisika atau bahkan sudah berkecimpung di dalamnya. Dengan mengetahui secara jelas bagaimana hukum fisika memengaruhi kehidupan? Apa hubungan Fisika dengan IPA? Dan Bagaimana cara kerjanya? Semua jawabannya dapat terangkum di dalam definisinya.

Banyak penemuan teknologi fisika terbaru mulai dari peralatan dalam rumah tangga sampai dengan teknologi penerbangan ruang angkasa adalah salah satu contoh hasil karya nyata dari pengembangan teori dan hukum fisika. Terus dapatkan informasi menarik lainnya seputar pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat.