DIFINMEDIA.COM
Back Home

5 Resep RICA RICA Ayam masakan Jawa

Sourch Image : www.difinmedia.com
Ayam rica rica adalah salah satu khas masakan Jawa yang terkenal. Hampir semua orang menyukai olahan dari bahan utama daging ayam ini. Cara memasak kuliner nusantara ini pun tidaklah sulit, bahkan semua orang bisa memasak hanya dengan panduan resep rica rica ayam saja loh. Tertarik untuk membuat ayam rica rica buatan Anda sendiri?

Bahan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat rica rica bisa dengan mudah kita dapatkan di pasar. Daging rica rica juga tidak harus menggunakan ayam potong. Anda bisa menggunakan daging ayam kampung, mentok, bebek atau bahan pengganti daging lainnya yang tidak kalah lezat. Selain itu olahan makanan enak asal Indonesia ini juga bisa dikreasikan sesuai selera Anda.

Rica rica ayam ada banyak macamnya seperti rica rica ayam pedas manis,  ala rumahan, khas Solo, khas Manado yang sederhana, mudah dan praktis. Jika Anda masih bingung perihal proses pembuatan rica rica ayam, silahkan untuk alihkan perhatian Anda pada aneka resep olahan rica rica di bawah ini.

Resep RICA RICA Ayam masakan Jawa

1. Rica Rica Ayam Jawa

Bahan yang perlu dipersiapkan :
Bawang putih 6 siung yang dicincang halus Minyak goreng 5 sendok makan untuk menggoreng Serai 3 batang yang di memarkan Jeruk nipis 1 buah yang diperas dan di ambil airnya Daun jeruk 5 lembar Daging ayam 1 ekor yang dipotong menjadi 8 bagian
Bahan untuk membuat bumbu :
Bawang merah 10 butir Jahe 5 cm Cabai merah 12 buah Garam 1 sdt Cabai Rawit 10 buah Gula setengah sdt
Bahan Pelengkap :
Dapat disajikan sesuai dengan kreasi Anda. Seperti dengan nasi bungkus, ditambah kemangi atau mentimun.
Cara membuat :
Pertama tama, panaskan terlebih dahulu 5 sendok makan dalam sebuah wajan. Anda bisa menggunakan api dalam kondisi sedang. Selanjutnya, masukkan bawang putih dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum Jangan lupa tambahkan bahan bumbu lainnya seperti daun jeruk, serai, air jeruk nipis dan bumbu lainnya untuk ditumis hingga matang Berikutnya, masukkan daging ayam. Tumis hingga bumbu merata pada setiap bagian ayam Tutup wajan selama beberapa saat hingga rica rica ayam benar benar matang Angkat dan sajikan. Anda bisa mengkreasikan sajian sesuai selera Anda dengan bahan pelengkap seperti nasi bungkus tadi atau kemangi dan mentimun.
2. Rica rica Ayam Pedas Lezat

Bahan yang perlu disiapkan :
Ayam potong setengah kilogram atau sesuai selera dan di rebus Serai 2 batang Daun jeruk 4 lembar Daun salam 3 lembar Lengkuas dan laos
Bahan untuk bumbu halus :
Bawang merah 5 siung Bawang putih 3 siung Lombol besar 1 biji atau sesuai keinginan Lombok besar 4 biji atau sesuai keinginan Kemiri 4 buah Gula pasir dan garam secukupnya Penyedap rasa sesuai kebutuhan
Cara Membuat :
Pertama tama, rebuslah daging ayam yang telah dipotong potong selama 10 hingga 15 menit lamanya. Sambil menunggu ayam matang, buat bumbu halus dengan menghaluskan bahan untuk bumbu halus tadi Selanjutnya, tumis bumbu halus dalam sebuah wajan dan campurkan dengan bumbu cemplung hingga aroma harus terasa. Masukkan ayam yang telah direbus matang ke dalam tumisan Tambahkan air secukupnya sesuai dengan selera Anda Tunggu hingga tumisan rica rica ayam benar benar mendidih Setelah benar benar matang dan bumbu rica rica telah meresap ke daging ayam secara merata, maka angkat dan sajikan.
3. Rica rica Ayam Pedas Manis

Bahan yang perlu dipersiapkan :
Daging ayam setengah ekor yang telah dipotong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera lalu cuci hingga benar benar bersih. Jahe 1 buah yang dipotong sepanjang 2 cm lalu di geprek Kecap manis 1 sdt Serai 1 batang yang sudah digeprek atau memarkan Gula merah 1 buah yang ukurannya bulat kecil atau sesuai selera Minyak goreng secukupnya saja Garam secukupnya Jeruk nipis setengah buah yang diperas dan diambil airnya Air secukupnya
Bahan untuk bumbu halus :
Bawang merah 3 siung Bawang putih 3 siung Kemiri sangrai 3 buah Cabai keriting 250 gram Cabai rawit 100 gram Buah tomat 1 buah ukuran sedang
Cara membuat :
Pertama tama, siapkan wajan penggorengan untuk memasak daging ayam sampai berubah warna dan matang. Lalu sisihkan terlebih dahulu. Kedua, campurkan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai kering, cabai merah, kunyit dan bumbu lainnya yang sudah dihaluskan menjadi bumbu halus Masukkan bumbu halus tersebut ke dalam wajan dengan minyak untuk menumis lalu aduk hingga beberapa saat Tambahkan sedikit air sesuai dengan selera bersama dengan bahan lainnya yakni daun salam, garam dapur, gua merah, merica, jahe dan sereh. Tumis semua bahan tersebut dengan api kecil sambil terus diaduk sampai bumbu merata dan meresap pada daging ayam rica rica tersebut Setelah mengeluarkan aroma bau harum dan dirasa sudah matang, rica rica ayam pedas manis sudah bisa diangkat dan disajikan. Tambahkan irisan tomat serta taburan bawang goreng untuk mempercantik dan memperkaya tampilan rica rica ayam pedas manis.
4. Resep Rica rica Ayam Ceker Ayam

Bahan yang perlu dipersiapkan :
Ceker ayam sesuai kebutuhan Kecap manis secukupnya Gula pasir dan garam halus secukupnya Minyak dan air secukupnya Sereh 2 batang yang diambil batang putihnya saja lalu digeprek Daun jeruk 10 lembar yang sudah dicuci hingga bersih dan diiris Daun salam 2 lembar Bawang putih 2 siung dengan ukuran besar Bawang merah 5 siung dengan ukuran besar Cabai rawit pedas 250 gram yang sebagiannya diuleg Cabai keriting 200 gram Laos atau lengkuas 1 ruas jari Kunyit dan jahe 1 ruas jari Ketumbar 1 sdt Merica bubuk secukupnya.
Cara membuat :
Pertama tama, rebus ceker ayam dalam air mendidih sampai tekstur menjadi empuk Lalu, haluskan cabai kering, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan bahan lainnya dengan cara diuleg Siapkan wajan dengan minyak goreng secukupnya. Selanjutnya masukkan bumbu rica rica yang sudah di uleg tadi. Tumis hingga harum lalu masukkan ceker dan terus tumis hingga terasa bau harum Berikutnya, masukkan daun jeruk, serai, daun salam, yang sudah digeprek. Lalu aduk terus dengan bumbu yang telah ditumis sebeumnya tadi sampai wangi Masukkan ceker ayam serta 1 liter air. Terus aduk hingga bumbu merata dan mendidih Jangan lupa tambahkan kecap manis, garam halus, lada, cabai rawit utuh dan aduk hingga semua benar benar rata. Setelah dirasa bumbu sudah meresap dan kuah menyusut, maka rica rica ceker ayam sudah bisa diangkat dan disajikan.
5. Resep Rica rica Ayam Lada Hitam

Bahan yang perlu dipersiapkan :
Daging ayam 2 kg yang telah dipotong menjadi beberapa bagian Jeruk nipis 1 buah Bawang merah dan bawang putih 5 siung Cabai rawit merah 15 buah Kemiri 2 butir Jahe 1 cm digeprek Lengkuas 1 cm digeprek Sereh 1 batang digeprek Daun jeruk 3 lembar Daun salam 2 lembar Lada hitam dan lada putih secukupnya Gula merah, garam dan sedikit kunyit Air bersih secukupnya
Cara membuat :
Pertama tama bersihkan daging ayam terlebih dahulu dan siram dengan air jeruk nipis Selanjutnya haluskan bumbu rica rica dengan cara diuleg terlebih dahulu kecuali daun salam, jahe, daun jeruk, lengkuas dan serai. Tumis bumbu sampai mengeluarkan aroma harum lalu masukkan daging ayam Tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, jahe serta lengkuas Berikutnya, aduk hingga bumbu merata dan air menyusut serta daging ayam sudah terasa empuk Selesai, rica rica ayam lada hitam sudah bisa diangkat dan disajikan.
Uraian diatas adalah kumpulan resep yang berisikan langkah langkah pembuatan rica rica ayam dari awal persiapan sampai siap dihidangkan. Anda bisa pilih resep manakah yang ingin Anda sukai dan coba terlebih dahulu sebagai salah satu referensi menu sajian makanan keluarga Anda.

Lihat Juga : Resep Masakan Sederhana

Sajian rica rica ayam juga recommended untuk anak anak. Anda bisa membuat olahan makanan rica rica manis dan tidak pedas. Rasanya yang nikmat sangat cocok disantap disetiap suasana baik sarapan, makan siang ataupun makan malam. Sekian informasi cara membuat rica rica ayam, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.