DIFINMEDIA.COM
Back Home

4 Jenis Rumput Sintetis untuk Teras Rumah

Sourch Image : www.difinmedia.com
Rumput sintetis sering digunakan untuk banyak kebutuhan. Sesuai dengan fungsinya maka jenisnya pun beragam. Mulai dari rumput sintesis untuk teras atau outdoor.  Yang lain lagi memilih untuk keperluan olahraga di lapangan futsal, sepakbola, rugby, tenis, golf, bisbol dan lain lain. Ada juga yang digunakan untuk memperindah aquarium, taman dan masih banyak lagi keperluan lainnya.

Dari pengertiannya, rumput sintetis merupakan permukaan menyerupai rumput alami yang terbuat dari bahan sintetis. Penggunaannya sekarang memang semakin populer karena ada beberapa kelebihan yang ditonjolkan seperti tidak memerlukan media tanah, cuaca atau musim untuk merawatnya. Pemanfaatannya pun cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan rumput alami.

Ada Keunggulan, tentu saja ada kelemahannya. Rumput sintetis harus diberlakukan pembersihan rutin dan ada bahan kimia dari serat sintetis yang berdampak pada lingkungan. Meskipun demikian, kebanyakan orang masih memilihnya sebagai andalan. Variasi nya sendiri akan dibedakan berdasarkan jenis, ukuran dan manfaatnya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan rumput buatan ini, setidaknya Anda perlu tahu ciri –ciri rumput sintetis yang berkualitas bagus, Tips menjaga ketahanan rumput, cara perawatan sampai cara memasang baik di lantai, outdoor, keramik, beton dan lain lain. Nah, untuk informasi lebih lanjut, yuk kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Rumput Sintetis untuk Teras (Outdoor)

Cara memilih Rumput sintetis yang berkualitas bagus adalah sebagai berikut :

1. Perhatikan segi kualitas rumput sintetis

Sebelum pada akhirnya menggunakan produk rumput sintetis, yang terpenting adalah Anda perlu mengenali kualitas dari rumput itu sendiri. Umumnya, memang distributor rumput khususnya akan memberikan kualitas yang terbaik untuk para pelanggan dan pembelinya. Namun, tetap saja mengetahui secara detail informasi dan memeriksa langsung adalah hal yang penting.

Beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan adalah mulai dari tekstur rumput. Kalau diperhatikan rumput buatan yang kurang baik akan memiliki ciri yang keras, kaku, dan tidak lembut apabila disentuh. Selain itu, terdapat juga aroma dan bau yang menyengat dan warna yang cepat memudar.

Ciri ciri lebih spesifik rumput buatan/sintetis yang bagus, yaitu :
Rumput tidak mudah tercabut. Umumnya rumput buatan yang baik pada bagian belakangnya adalah anyaman. Terdapat resapan untuk mengalirkan air. Warna rumput sintetis yang baik akan pudar selama kurun waktu 10-15 tahun atau bahkan lebih. Terdapat flame retardant coating untuk ketahanan terhadap adanya api.
2. Hindari rumput dengan zat berbahaya

Bahan baku yang digunakan untuk membuat rumput buatan tersebut, juga perlu Anda perhatikan. Ketika Anda memilih distributor atau toko cobalah untuk tanyakan terkait bahan baku yang digunakan. Sebisa mungkin, Anda harus memilih jenis rumput yang tidak mengandung bahan berbahaya. Seperti halnya karsinogen.

Baca Juga :
Rumput Sintetis buat Lapangan Futsal  Cara hitung biaya Bangun Rumah  Ide Kreatif dari Kawat dan Batu
Zat karsinogen adalah bahan yang bisa memicu penyakit kanker  karena berbahan dasar dari daur ulang. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui informasi merek rumput sintetis sebelum Anda membeli dan memasangnya. Pastikan bahwa pilihan Anda adalah benar –benar aman dan nyaman.

3. Perhatikan Harga yang masuk akal

Umumnya para pembeli sebelum membeli akan melihat harga atau tarif yang dibanderol. Untuk itu, Anda tidak bisa memilih barang dengan harga murah karena kita tidak tahu bagaimana dengan kualitasnya. Sedangkan apabila dibanderol dengan harga mahal, Anda juga perlu waspada apakah harga tersebut sesuai dengan kualitasnya. Anda bisa keliru jika penjualnya adalah seorang penipu.

Maka untuk berjaga –jaga, cobalah untuk datang ke beberapa toko recommended dan kumpulkan informasi seputar rumput sintetis tersebut. Anda bisa mengobrol dengan sang penjualnya. Jika harga dirasa masuk akal dan sesuai dengan kriteria rumput berkualitas Anda bisa membelinya.

4. Mengukur bidang yang dipasang dengan tepat

Setelah Anda sudah mendapatkan rumput sintetis yang sesuai dengan kriteria pada tiga poin diatas. Maka, selanjutnya Anda perlu tahu cara menentukan pemasangannya. Langkah pertama untuk itu, lihatlah ukuran dan permukaan yang dipasangi oleh rumput buatan tersebut. Tahukah Anda? Rumput sintetis akan lebih mudah terpasang apabila permukaannya rata atau terbuat dari semen.

Untuk merekatkannya ada berbagai cara. Ada yang menggunakan lem kayu atau dengan paku. Pastikan bahwa pemasangannya aman. Apabila menggunakan paku, alangkah lebih baik untuk dipasangi dengan jarak sejauh 30x30 cm. Anda perlu mengukur semua bidang dengan tepat, jika ada kurang atau lebih ini akan mengurangi estetikanya.

5. Lakukan pembersihan pada permukaannya

Langkah berikutnya adalah dengan membersihkan permukaannya. Pastikan lantainya adalah bersih sehingga akan memudahkan dalam proses perekatan dengan lem. Setelah bersih, Anda bisa melakukan pemasangan jika kondisinya sudah benar –benar kering. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dari rumput buatan tersebut juga.

Ketika sudah menempel rumput kelantai, biarkanlah rumput buatan tersebut terhampar dalam kurun waktu 3 -5 jam terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah terjadi pemuaian atau tidak. Apabila dirasa cukup, Anda bisa memaku atau mengelem di bagian sisi –sisinya.

Mengenal Jenis dan Spesifikasi Rumput Sintetis

1. Rumput Sintetis Golf

Jenis rumput yang satu ini merupakan rumput yang biasa disebut juga dengan istilah dumor m-10. Rumput ini setidaknya memiliki tinggi hanya 10 mm. Namun, untuk teksturnya akan terasa lebih lembut dan halus.

Biasanya digunakan untuk membuat lapangan mini golf, taman, landscape, dekorasi dinding dan lain lain. Sedangkan untuk ketahanannya adalah hanya sekitar 9 -11 tahun saja apabila dipergunakan hanya dalam ruangan (indoor). Sedangkan outdoor dapat bertahan hingga 7 -8 tahun.

2. Rumput Sintetis Golf KW

Untuk jenis yang satu ini adalah jenis artificial grass dari bahan plastik. Umumnya memiliki ketinggian sepanjang 10 mm. Kelebihan yang ditawarkan adalah dari segi perawatan yang mudah. Namun, untuk dari segi ketahanan hanya bisa mencapai 7 -8 tahun untuk indoor dan 6-7 tahun untuk outdoor.

3. Rumput Sintetis Jepang

Berikutnya adalah rumput sintetis jepang. Rumput ini terbuat dari bahan monifillament dengan ketinggian 20 mm. Secara kasat mata, jenis yang satu ini sangat menyerupai rumput jepang asli atau rumput hidup.

Biasanya warna dari rumput ini adalah terdapat sisi rumput mati sehingga tidak dominan dengan warna hijau saja yang memperlihatkan sisi seperti alaminya. Rumput ini bisa tahan 11 -12 tahun dalam lokasi dalam ruangan dan 10 -11 tahun jika diluar ruangan.

4. Rumput Sintetis Swiss

Baik digunakan untuk outdoor maupun indoor, rumput jenis ini tetap memperlihatkan kelebihannya yang lebih halus dan memiliki warna yang hijau secara alami. Ciri –ciri lainnya adalah cenderung dengan ketinggian 30 mm.

Meskipun teksturnya lebih lembut, tapi kekuatan dari rumput ini tidak boleh diragukan. Sebab dari segi ketahanan jenis rumput ini sama dengan jenis landscape yang biasa digunakan untuk lapangan sepak bola atau futsal.

Baca Juga : Distributor Rumput Sintetis

Uraian diatas adalah informasi dasar yang perlu Anda ketahui sebelum pada akhirnya memilih untuk menggunakan rumput buatan ini. Berbagai tips dan trik perlu diterapkan untuk menghasilkan rumput sintetis yang awet sesuai keinginan Anda. Harga dan biaya update rumput sintetis bisa Anda cek melalui aplikasi belanja online atau website seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli.com dll.

Dapatkan promo menarik disetiap pembeliannya untuk potongan tarif dan segera buat ide yang inspiratif Anda dengan rumput buatan cantik nan hijau ini. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu setiap pembeliannya kepada Toko yang sudah Anda percayakan dengan dasar pengetahuan diatas . Sekian informasi ini dan terima kasih.