DIFINMEDIA.COM
Back Home

10 Tips memilih Jurusan Kuliah yang tepat sesuai Kepribadian

Sourch Image : www.difinmedia.com
Mastimon.Com - Siswa siswi yang baru lulus biasanya akan merasa dilema terkait jurusan kuliah apa yang sebaiknya mereka ambil di perkuliahan. Umumnya hal tersebut tentunya harus diimbangi dengan minat dan kreativitas seseorang. Setidaknya mereka harus tahu cara dan tips memilih fakultas yang tepat sesuai dengan kepribadian agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

Apalagi sekarang ada banyak sekali study pembelajaran yang menawarkan kesuksesan besar. Tapi kalau tidak sesuai dengan minat dan bakat, tentu saja akan terasa sulit. Akibat paling buruk adalah seseorang akhirnya memutuskan berhenti sebelum mendapatkan gelar sarjana. Karena sebagaimana yang kita tahu kemampuan setiap orang berbeda beda.

Demi mendapatkan program studi jurusan yang pas dan cocok, ada yang berupaya untuk mengisi soal atau tes psikologi. Yang lain lagi tes kecocokan kepribadian dengan jurusan kuliah secara online dan gratis dan lain sebagainya. Nah, untuk bahan pertimbangan Anda, coba lakukan tips ampuh memilih jurusan kuliah yang tepat pada uraian di bawah ini :

Tips memilih Jurusan Kuliah yang tepat sesuai Kepribadian

1. Passion

Hal yang paling utama dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat adalah dari tolak ukur passion atau keinginan dari diri Anda sendiri. Anda pertama tama harus mengetahui apa yang biasanya Anda sukai atau minati di sekolah. Hal tersebutlah yang menjadi kunci awal untuk bisa tahu ke arah mana minat dan bakat Anda perlu dilatih.

Misalnya di mulai dari mata pelajaran yang Anda sukai. Sebagai contoh, Anda lebih suka pelajaran IPA dan gemar akan hitungan. Maka bisa jadi Anda bisa mengarah pada jurusan kedokteran, pertanian, Biokimia, Matematika, Sains, Biokimia, Biologi dan lain sebagainya.

Sedangkan apabila Anda lebih suka pelajaran sosial dan menghapal, maka bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan Komunikasi, Kriminologi, Sosiologi dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya tahap awal untuk mengetahui jurusan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Jangan sampai Anda memilih jurusan yang ternyata bukan kesukaan Anda.

2. Memotivasi Diri

Hal lain yang menjadi faktor terpenting dalam memilih jurusan adalah motivasi diri. Motivasi ini sendiri bisa diartikan sebagai cara untuk mengetahui tujuan utama dalam memilih fakultas tertentu. Tanpa adanya motivasi yang jelas, ini akan membuat Anda tidak nyaman dalam menjalani rutinitas di dunia perkuliahan. Alih alih nanti juga bisa berdampak pada nilai IPK Anda. Maka, usahakan untuk memiliki motivasi diri mengapa Anda memilih jurusan tersebut.

3. Potensi

Kebanyakan orang tidak mengetahui secara jelas kemampuan yang terpendam dalam diri mereka. Padahal kemampuan mereka tersebut bia menjadi prioritas untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang Anda perlu menggali potensi diri sebisa mungkin. Misalnya kalau Anda lebih memiliki potensi dan keahlian dalam menggambar, Anda bisa memilih jurusan seperti sastra, desain dan lain sebagainya.

4. Kepribadian

Tidak bisa dipungkiri setiap anak mempunyai kepribadian yang berbeda beda. Sebenarnya masing masing kepribadian inilah yang mempengaruhi seseorang dalam memilih jurusan. Apa kaitannya? Dengan mengenal kepribadian diri sendiri, Anda akan dengan mudah menentukan fakultas apa yang akan Anda ambil.

Menurut seorang tokoh terkenal bernama John Holland, jenis kepribadian dapat dibagi menjadi 6 macam. Diantaranya adalah Realistis, pemikir, berjiwa seni, penolong, menguasai orang lain, dan terorganizir. Enam kepribadian tersebut lah yang bisa Anda cocokkan dengan tipe fakultas atau jurusan yang akan Anda pilih. Sebagai contoh jika Anda adalah orang yang terorganizir bisa memilih jurusan seperti halnya manajemen.

5. Peluang di Masa Depan

Umumnya ada saja orang orang yang bisa melihat peluang di masa depan. Mereka biasanya bermimpi akan menjadi seperti apa kelak. Peluang tersebut yang biasanya kita sebut dengan cita cita. Sewaktu Anda kecil, mungkin Anda pernah atau sering di tanyain apa cita cita mu? Jawabannya pasti diantaranya kalau tidak dokter, pilot, polisi atau tentara. Namun, setelah dewasa Anda mungkin menyadari bahwa tidak semudah itu.

Baca Juga :
Mata Kuliah Wajib jurusan Keperawatan  Cara memilih Universitas yang tepat 5 Perguruan Tinggi Makasar
Solusinya hanyalah dengan mencari jurusan dengan peluang yang menjanjikan di masa depan. Salah satunya adalah jurusan IT yang semakin di butuhkan seraya dunia semakin canggih. Apalagi sudah banyak perusahaan baru berbasis teknologi mulai menjamur. Bagian administrasi juga tidak kalah menjanjikan di masa depan. Maka mulailah dengan menyeimbangkan antara kemampuan dengan peluang Anda di masa depan ya.

6. Mengetahui Biaya nya

Dari semua hal yang sudah di bahas, satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan untuk jadi bahan pertimbangan adalah mengetahui biaya atau pengeluaran selama pendidikan Anda berlangsung. Hal ini penting supaya nantinya Anda tidak macet karena persoalan biaya yang tidak terbayar. Apabila kemampuan biaya orang tua Anda tidak memadai dengan jurusan yang Anda ambil, sebaiknya pikirkan lebih matang lagi, apakah tetap ingin melanjutkannya.

Meskipun sebenarnya Anda bisa jadi memiliki beasiswa, tapi hal ini tentu saja tidaklah mudah. Oleh sebab itu, pastikan semaksimal lagi untuk menyesuaikan keinginan Anda dengan biaya yang dimiliki orang tua Anda untuk kedepannya. Atau cara lain adalah dengan memikirkan cara mendapatkan uang tambahan dengan bekerja untuk biaya kuliah sehingga bisa meringankan beban orang tua Anda.

7. Konsultasi dengan yang berpengalaman

Jika sampai dengan saat ini Anda masih bingung dan tidak ada sedikit pun pemikiran Anda untuk mengambil jurusan tertentu maka, cobalah untuk meminta bantuan orang lain. Anda bisa mulai mengungkapkan kebingungan dengan orang yang Anda percaya seperti orang tua, guru pembimbing konseling, kakak kelas dan lain sebagainya.

Anda bisa bertanya bagaimana pengalaman mereka terkait cara memilih jurusan yang tepat sampai prospek pekerjaan setelah lulus nanti. Bertanya seperti ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan antara fakta pengalaman yang nyata dengan kemampuan yangAnda miliki.

8. Sesuaikan Jurusan dengan keunggulan Universitas

Tidak semua program kuliah dalam universitas itu seimbang. Universitas dengan ranking tinggi sekalipun bisa jadi mempunyai beberapa fakultas yang tidak begitu unggul. Sebab biasanya hanya ada beberapa jurusan tertentu yang diunggulkan. Nah, apabila Anda memiliki incaran atau tujuan universitas tertentu, maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan bidang atau jurusan yang unggul di universitas itu.

Dengan memperhatikan fakultas yang unggul dalam sebuah universitas akan berdampak baik pada saat pertimbangan penerimaan lowongan kerja. Sebab kualitas jurusan yang diambil akan lebih mengacu pada akreditasi jurusan yang tertera pada situs situs universitas.

9. Membuat 2 Opsi Jurusan terbaik Pilihan Anda

Optimis adalah perasaan yang wajib dimiiki oleh setiap orang. Namun, dalam hal ini seseorang juga harus berpikir realistis atau sesuai pada kenyataan kegagalan yang bisajadi akan dihadapi. Oleh sebab itu, lebih baik untuk menyiapkan minimal 2 jurusan fakultas kampus yang akan Anda pilih. Tujuannya tentu saja untuk menghindari pengangguran akibat tidak lolos seleksi pada universitas pilihan Anda.

10. Jangan Mengikuti orang lain

Memilih jurusan tertentu karena teman Anda memilih jurusan itu juga tidaklah disarankan dalam tips memilih jurusan yang tepat. Pilih lah jurusan atau fakultas sesuai dengan pribadi, potensi, passion dan motivasi Anda. Bukan dengan mengikuti jejak orang lain. Karena sebagaimana yang sudah kita bahas pada potensi dan kepribadian kita masing masing dengan orang lain adalah berbeda.

Lihat Juga : ngeneki.com | Media berbagi informasi terupdate

Uraian diatas adalah beberapa trik jitu untuk menentukan jurusan apa yang akan hendak Anda ambil demi masa depan Anda yang cerah. Memang dalam hal ini ada banyak sekali yang perlu dipertimbangkan, tapi yakinlah dengan niat dan usaha semua akan berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Dengan mempersiapkan diri dan memprioritaskan hal hal tersebut dapat membantu Anda mengambil langkah yang tepat. Mahasiswa yang terampil akan selalu memperhatikan setiap langkahnya. Semoga informasi ini bisa turut membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba.