DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Menghemat Kuota Data Internet di Instagram

Sourch Image : www.difinmedia.com

Instagram adalah aplikasi media sosial favorit untuk saling berbagi foto dan video. Karena kontennya yang menampilkan visual tersebut, maka data internet yang diperlukan menjadi lebih banyak. Bisa dibayangkan jika sering membuka Instagram, maka konsumsi kuota pun menjadi lebih boros.

Berselancar dan mengeksplor feed Instagram memang menyenangkan. Selain bisa menambah wawasan juga bisa menjadi hiburan di kala waktu luang. Terkadang kita menjadi lupa waktu dan lepas kendali. Pernahkan terpikirkan berapa banyak data yang habis hanya untuk membuka Instagram saja?

Rasanya banyak yang tidak sadar bahwa aplikasi Instagram di ponsel berperan penting dalam terkurasnya kuota dalam waktu cepat jika digunakan terlalu sering. Ada baiknya jika kamu mulai mengaktifkan fitur penghemat data agar pengeluaran biaya untuk membeli paket internet bisa berkurang dan hidupmu semakin hemat. Ada beberapa cara yang bisa dicoba dan blog igniel.com akan menjelaskannya dengan rinci.

Daftar isi
1. Aktifkan Fitur Penghemat Data 2. Pembatasan Penggunaan Data di Belakang Layar 3. Aktifkan Fitur Pengingat Waktu

1. Aktifkan Fitur Penghemat Data

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Instagram sendiri yang bernama Use Less Data atau dalam bahasa Indonesia disebut Gunakan Data Lebih Sedikit.

Baca Juga: Sembuyikan Instastory dari Orang yang Tidak Diinginkan

Buka Instagram di ponsel dan pastikan sudah login. Ketuk ikon user di pojok kanan bawah, lalu ketuk lagi ikon garis tiga, terakhir ketuk menu Settings (Pengaturan) di pojok kanan bawah.
Ketuk menu Account (Akun) dan pilih menu Cellular Data Use (Penggunaan Data Seluler)
Aktifkan fitur Data Saver (Penghemat Data) dengan mengetuk atau menggeser ikon yang tersedia sampai berubah menjadi warna biru.
Dan satu lagi nih yang perlu diatur yaitu High Resolution Media (Media Beresolusi Tinggi). Artinya Instagram bertanya, "kapan media dengan resousi tinggi harus ditampilkan?"
Disana terdapat pilihan, apakah akan diaktifkan ketika kamu memakai WiFi Only (WiFi Saja), Cellular + WiFi (Seluler + WiFi), atau Never (Tidak Pernah) alias jangan diaktifkan sama sekali. Untuk semakin menghemat data lebih baik pilih Never. Nantinya semua media seperti foto dan video akan ditampilkan dalam resolusi yang lebih rendah. Namun sepengalaman saya tampilannya sama saja kok, tidak membuat buram sama sekali.

Pembatasan Penggunaan Data di Belakang Layar

Dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah restrict background data. Maksudnya apa sih? Artinya adalah aplikasi akan tetap bekerja di belakang layar meski sedang tidak dibuka. Dia akan tetap memakan data internet untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: MUTE: Sembunyikan Postingan Instagram Orang Lain Tanpa Unfollow

Sering kan mendapatkan notifikasi live Instagram, notifikasi jika ada Direct Message (DM) alias pesan masuk, atau pemberitahuan lain ketika ada yang like atau komen postingan? Nah, itu sebenarnya Instagram sedang bekerja meski aplikasinya sedang tidak dibuka. Dia mengumpulkan data yang keluar masuk dan mengirimkan pemberitahuannya ke ponsel kamu. Dan itu membutuhkan data internet.

Jika ponselmu hidup selama 24 jam terus menerus, maka data akan selalu dikonsumsi. Padahal kamu tidak setiap saat buka Instagram tapi tetap saja kuota berkurang. Untuk menyiasatinya lebih baik aktifkan fitur restrict background data yang sudah pasti ada di semua handphone.

Buka Settings (Pengaturan) smartphone masing-masing dan pergi ke menu Apps (Aplikasi). Cari aplikasi Instagram dan ketuk ikonnya.
Ketuk menu yang bernama Data usage (Penggunaan data) lalu matikan fitur Background data (Data belakang layar) dengan cara mengetuk atau menggeser ikon ke arah kiri.

Kelebihan Kekurangan Jauh lebih menghemat kuota. Data internet akan aktif hanya saat membuka aplikasi. Bisa jadi tidak ada notifikasi yang masuk karena tidak ada data yang mengalir ke aplikasi Instagram. Kamu tidak akan tahu jika ada yang memberikan like / komentar atau DM sampai membuka aplikasi.

Aktifkan Fitur Pengingat Waktu

Ini adalah fitur yang fungsinya untuk memunculkan notifikasi peringatan jika sudah mencapai durasi tertentu saat bermain Instagram. Sangat bermanfaat membantu pengguna agar tidak terlalu membuang waktu dan menghindari kecanduan. Kamu bisa menemukan panduannya di artikel yang berjudul Cara Aktifkan Pengingat Waktu Untuk Membatasi Pemakaian Instagram. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan, maka semakin hemat pula data yang dikeluarkan.

Itu dia artikel lengkap tentang tips mengirit penggunaan kuota data internet saat bermain Instagram. Semua hal yang serba berlebihan memang tidak baik. Oleh sebab itu mari kita kurangi membuka media sosial sedikit demi sedikit dan mulailah menggunakannya untuk hal yang lebih positif. Kebaikan dapat disebar melalui media apapun termasuk Instagram.

Instagram 4 Oleh Igniel