DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Memendekkan URL dengan Nama Custom Sesuai Keinginan

Sourch Image : www.difinmedia.com


Kegiatan memendekkan URL sudah sangat lumrah di internet. Tujuannya agar alamat yang dituju menjadi lebih pendek, mudah dibaca, dan mudah diingat oleh orang lain. Ini penting lho, pengunjung akan malas duluan kalau diberi link yang panjang dan ribet banget penulisannya.

Cara menyingkat URL yang baik haruslah dapat dicustom agar nama dari link pendeknya (shortlink) dapat diubah sesuai keinginan. Bandingkan dua link ini, mana yang lebih menggugah rasa penasaran?

bit.ly/aptx4869
bit.ly/kliksaya


Tentu bit.ly/kliksaya lebih menggelitik, bukan? Linknya pun mudah diingat. Hal ini sangat menguntungkan jika kamu ingin mempromosikan link order untuk online shop, link afiliasi, link blog, dan lain sebagainya.

Tidak semua situs pemendek atau URL shortener menyediakan fitur untuk custom nama alias. Berikut igniel.com tuliskan daftar website penyedia layanan pemendek URL yang link-nya bisa diganti sesuai pilihan sendiri. Situs di bawah adalah yang sering saya pakai untuk kebutuhan pribadi.

Baca Juga: Tool Gratis: Bit.ly Multiple URL Shortener

Bitly

Nama: Bitly | URL Shortener, Custom Branded URLs, API & Link Management Alamat: https://bitly.com Format: bit.ly/alias
Situs ini paling populer di antara layanan sejenis dan penggunanya banyak sekali. Bukan tanpa alasan, ini karena sistemnya sangat baik dan tampilan user interface-nya pun keren banget.

1. Agar bisa dicustom, kamu WAJIB register dulu. Gratis kok. Kalau tidak, link bisa dipendekkan tapi tidak bisa dicustom.

2. Setelah register dan login, klik tombol CREATE.


3. Pada bagian PASTE LONG URL masukkan link panjang yang ingin dipendekkan. Lalu klik tombol CREATE.


4. Sekarang masuk ke proses edit. Pada TITLE tuliskan judul dari halaman yang dipendekkan tadi. Lalu pada CUSTOMIZE tuliskan nama pendek yang diinginkan. Usahakan harus unik agar mengundang rasa penasaran dan klik tombol SAVE jika sudah selesai.


5. Hasilnya bisa dilihat di dashboard. Tersedia pula laporan berapa kali link telah di-klik.



TinyURL

Nama: TinyURL.com - shorten that long URL into a tiny URL Alamat: https://tinyurl.com Format: tinyurl.com/alias
Ini pun menjadi situs favorit untuk mengubah link yang panjang menjadi pendek sesuai keinginan. Tampilannya jauh lebih sederhana dari Bitly (dan terkesan jadul untuk sebagian orang) tapi kemampuannya sama hebat. Kelebihannya adalah pengguna tidak perlu register untuk bisa menikmati fitur custom link. Cara menggunakannya pun sangat mudah!

1. Buka situsnya, masukkan link panjang yang ingin dipendekkan ke kolom Enter a long URL to make tiny.
2. Tuliskan custom link di bagian Custom alias (optional).
3. Terakhir klik tombol Make TinyURL!.


Setelah selesai akan muncul laporan seperti ini.


Baca Juga: Membuat Short URL Otomatis Dengan Google API

s.id

Nama: s.id - World's shortest URL shortener Alamat: https://s.id Format: s.id/alias
Sesuai tagline-nya, situs yang satu ini menjadi salah satu pemendek URL paling pendek di dunia! Ini karena nama domainnya yang hanya 1 huruf saja, yaitu s! Dan dari ekstensi domainnya sudah bisa ditebak kalau situs ini berasal dari negara kita Indonesia tercinta. Keren banget ya karya anak bangsa ini. s.id menjadi favorit saya karena lebih pendek dari yang lainnya dan sudah saya pakai cukup lama.

Kamu wajib register terlebih dulu agar shortlink bisa dicustom sesuai keinginan. Tenang saja, gratis kok. Setelah proses registrasi selesai langsung login ke akun masing-masing.

1. Masukkan link panjang yang ingin dipendekkan ke kolom yang tersedia lalu klik tombol SINGKATKAN.


2. Masuk ke tahap pengaturan. Klik Ganti pada shortlink yang telah dibuat.


3. Tuliskan custom alias yang diinginkan dan klik icon ceklis di sampingnya.


4. Begini hasil akhirnya. Sama seperti Bitly, di dashboard s.id juga terdapat laporan statistik berapa kali link pernah di-klik.



Itu dia tutorial tentang bagaimana cara memendekkan link dan mengubah nama custom sesuai keinginan dengan menggunakan berbagai situs yang berbeda. Memang masih banyak URL shortener lain yang menyediakan fitur ini, tapi saya hanya menuliskan yang sering dipakai saja.
Blogger 10 Oleh Igniel