DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Menghubungkan Status Facebook dan Twitter Satu Sama Lain

Sourch Image : www.difinmedia.com


Hai, balik lagi sama blog Igniel yang sedang berusaha konsisten untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan media sosial. Kali ini kita akan mencoba menggabungkan dua media sosial paling populer di dunia, yaitu Facebook dan Twitter. Dimana ketika satu platform melakukan update status, maka akan otomatis terposting di platform lainnya. Buat pengelola online shop atau yang sedang membangun branding, ini hal yang sangat membantu karena kamu bisa menulis di dua tempat sekaligus hanya dengan satu kali posting. Sehingga pengikut di kedua platform tersebut bisa dijangkau dalam sekali waktu. Sekali dayung, dua pulau terlampaui, yes. Ngomong-ngomong, follow Twitter saya ya @igniel. Saya lebih seneng ngobrol disana.

Ada dua cara yang akan dibahas:
Update status di Facebook atau Fanspage, lalu statusnya otomatis terposting di Twitter. Update status di Twitter, lalu statusnya otomatis terposting di Facebook atau Fanspage.
Keduanya terdengar serupa tapi berbeda. Yang pertama, kamu update statusnya via situs Facebook. Yang kedua, update status atau nge-tweet (berkicau) via situs Twitter. Sebelum penggabungan, pastikan kamu sudah login baik di Facebook maupun Twitter.

1. Cara Update Status Facebook Atau Fanspage Otomatis Terposting Ke Twitter

Buka halaman Facebook to Twitter. Pilih opsi yang pertama, yaitu Link My Profile to Twitter.

Setelahnya, kamu akan dibawa ke halaman untuk mengizinkan aplikasi. Pilih saja Authorize app.

Disana ada pilihan kegiatan post apa saja yang akan otomatis terposting menjadi status Twitter. Kalau maunya cuma ketika update status, centanglah Status Updates saja. Tapi kalau semua kegiatan di Facebook seperti upload foto, video, bikin notes atau events pun terposting, centanglah semua. Ngerti kan maksudnya? Kalau sudah, klik tombol Save Changes.

Itu kalau akun pribadi ya. Gimana kalau maunya Fanspage? Masih di halaman yang sama, scroll kebawah dan ada daftar semua Fanspage yang kamu miliki. Pilih salah satunya dan klik tombol Link to Twitter. Kamu akan dibawa ke halaman izinkan aplikasi lagi. Pilih Authorize app.

Kalau semuanya beres, hasil akhir tampilannya bakal kaya gini.

Sekarang kita test hasilnya. Saya akan update status dari akun pribadi dan Fanspage. Kalau sukses, begini nih penampakannya.

Klik untuk melihat ukuran lebih besar.

2. Cara Update Status Twitter Otomatis Terposting Ke Facebook atau Fanspage

Yang pertama update statusnya dari situs Facebook ya. Sekarang sebaliknya, dari situs Twitter.
Buka halaman Setting Twitter Applications. Di bagian atas langsung ada aplikasi Facebook. Klik tombol Connect to Facebook.

Akan muncul pop-up untuk mengizinkan aplikasi. Allow saja semuanya.

Selesai. Maka ketika kamu nge-tweet akan otomatis terposting ke akun pribadi Facebook. Trus gimana kalau mau disambungkan ke Fanspage? Masih di halaman yang sama, lihat tulisan Allow posting to one of your pages dan klik linknya. Lagi-lagi akan ada pop-up untuk mengizinkan aplikasi.

Setelah akses diizinkan, di pengaturan akan muncul daftar Fanspage yang kamu kelola. Pilih mau disambungkan dengan yang mana.

And that's all, beres deh. Saya coba nge-tweet buat ngetest ya. Seperti khasnya Facebook, di statusnya akan tertulis nama aplikasi yang dipakai.

It's a wrap! Selesai sudah tutorial untuk cara menghubungkan status Facebook dan tweet Twitter otomatis. Inget, follow Twitter saya lho. Linknya ada di awal artikel haha~
Facebook Twitter 0 Oleh Igniel