DIFINMEDIA.COM
Back Home

Mengubah Permalink Blogger yang Sudah Terlanjur Diterbitkan Tanpa Kehilangan Traffic

Sourch Image : www.difinmedia.com


Permanlink adalah singkatan dari permanent link (tautan permanen), yaitu URL dari halaman blog atau website baik itu halaman posting maupun halaman statis. Permalink harus bersifat unik, artinya penamaannya tidak boleh ada yang sama. Sesuai namanya, permalink harusnya permanen dan tidak diubah. Ini karena mesin pencari akan mengindex URL awal dan ketika diganti, maka URL awal tersebut akan berstatus 404 atau tidak ditemukan.

Blogger sudah mempunyai fitur custom permalink yang memungkinkan kita untuk menentukan sendiri penulisannya seperti apa. Terkadang ketika lupa mengaturnya, permalink akan otomatis ter-generate dan malah mengambil kalimat dari paragraf pertama. Ini kurang bagus untuk SEO karena idealnya permalink itu langsung menembak kata kunci dan mewakili keseluruhan isi artikel.



Pasti harus diedit, bukan? Tapi permalink Blogger tidak bisa diganti tuh ketika sudah terlanjur dipublikasikan. Nah lho, terus bagaimana?



Baca Juga: Cara Menghias Halaman Error 404 Page Not Found di Blogger

Tenang, ada caranya kok untuk mengubah URL permalink Blogger yang sudah terlanjut diterbitkan. Ikuti panduannya berikut ini.

1. Buka dashboard Blogger dan pilih artikel yang ingin diganti permalinknya. Klik tulisan Edit yang ada di bawah judul.


2. Klik tombol Revert to draft yang ada di kanan atas.


3. Klik lagi kolom Permalink yang ada di kanan. Sekarang tulisannya sudah bisa diedit, bukan? Pilih Custom Permalink dan ubah sesuai kebutuhan lalu klik tombol Done. Setelah selesai klik tombol Publish agar artikel kembali terpublikasikan.


Sampai disini permalink artikel Blogger sudah terganti. Tapi kamu masih punya pekerjaan lain karena pengunjung masih akan terus mendatangi URL artikel lama. Anggap saja blog kamu ada di posisi teratas dalam hasil pencarian. Dan yang terindex disana masih URL artikel lama. Ketika pengunjung membukanya, maka halaman tersebut tidak akan tersedia. Pengunjung pun kecewa karena informasi yang mereka butuhkan tidak ditemukan dan pergi meninggalkan blog kamu. Belum lagi kalau sudah terlanjur disebarkan ke media sosial.

Mungkin kamu berfikir "ah tinggal buat postingan baru saja deh kalau gitu dan sesuaikan permalinknya dengan yang diinginkan. Isi tulisannya ya tinggal copy paste dari postingan lama". Ini pemikiran yang keliru karena mesin pencari akan menganggapnya sebagai artikel baru dan tidak akan langsung berada di posisi yang sama seperti artikel lama. Bayangkan jika artikel lama yang sudah sudah payah ada di posisi teratas malah dianggap sebagai broken link ketika permalinknya diganti. Disinilah harusnya diberikan pengalihan atau redirect dari artikel lama ke artikel baru agar tidak kehilangan traffic.

Cara Mengganti Permalink Blogger Tanpa Kehilangan Trafik

Solusi aman untuk kasus diatas adalah dengan memberikan redirect 301 yang bersifat permanen dari permalink lama ke permalink baru. Untuk pengaturannya adalah sebagai berikut.
1. Pergi ke menu Settings » Search preferences.
2. Pada Custom Redirects klik Edit.


Baca Juga: Daftar Isi Seperti Table of Contents (TOC) Wikipedia yang SEO Friendly

3. Isikan data yang dibutuhkan. Misalnya URL kamu seperti ini:
Lama:
https://www.domain.com/2018/09/judul-artikel-lama.html

Baru:
https://www.domain.com/2018/09/artikel-baru-seo-friendly.html

Tulis dari yang diwarnai saja ya. Nama domain utama tidak usah ikut ditulis.

From: URL artikel lama.
To: URL artikel baru yang sudah diedit permalinknya.
Permanent: centang
Setelahnya klik tulisan Save.


4. Klik tombol Save changes agar pengaturannya tersimpan.


Semuanya sudah selesai. Sekarang jika ada yang mengunjungi URL artikel lama akan otomatis dialihkan ke URL artikel baru dengan aman dan tanpa menyalahi aturan karena sudah SEO friendly. Harap teliti dalam menentukan custom permalink Blogger agar nantinya tidak perlu repot diedit lagi.
Blogger 19 Oleh Igniel