DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Daftar Dan Membuat Facebook Instant Articles Untuk Wordpress Self Hosted

Sourch Image : www.difinmedia.com


Jika di artikel sebelumnya sudah dijelaskan buka-bukaan tentang cara membuat Instant Articles Facebook di Blogger, maka artikel kali ini akan membahas cara daftar dan membuat Instant Articles Facebook untuk Wordpress. Saya tekankan, ini untuk self-hosted Wordpress.org ya, yang proses installnya dilakukan sendiri dan butuh hosting sendiri pula. Bukan untuk versi gratisnya yang dari Wordpress.com. Dan sebelum mempraktekan tutorial ini, saya sangat menyarankan untuk membaca pengertian Instant Articles dan Audience Network biar nggak bingung. Ternyata banyak yang tergiur pengen nyari dollar dari Facebook tapi masih bertanya-tanya, "Itu apaan sih? Cara pakenya gimana?" Makanya jangan males baca, okay.

Cara Setting Facebook Instant Articles Di Wordpress

Biar gampang cek hasilnya, install dulu aplikasi resmi Facebook dan Pages Manager di Android atau iOS masing-masing.

Instant Articles hanya akan terbuka di aplikasi Facebook dan Pages Manager versi smartphone saja. Instant Articles hanya tersedia di perangkat iPhone and Android. Software yang dibutuhkan adalah Facebook for iPhone Versi 30.0 dan OS iOS 7.0 ke atas, atau Facebook for Android Versi 57 dan OS Jelly Bean keatas.
1. Setting Fanspage 2. Install Wordpress 3. Install Plugin 4. Verifikasi Blog 5. Upload Logo 6. Setting Plugin 7. Setting Artikel 8. Submit dan Ajukan Review 9. Terbitkan Artikel 10. Monetasi Dengan Audience Network

1. Setting Fanspage

Pastikan sudah mempunyai Fanspage. Kalau belum punya, ikuti panduannya di cara membuat Fanpage (halaman) Facebook. Sudah punya Fanspage? Oke lanjut! Untuk mengaktifkan tools Instant Articles, daftar dulu di https://instantarticles.fb.com dan klik tombol Sign Up. Setelahnya, pilih Fanspage mana yang akan dibuatkan Instant Articlesnya.

Buka Fanspage yang sudah dipilih dan masuk ke menu Publishing Tools » Instant Articles » Configuration » Connect Your Site » Authorize your site.

Disana ada tulisan WordPress plugin users. Simpan angka yang muncul untuk dicopy ke plugin nanti.

2. Install Wordpress

Secara garis besar, langkah-langkahnya antara lain:
Unduh file WordPress. Upload file WordPress ke akun hosting. Buat database MySQL dan tetapkan user. Lakukan konfigurasi WordPress menggunakan panduan penginstallan.
Diatas adalah cara manual untuk setup Wordpress. Kebayang kan kalau mau bikin 100 website, berarti harus melakukan cara diatas sebanyak 100 kali. Tapi ada kok beberapa tempat hosting yang memiliki fasilitas untuk menginstall Wordpress secara otomatis dengan menggunakan auto installer. Cuma beberapa kali klik, website kamu sudah bisa berjalan dan diakses dengan baik. Salah satunya adalah perusahaan web premium bernama Hostinger. Sebagai Blogger, nama itu tentu sudah familiar, bukan? Kamu bisa baca petunjuk instalasinya di tutorial cara install Wordpress dari Hostinger. Cuma 5 menit saja kok untuk membuat website dengan platform Wordpress menggunakan fitur auto installer yang keren banget itu.

3. Install Plugin

Kita akan menggunakan plugin agar proses daftar dan install Instant Articles Facebook untuk Wordpress lebih gampang, nggak ribet kaya Blogspot. Plugin yang digunakan adalah "Instant Articles for WP".

Pada halaman admin Wordpress, masuk ke menu Plugins » Add New. Masukan kata kunci instant articles di kolom pencarian. Setelah ketemu, klik aja tombol Install Now. Ketika proses install selesai, jangan lupa aktifkan dengan klik tombol Activate.

Kalau mau install manual, kamu bisa download di https://wordpress.org/plugins/fb-instant-articles.

Klik untuk melihat ukuran lebih besar.


4. Verifikasi Blog

Sekarang di sidebar halaman admin Wordpress sudah muncul menu baru yang bernama Instant Articles. Buka menunya dan tulis ID Fanspage yang sudah didapatkan di langkah nomor satu ke kolom isian Facebook Page ID. Setelahnya, simpan pengaturan dengan scroll halaman sampai kebawah dan klik tombol Save changes.

Buka kembali halaman Facebook. Di bagian bawah Connect Your Site, masukkan URL blog kamu dan klik tombol Claim URL.

5. Upload Logo

Logonya setting diawal aja biar nanti nggak ribet lagi. Ditambah, nanti akan muncul pesan error kalau kamu belum upload logo.
Buka Fanpage dan masuk ke menu pengaturan Instant Articles. Klik submenu Configuration dan scroll kebawah sampai bagian Styles. Klik tulisan default.

Pilih Logo lalu klik tombol Choose Logo. Pilih deh logonya. Gambar harus berekstensi .PNG dengan background yang transparan. Ukuran dimensi minimalnya adalah 690 x 132 pixels. Setelahnya, klik Save di pojok kanan atas.

Klik untuk melihat ukuran lebih besar.

6. Setting Plugin

Pada menu plugin Instant Articles di Wordpress, scroll kebawah sampai ke bagian Publishing Settings. Centang 3 pilihan ini: Transformation warnings, Likes, dan Comments. Scroll lagi sampai mentok kebawah trus klik tombol Save changes biar pengaturannya tersimpan.


7. Setting Artikel

Kembali ke pengaturan Instant Articles di Fanspage. Di bagian Tools, pilih Production RSS Feed dan masukkan alamat RSS Feed ini:
https://www.igniel.com/feed/instant-articles
Ganti https://www.igniel.com dengan alamat blog masing-masing. Kalau sudah, klik tombol Save.

Masuk ke submenu Production Articles dan lihatlah! Artikel yang sudah dipublish di Wordpress akan otomatis masuk kesana. Tapi biasanya nggak masuk semua sih, dan itu wajar banget. Beda sama Blogger yang biasanya muncul banyak icon error setelah diimport, di Wordpress ini nggak muncul error sama sekali lho. Enak banget kan. Oya, jumlah artikel awal harus minimal 10 agar bisa mengajukan review. Kalau kurang, tinggal nulis lagi di Wordpress.

8. Submit dan Ajukan Review

Setelah punya 10 artikel, kamu sudah bisa mengajukan review. Masuk ke submenu Configuration lalu klik tombol Submit for Review. Prosesnya memakan waktu 3-5 hari kerja.


Selama masa review, rajin-rajinlah mengecek halaman Configuration ini karena kamu nggak bakal terima notifikasi jika prosesnya diterima atau ditolak. Berdasarkan pengalaman pribadi, prosesnya lebih cepat yaitu satu hari.

Kalau diterima, tampilannya kaya gini.


9. Terbitkan Artikel

Jika permintaan diterima, kamu sudah bisa menerbitkan artikel. Caranya:
Masuk ke submenu Production Articles. Centang kotak checkbox yang ada di paling atas tabel agar artikel terpilih semua. Pada tombol Actions, pilih Publish.
Klik untuk melihat ukuran lebih besar.

10. Monetasi Dengan Audience Network

Setelah artikel berstatus "Live" dan dapat tayang dengan sempurna, kamu mulai bisa menghasilkan dollar dari Instant Articles dengan memonetasinya menggunakan Audience Network. Soal ini ada di pembahasan lanjutan, yaitu di artikel Cara Pasang Iklan Audience Network Di Instant Articles Untuk Wordpress. Harap baca dengan gembira ya. Dan tetap pelajari tutorial daftar dan setting Facebook Instant Articles untuk Wordpress diatas. Cheers!

https://developers.facebook.com/docs/instant-articles/wordpress-quickstart
Blogger Facebook Instant Articles 10 Oleh Igniel