DIFINMEDIA.COM
Back Home

UPDATE! Jenis Iklan Teks / Link AdSense Resmi Dihilangkan

Sourch Image : www.difinmedia.com

Google melakukan beberapa pembaruan terkini pada unit iklan AdSense di bulan April 2019 lalu. Selain tampilan halaman situsnya yang berganti, yang mejadi sorotan adalah hilangnya jenis iklan teks / link. Perubahannya sudah cukup lama tapi saya baru mendapatkannya sekarang dan semua publisher AdSense akan mendapatkannya secara bertahap. Tapi jika kamu membuat akun baru dan berhasil approve, maka tampilannya akan langsung berubah ke versi baru.

Berikut saya rangkum beberapa point penting dari pembaruan tersebut.

Jika dulu menunya bernama Iklan teks & display (Text & display ads), maka sekarang keduanya digabung dan berganti nama menjadi Iklan display (Display ads) saja. Tampilan iklan akan dioptimalkan oleh Google secara otomatis.


Karena iklan display dan iklan teks sudah disatukan, iklan yang tampil di blog akan random. Bisa jadi display saja, bisa jadi teks saja. -- belum pasti --

Format iklan akan lebih kaya dan berbobot, artinya bisa jadi iklan display akan lebih banyak muncul dibanding iklan teks. -- belum pasti --

Ukuran iklan akan berperilaku responsif secara default dan mengikuti ukuran semua layar. Ini bagus karena tidak perlu repot-repot mengaturnya seperti dulu. Tapi pemilihan iklan berukuran tetap masih ada kok.

Jika belum mendapatkan update ini, kamu masih bisa memilih iklan teks saja atau iklan display saja. Namun sudah dipastikan akan dihilangkan secara bertahap pada semua akun.

Sayang banget sih karena buat saya pribadi, unit iklan yang paling banyak mengundang klik berasal dari iklan teks. Iklan display malah sedikit karena pengunjung pasti sudah tahu bahwa itu iklan, jadi tidak digubris sedikitpun. Semoga tidak berdampak terlalu signifikan pada penghasilan.

Baca Juga: Memasang Banyak Iklan Sekaligus di Dalam Postingan

Selain itu masih ada beberapa pembaruan lain yang tidak kalah penting, diantaranya:

Script iklan akan sepenuhnya menjadi async (asinkron). Pilihan untuk membuatnya sync (sinkron) akan dihilangkan. Yang ini juga bagus, karena pemanggilan script secara async akan lebih meringankan halaman. Jika iklan tidak muncul di blog, sebagai gantinya akan menampilkan ruang kosong atau ruang tersebut akan diciutkan otomatis (menghilang). Jika setelan kamu saat ini adalah warna atau URL lain, setelah tersebut akan diperbarui secara bertahap dalam waktu dekat. Fitur eksperimen akan dihilangkan.
https://support.google.com/adsense/answer/9193354?hl=id
AdSense 28 Oleh Igniel