DIFINMEDIA.COM
Back Home

Mengubah Akun Pribadi Instagram Menjadi Akun Bisnis

Sourch Image : www.difinmedia.com


Pada bulan Juni 2016, Instagram meluncurkan sebuah fitur baru bernama Instagram Business Tool. Fitur ini dapat mengubah profil Instagram pribadi menjadi profil bisnis. Kalau diibaratkan, profil bisnis itu seperti Fanspage di Facebook (efek akusisi?). Dimana Instagram memberikan fitur lebih banyak sehingga kita lebih leluasa dalam mengelola bisnis.

Siapa yang bisa mencoba akun profil bisnis Instagram ini? Semua orang bisa. Online shop, public figure, penulis, politikus, atlet, pokoknya siapapun bisa kok. Bahkan kalau kamu yang isi Instagramnya cuma foto pribadi pun bisa pakai kalau memang mau.

Kenapa patut dicoba? Karena keuntungan profil bisnis Instagram ini lumayan banyak. Diantaranya:
Memiliki tool analytic sendiri. Yaitu laporan insight sehingga kamu bisa menganalisa dan memantau pergerakan traffic bisnis. Memiliki tombol CTA (Calls To Action). Dimana ketika tombol ini di-klik akan langsung menuju ke link yang sudah kamu tetapkan. Data yang diperlukan untuk kepentingan bisnis seperti email, nomor telepon, dan email ditampilkan pada halaman depan profil. Maka pengunjung akan langsung mengetahui kemana mereka harus menghubungi kamu. Dan lainnya. Nanti kamu bisa jelajahi sendiri.

Cara Mendapatkan Akun Profil Bisnis Instagram

Gimana? Udah tertarik untuk membuat akun profil bisnis Instagram? Kamu bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu melalui Fanspage Facebook atau langsung melalui Instagram. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

Baca Juga: 5 Aplikasi dan Tools Instagram Marketing untuk Bisnis

1. Melalui Fanspage Facebook

Pergi ke Fanpage, lalu masuk ke menu Settings Pilih submenu Instagram

Login menggunakan username dan password Instagram.

Klik tombol Continue. Lalu jika diminta, isikan data bisnis yang akan ditampilkan di profil Instagram. Setelah selesai, klik tombol Done

Selesai! Dengan begitu saja akun profil bisnis Instagram kamu sudah berhasil dibuat dan bisa digunakan. Buka akun Instagram kamu untuk memastikan.
Jika ingin beralih kembali ke akun pribadi, tinggal klik tombol Disconnected yang ada dibawah halaman tersebut.


2. Melalui Instagram

Buka profil, lalu klik menu yang berada di pojok kanan atas. Pilih menu Switch to Business Profile

Kamu akan diminta memilih Fanpage yang akan disambungkan dengan Instagram Business Tool ini. Setelahnya, isikan data bisnis yang akan ditampilkan di profil Instagram.

Selesai! Kamu telah sukses membuat profil bisnis di Instagram. Perhatikan tampilannya. Berubah, bukan?

Jika ingin kembali beralih ke profil pribadi, cukup pilih menu Switch Back to Personal Account

Baca Juga: 5 Aplikasi dan Tools Instagram Marketing untuk Bisnis

Cara Melihat Insight Instagram Melalui Tool Analytic

Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu keuntungan beralih ke profil bisnis Instagram ini adalah adanya tool analytic. Dia dapat memberikan laporan interaksi yang masuk ke akun kamu. Data tersebut nantinya bisa digunakan dalam bahan strategi marketing. Cara melihat interaksi di Instagram yaitu:
Pilih menu insight yang berupa icon bergaris-garis (lihat gambar). Dan bukan hanya foto, tapi di story pun terdapat insight.

Jika ingin melihat insight foto satu-persatu, kamu tinggal pilih fotonya. Lalu tekan View Insights

Gampang banget kan cara migrate akun profil bisnis di Instagram ini. Buat kamu yang punya toko online atau merasa seorang public figure, buruan deh cobain. Keuntungannya lebih banyak dibanding profil pribadi.
Instagram 0 Oleh Igniel