DIFINMEDIA.COM
Back Home

Merge: Cara Menggabungkan Dua Fanspage Facebook Menjadi Satu

Sourch Image : www.difinmedia.com


Awalnya saya mau hapus beberapa Fanspage yang sudah tidak terlalu aktif. Alasannya: berantakan.
Daripada nganggur, mending dimusnahkan saja. Tapi saya mikir lagi, sayang juga likernya yang sudah dikumpulkan susah payah. Gimana kalo Fanspagenya digabung sama Fanspage lain yang lebih aktif?

Cara Menggabungkan Dua Fanspage Facebook Menjadi Satu

Pastinya ada beberapa kententuan yang harus dipenuhi sebelum proses menggabungkan dua Fanspage Facebook menjadi satu bisa dilakukan. Dikutip dari Pusat Bantuan Facebook, ketentuannya antara lain:
Kamu adalah admin / pengurus pada kedua halaman Fanspage. Kedua Fanspage memiliki nama yang serupa dan mewakilkan hal yang sama.
Misalnya, Fanspage yang pertama bernama Igniel Page yang membahas tentang olahraga. Fanspage yang kedua bernama Igniel Page Dua dan harus membahas tentang olahraga juga. Kalau punya lokasi fisik (toko offline), data alamat di kedua Fanspage harus sama.
Ada ketentuan yang belum terpenuhi? Masalah umum sih biasanya karena nama kedua Fanspage berbeda. Buruan gih ganti namanya biar proses menggabungkan halaman Facebook bisa berjalan lancar dan sukses.

Baca Juga: Migrate: Cara Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage

Langkah-langkah

1. Buka alamat berikut. Tulis saja kalau diminta password.
https://www.facebook.com/pages/merge

2. Kamu akan diminta memilih dua Fanspage yang akan digabung. Kalau sudah memilih, klik tombol Lanjutkan.


3. Ini langkah penting, awas salah pilih. Setelahnya, muncul pilihan Fanspage mana yang akan disimpan. Ingat ya, JANGAN SALAH PILIH. Karena Fanspage yang TIDAK disimpan akan dihapus oleh Facebook kalau proses penggabungan dua Fanspage disetujui. Kalau sudah klik tombol Simpan Halaman.


4. Facebook minta konfirmasi lagi nih soal pilihan kamu. Kalau benar, klik tombol Minta Penggabungan.


Sampai disini permintaan menggabungkan dua Fanspage Facebook menjadi satu telah selesai. Ini tidak berarti hasilnya langsung keluar ya. Facebook akan tetap meninjau permintaan kamu. Jika dirasa memenuhi semua ketentuan, baru kedua Fanspage akan menyatu dan jumlah likernya bertambah. Biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi jika proses ini diterima atau ditolak.

Yang Didapat Dari Hasil Menggabungkan Fanspage?

Kita pakai ilustrasi ya biar gampang.
A = Fanspage yang disimpan (dipertahankan).
B = Fanspage yang digabung (TIDAK dipertahankan).

Fanspage yang sudah digabung tidak bisa dipisahkan lagi. Fanspage B akan dihapus selamanya dari Facebook. Kiriman (wall), foto, ulasan (review), peringkat, dan nama pengguna (username) akan dihapus dari Fanspage B. Liker (penyuka halaman) dan check-in dari Fanspage B akan digabungkan ke dalam Fanspage A. Fanspage A tidak akan berubah. Kecuali ada penambahan jumlah liker dan check-in dari Fanspage B.
Agak ribet memang. Ini karena Facebook tidak mau penggunanya asal gabungin Fanspage demi mengejar banyak liker. Dalam beberapa kasus, ada yang gagal menggabungkan halaman Fanpage Facebook menjadi satu meskipun semua ketentuan sudah dipenuhi. Saya pun pernah mengalami. Mudah-mudahan kamu beruntung. Kalau gagal coba terus, jangan menyerah.

https://www.facebook.com/help/249601088403018
Facebook 41 Oleh Igniel