DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Setting ads.txt AdSense di Blogger

Sourch Image : www.difinmedia.com

Pernahkah kamu mendapatkan pesan error seperti ini ketika membuka dashboard akun AdSense?


Artinya apa sih?
Disana sudah jelas tertulis ya: karena ID publisher AdSense belum dituliskan ke dalam file ads.txt di blog.

Apa Itu ads.txt?

Adalah file di dalam blog yang menjadi tempat untuk menuliskan kode khusus sertifikat penerbitan iklan. Tujuannya untuk memverifikasi bahwa kamu adalah publisher resmi dari akun yang ditampilkan iklannya. Dalam blog berjenis self-hosted seperti Wordpress, file ads.txt harus dibuat dan diupload manual. Sedangkan untuk Blogger (Blogspot) cuma disediakan tempat inputnya saja karena pengguna tidak bisa upload file apapun ke dalam server Blogger.

Fitur ini baru muncul di Januari 2018. Ini perubahan yang sangat bagus dari Blogger. Jika ada orang kurang kerjaan yang memasang kode iklan kamu seenaknya di blog dia untuk kemudian dijahili, maka tidak akan berpengaruh ke akun kamu.

Sebenarnya ads.txt ini tidak dikhususkan untuk iklan Google AdSense. Jaringan iklan lain pun bisa saja meminta publishernya untuk menambahkan kode ads.txt ke Blogger. Kalau kamu kebetulan menjadi publisher dari jaringan iklan lain, tinggal ambil kodenya dan tambahkan ke dalam ads.txt seperti tutorial berikut.


Baca Juga: Setting robots.txt dan Custom Robots Header Tags yang Aman Di Blogger

Tutorial Aktikan ads.txt AdSense di Blogspot

Ambil dulu kode publisher AdSense kamu. Masuk ke dashboard, pergi ke menu Settings » Account » Account information. Disana akan terdapat Publisher ID yang isinya pub-000000000. Simpan dulu kodenya.


Selanjutnya masuk ke dashboard Blogger. Pergi ke menu Settings » Search preferences » Monetization » Custom ads.txt » klik Edit.


Akan muncul menu tambahan. Pada pertanyaan Enable custom ads.txt content? pilih Yes. Tulis kode ini ke kotak yang disediakan.

google.com, pub-000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

- Ganti pub-000000000 dengan kode publisher yang diambil tadi.
- Untuk kode lainnya adalah sertifikat dari AdSense. Jangan diganti!

Baca Juga: Cara Membuat Unit Iklan AdSense Baru

Klik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan.


Cek apakah ads.txt sudah aktif dengan cara buka URL berikut:

https://www.blogkamu.com/ads.txt

Sekian tutorial singkat cara pasang dan aktifkan kode ads.txt di Blogger kali ini. Semoga sukses prakteknya dan iklan tidak blank lagi.

AdSense Blogger 7 Oleh Igniel