DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Hapus Semua Link Aktif di Dalam Postingan

Sourch Image : www.difinmedia.com

Sejujurnya saya nggak ngerti kenapa ada yang mau menghapus semua link di dalam artikel blog. Kalau semuanya mengarah ke luar (external) sih masih bisa dipahami, mungkin biar pengunjung tidak lari setelah klik linknya. Tapi kalau internal link gimana? Itu kan bagus buat SEO.

Yasudalah. Berhubung ini adalah request, jadi saya akan tetap membuat tutorialnya. Apa kamu tahu alasan yang bersangkutan ingin menonaktifkan link? Silakan berikan komentar.


Script Untuk Menghapus Semua URL di Dalam Postingan

Sebelum memakai ini, pastikan kamu memiliki tujuan tertentu dan paham resiko setelah menonaktifkan semua link aktif. Kalau cuma ikut-ikutan mending nggak usah.

Ada dua versi ya, Javascript dan jQuery. PILIH SALAH SATU saja yang lebih disukai. Bisa dipakai baik di Blogger maupun Wordpress. Tinggal sesuaikan saja nama dari id atau class elemen HTMLnya.

Contoh: nama classnya adalah .post-body. Kalau ternyata pada template Blogger atau WordPress kamu berbeda tinggal ganti pakai nama yang dipakai.

/* Remove All Links Inside Posts by igniel.com */
(function ignielRemLinkPost(){
 if (document.querySelector('.post-body')){
  var a = document.querySelectorAll('.post-body a');
  for (var x = 0; x < a.length; x++){
   var b = a[x].text, c = a[x].parentNode, d = document.createElement('span'); d.innerHTML = b;
   a[x].remove();
   c.appendChild(d);
  }
 }
})();

/* Remove All Links Inside Posts by igniel.com */
window.onload = (function ignielRemLinkPost(){
 if ($('.post-body')){
    $('.post-body').find('a').each(function(){
      $(this).contents().unwrap();
    })
 }
});

Selesai. Jika sukses maka semua URL aktif di dalam isi artikel akan hilang dan berubah menjadi teks biasa. Kalau mau yang jelas aman dan jelas tujuannya, pakai saja script hapus link di isi komentar Blogger dan script hapus link di nama author pada komentar Blogger.

Javascript 6 Oleh Igniel