DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) di Blogger Custom Domain

Sourch Image : www.difinmedia.com

Menjelang 2018 ada kabar bahagia buat semua pengguna platform Blogspot dari blogger.com
Mereka melakukan satu update krusial yang ditunggu banyak orang, yaitu disediakannya dukungan HTTPS (SSL) untuk Blogger custom domain (com, net, org, dll).

Loh bukannya dari dulu memang sudah bisa?
Iya. Tapi hanya tersedia kalau masih pakai subdomain bawaan. Misalnya:
https://namablog.blogspot.com
https://akublogger.blogspot.com
Dan lain sebagainya. Sedangkan untuk custom domain belum tersedia.

Di artikel yang lalu saya pernah membahas cara memasang https (SSL) di Blogger custom domain dengan Cloudflare. Disana dijelaskan kalau kamu butuh bantuan dari Cloudflare agar bisa melakukannya. Kali ini berbeda, karena kamu tidak perlu pakai penyedia SSL pihak ketiga manapun. Semuanya murni pakai fitur bawaan dari Blogger. Enak banget kan tidak seribet dulu.


Cara Pasang dan Aktifkan HTTPS (SSL) Pada Blogger Custom Domain

Untuk mengaktifkannya, lakukan beberapa langkah berikut:

Pastikan dulu blog kamu sudah menggunakan custom domain (.com/.net/.org/.id/.dll). Masuk ke alamat ini:
https://draft.blogger.com
Pergi ke menu Settings, lalu submenu Basic Disana akan ada pilihan HTTPS Availability. Pilih Yes. Lalu halaman akan me-reload dengan sendirinya. Artinya settingan sukses.

Tunggu dulu sekitar 5-10 menit agar peringatan ini hilang!

Sudah? Coba reload halamannya. Pilihan HTTPS Redirect akan tersedia. Pilihlah Yes. Ini berfungsi agar semua pengunjung akan otomatis dialihkan ke URL yang sudah diset SSL. Maksudnya, kalau ada pengunjung yang hanya mengetik http://www.igniel.com, maka dia akan otomatis dialihkan ke https://www.igniel.com

Cek lagi address bar browser. Sekarang blog kamu sudah punya ikon gembok warna hijau. Artinya kamu sukses memakai SSL di Blogger custom domain.

Kelebihan

Blog terlihat lebih terpercaya di mata browser dan pengunjung. Blog terlihat lebih profesional. Apalagi selama ini pengguna Blogspot kerap dipandang sebelah mata oleh segelintir pihak karena cuma menumpang di hostingnya Google. Semoga dengan ini stigma tersebut bisa hilang ya. Dapat meningkatkan score SEO. Dengan HTTPS, ranking blog di Google dan mesin pencari lain akan membaik. Jadi tidak ada salahnya kamu coba untuk mengubah HTTP ke HTTPS di Blogger custom domain.

Kekurangan

Selama masa peralihan dari HTTP ke HTTPS, mungkin traffic akan menurun beberapa hari sampai Google selesai mengindex ulang semua URL blog kamu yang sudah ber-HTTPS. Terjadinya "Mixed Content", yaitu percampuran antara konten yang menggunakan HTTP dan HTTPS yang mengakibatkan SSL tidak berjalan sempurna (icon gembok warna hijau tidak muncul). Solusinya kamu harus mengganti semua konten yang memiliki URL HTTP ke HTTPS. Misalnya internal link, gambar, script external, dan sebagainya.

Contoh:
http://tempatgambar.com/banner.jpg
http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js

Ganti menjadi:
https://tempatgambar.com/banner.jpg
https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js
Jumlah share ke media sosial kembali nol karena dianggap URL baru. Buat saya ini penting sih, tidak tau kalau buat yang lain.

Buat Property Baru di Google Search Console

Jangan lupa lakukan jika selesai mengaktifkan SSL di Blogger custom domain. Kamu harus membuat property baru di Search Console (dulu bernama Webmaster) dengan URL yang sudah menggunakan HTTPS. Buat sitemap baru lalu submit. Untuk lebih jelas silakan baca di artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Search Console.

Selesai deh, cuma gitu doang. kok Sekarang mengaktifkan HTTPS (SSL) di Blogger custom domain sudah tidak seribet pakai Cloudflare, kan?

Blogger 95 Oleh Igniel