DIFINMEDIA.COM
Back Home

Mengaktifkan Fitur Subscribe Blog via Email di FeedBurner

Sourch Image : www.difinmedia.com

Kamu pasti sering mendengar Youtuber mengajak para penonton untuk subscribe channel mereka, kan? Ini bukan sekedar gaya-gayaan dan cas-cis-cus tanpa makna. Subscribe, dalam bahasa Indonesia disebut dengan langganan, adalah salah satu cara efektif untuk membuat pengunjung kembali datang ke channel Youtube. Dalam kasus ini, kembali berkunjung ke blog kita.

Setelah pengunjung melakukan subscribe, mereka akan mendapatkan pemberitahuan setiap ada artikel baru. Pemberitahuannya dikirim ke mana? Kalau blog sih ke email.

Subscribe via email: setiap kali blog mempublikasikan artikel baru, sebuah email pemberitahuan akan dikirim pada mereka yang telah subscribe (orangnya disebut sebagai subscribers). Isi email berupa potongan atau ringkasan dari artikel. Untuk membaca secara penuh, dalam email disisipkan sebuah tautan yang mengarah ke artikel asli.

Dengan mengaktifkan fitur ini, peluang seseorang untuk berkunjung kembali ke blog menjadi lebih besar karena dia telah diberitahu jika ada artikel baru yang belum dibaca. Jika blog memiliki jumlah returning visitor yang besar, artinya blog memiliki pembaca yang loyal dan setia.

Blogger (Blogspot) belum mempunyai fitur bawaan untuk memberikan notifikasi melalui email kepada pengunjung yang telah subscribe. Maka dari itu kita membutuhkan bantuan pihak lain agar fiturnya bisa bekerja. Salah satu penyedia yang paling populer adalah FeedBurner. Dia masih produk Google juga lho, sama seperti Blogger. Oh ya, kalaupun kamu menambahkan widget "Follow by Email" di Blogger, ujung-ujungnya sama kok pakai layanan FeedBurner juga.

Baca Juga: Cara Memasang Tombol Subscribe Youtube di Blog

Sebenarnya fitur dalam FeedBurner cukup banyak. Namun yang paling terkenal adalah fasilitas subscribe via email. Jadi saya akan fokus membahas soal itu saja. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk mengaktifkan fitur berlangganan artikel ini. Dibaca sampai habis dengan seksama ya.


Cara Membuat Subscribe via Email di Blog

Buka situsnya yang beralamt di:
https://feedburner.google.com
Tidak perlu mendaftar, nanti sudah otomatis mendapatkan akun karena datanya diambil dari akun Google. Pada kotak isian, tulis alamat feed blog. Formatnya seperti ini:
https://alamat.blogspot.com/feeds/posts/default
Ganti yang ditandai dengan alamat blog masing-masing. Kalau sudah pakai custom domain pun bisa kok. Contohnya punya saya menjadi https://www.igniel.com/feeds/posts/default. Lalu klik tombol Next.
Setelah halaman berganti, isi lagi data yang dibutuhkan.
Feed Title: Judul feed
Feed Address: Alamat feed. Isi dengan username yang diinginkan. Nanti username ini yang akan dipakai. Setelah selesai klik lagi tombol Next.

Catat username pada langkah ini karena nantinya akan digunakan kembali. Setelah sukses, klik Skip directly to feed management agar bisa langsung mengatur hal yang diperlukan.
Pilih menu Publicize » Email Subscriptions » klik tombol Activate.
Perhatikan. Jika aktif, akhir halaman akan ada tulisan This service is active dan di atasnya terdapat kode HTML. Kita abaikan saja kode itu, yang penting layanan email subscription sudah aktif.
Tanda jika layanan sudah aktif

Cara Pasang Widget Subscribe di Blog

Pengaturan di FeedBurner selesai. Sekarang hanya perlu memasang widget subscribe di blog agar bisa diisi oleh pembaca. Namun artikel kali ini spesifik hanya membahas soal FeedBurner saja. Maka dari itu, untuk pemasangan widget harus mengikuti panduang di artikel yang berjudul Widget Subscribe via Email ala Igniel. Silakan dibuka dan dipraktekan.

Tidak harus selalu memakai widget sesuai tutorial saya kok. Kalau punya widget subscribe lain dengan gaya berbeda pun bisa dipakai. Yang penting layanan berlangganan artikel melalui email pakai FeedBurner sudah diaktifkan sesuai panduan di atas.

Blogger 8 Oleh Igniel