DIFINMEDIA.COM
Back Home

Cara Memasang Widget Timeline Twitter di Blog

Sourch Image : www.difinmedia.com


Jumlah pengguna Twitter di Indonesia memang masih kalah dibandingkan dengan jumlah pengguna Facebook. Tapi apakah kalian tahu kalau banyak sekali kejadian menjadi viral bermula dari Twitter? Bahkan belakangan ini saya sering melihat akun Facebook dan Instagram yang mengambil konten dari Twitter dengan cara men-capture tweet-nya. Kebanyakan adalah akun-akun banyolan yang butuh konten, karene Twitter adalah sumbernya jokes receh.

Belum lagi banyak public figure yang memanfaatkan Twitter sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan penggemarnya. Tak terhitung bayaknya politikus, seniman, artis, atlet, dan sebagainya yang sering berkicau disana. Jadi jangan remehkan kekuatan Twitter, karena penggunanya sebenarnya sangat banyak meski tidak sebanyak Facebook.

Baca Juga: Cara Memasang Meta Tag Twitter SEO Friendly di Blog

Saya sudah bermain Twitter sejak 2009 dan sampai sekarang tetap menyukainya. Twitter adalah media sosial favorit sepanjang masa! Setidaknya untuk saya pribadi. Bagi kamu yang punya Twitter, boleh lah difollow akun saya.

Tweets by igniel


Cara Membuat Plugin Kronologi Twitter di Blog

Jika kamu ingin membuat widget atau plugin yang menampilkan semua tweet dari timeline Twitter seperti diatas, caranya sangat mudah dan kodenya sangat sedikit.

1. Buka alamat berikut:
https://publish.twitter.com

2. Masukkan URL lengkap profil Twitter di kotak yang tersedia. Contoh:
https://twitter.com/igniel
Ganti igniel dengan username masing-masing. Setelah itu tekan ENTER.


3. Pilih Embedded Timeline.


4. Agar tampilannya tidak terlalu besar, atur dulu tinggi dan lebarnya. Klik tulisan set customization options.


5. Tuliskan nilai panjang (height) dan lebar (width) yang diinginkan. Selain itu ada beberapa pengaturan lain seperti warna link, mode tampilan (light / dark), dan bahasa. Setelah selesai klik tombol Update.


6. Kode akan muncul. Copy kode ini dan letakkan dimanapun kamu menginginkannya. Bisa di sidebar atau di dalam postingan sekalipun.


Atribut Keterangan data-width Lebar widget. data-height Tinggi widget. data-link-color Warna link pada widget. data-lang Bahasa. data-theme Warna tema.
Begitulah cara embed timeline Twitter ke blog agar followers kamu bisa bertambah.
Twitter 0 Oleh Igniel